Starbucks and my life

Selamat tahun baru 2015, netizens!
Perayaan tahun ini nggak seramai tahun lalu.. bagus lah, kan moment pergantian tahun baru gak harus diwarnai pake suara jedar jeder kembang api dan warna warni di langit malam. Terlebih baru saja ada musibah hilangnya pesawat Air Asia di pangkalan bun :(.

image

Semoga proses evakuasi cepat selesai, semua korban ditemukan, dan keluarga yang ditinggalkan dapat berbesar hati serta lapang dada menerima cobaan ini. Amin.
Tahun lalu alias Desember 2014 (sumpah jayus men, bah), saya menemukan artikel menggelitik, yang beneran bikin saya senyum-senyum sendiri bacanya. Isinya tentang pengalaman kerja saya dulu waktu masih gadis. Yup, saya ini mantan mbak-mbak keren ber apron hijau di gerai kopi internesyenel itu loh, hahahhaa! Gimana gak keren? Bisa bikin minuman kopi dari yang basic sampe beraneka ragam rasa sambil megang cashier plus ngider-ngider ngecek ruangan ada yang kotor gak. Terus? Ya dibersihin laaahhh… hahahhahaa.

Keterlibatan saya dengan gerai kopi ini adalah menjelang kelulusan S1 tahun 2007 *tuwir*. Starbucks sebagai gerai kopi internasional, dibawah PT. Mitra Adi Perkasa, holding company-nya di Indonesia, akan membuka gerai nya di Jogjakarta. Very first store, yang mana untuk membuka gerai disana juga butuh waktu 2 tahun untuk riset marketing. Karena Starbucks itu kan self services oriented, bisa nggak sih warga Jogja menganggap itu sebagai hal yang dapat diterima? Kemudian 40 ribu untuk secangkir kopi, yang mana disana 15 ribu aja udah bisa makan super lengkap dan kenyang. Itu beberapa point pertimbangannya dulu. Tentu saja ada point-point lain yang akhirnya lolos dan voila.. Starbucks open recruitment untuk opening team Jogja. Sejujurnya, saya nggak tau sama sekali tentang lowongan ini. Sahabat saya yang kasih tau, dan kami berdua ikutan dan lolos dua-duanya deh ;). Akhirnya, resmilah saya jadi BARISTA. Yeayyyyy.. sambil menunggu wisuda saya training ke Jakarta untuk Coffee knowledge dan in store training. It was fun! 😉

image
Tall latte ngedate ama si bocil

Itulah sedikit cerita keterlibatan awal kenapa saya tiba-tiba jadi barista. The biggest story adalah dua tahun yang saya lewati disana. Sesungguhnya sesuatu yang sangat berharga menurut saya adalah pengalaman untuk berjumpa dengan banyak orang dengan berbagai karakter. Semacam laboratorium nyata akan studi yang saya ambil waktu kuliah dulu: Psikologi. Baru menyadari bahwa, ketika kita jadi konsumen.. kotak kaca aquarium besar berisi orang-orang yang antri beli kopi itu mungkin terlihat biasa saja. Tapi buat saya yang ada di dalamnya, delapan jam sehari. Sungguh memberi pengalaman dan cerita yang bisa bikin saya ketawa sampai nangis. Konsep Starbucks adalah menjadikannya sebagai “the third place” bagi para pelanggannya. In general, first place bagi setiap orang adalah “home”.. keluarga selalu menjadi yang utama. Second place biasanya diisi oleh peer group, bisa teman atau yang lain. Disinilah Starbucks masuk dan menawarkan diri sebagai the third place untuk orang-orang. Kita bisa ngopi bareng keluarga, teman, kolega.. duduk-duduk di sofa sembari bersantai atau membicarakan hal penting tanpa merasa tidak nyaman dan takut diusir. Kalo kopinya udah abis dan masih betah? Ya pesen lagiiiiii keleuuuusssss, menurut nganaa? Just kidding, lol.

Starbucks juga punya beberapa filosofi yang diterapkan kepada para Barista nya. Dari internal sesama partners (di Starbucks, sesama Barista dipanggil dengan partner.. meskipun jenjang karirnya berbeda misal supervisor dan manager pun panggilannya sama) sampai bagaimana melayani customers. Sekarang, ini subjektif pandangan saya, gerai saya di Jogjakarta ini terkenal sebagai gerai yang “Starbucks banget ala Howard Schultz” oleh para customers, terutama WNA. Di Starbucks kami diajarkan bahwa customers itu adalah teman. Keramahan Starbucks Jogja itu sampai diacungi jempolllll oleh para customers lokal maupun interlokal (?). Sayangnya di Jakarta ini sepertinya filosofi itu nggak diterapkan dengan hati oleh beberapa baristanya seperti yang saya pernah ceritakan di sini.

image
Sedikiiit memorable exp di Starbucks

Lucunya, kerja di Starbucks benar-benar membawa perubahan dalam hidup saya loh! Kira-kira sebulan lalu teman saya Dewichan main ke rumah. Dia komentar, weeh neng mumun.. kamu kok ngapa-ngapain serba cepet! Kayaknya kerja di Starbucks kasih kamu pengaruh ya? Kira-kira begitu sih, maap kalo kalimatnya nggak pas hahaha. Setelah dipikir-pikir memang iya sih, berasa lagi melakukan three minutes services kali yak. Dimulai dari customer order sampe dapet minum itu kudu selesai dalam waktu tiga menit lebih-lebih sikit lah. Terus berasa maunya nggosokin segala hal. Untuk pertama kalinya dalam hidup, saya baru pernah scrubbing lantai itu ya di Starbucks. Nyuci piring gelas segunung juga di Starbucks (iya sih pake dishwasher enak tinggal pencet2 doang lol), ngepel lantai dalam skala besar ya di Starbucks, beberes pajangan gelas dll ya di Starbucks, sampaaaaaii… bersihin grease strap juga baru nyobain di Starbucks. Eh koreksi, baru tau juga di dunia ini ada yang namanya grease strap Lol. Iya, memang saya terlahir dengan selalu ada mbak squad di keluarga. Positifnya, semua kerjaan rumah beres tanpa perlu capek. Tapiiii saya jadi nggak ada clue kerjaan “belakang” gimana ngegarapnya? Gak usah kerjaan belakang or ngurusin dapur. Sampai kelas 3 SMA aja baju seragam sampai underwear yang mau dipakai ke sekolah si mbak yang siapin :’). Sombong? Cieeeee baru segini aja dibilang sombong.. situ aja yang hatinya kudu dimasukin dishwaser bhahahahaha.

Setelah berumah tangga, baru terasa manfaat kerja di Starbucks. Udah nggak geli lagi bersihin ini itu dan ngerjain domestic task dengan cepet. Tapi kalo sifat pelupa sih nggak ilang-ilang, lol. Satu lagi hal yang saya dapat di Starbucks adalah: menghargai pelayan/server/waiter/s. Ketika saya jadi Barista, salah satu core task nya kan melayani yah…. namapun kerja di hospitality industry. Dari situ terlihat benar manner seseorang dalam bertransaksi. Ada yang dateng-dateng udah sengak, tapi pas mesen minuman keliatan banget Starbucks experience-nya zonk… ada yang keliatan biasa-biasa aja secara penampilan tetapi total buying spend-nya spektakular. So, don’t judge the book by its cover. But the price. Errr kidding *peace* :))

Hal lain yang berubah dari saya adalah: habis makan di resto selalu membereskan meja, maksudnya piring di tumpuk dan gelas dikumpulin jadi satu. Sebenarnya semenjak pacaran sama laki-laki yang sekarang jadi sumamik sih. Dia yang kasih tau kalo abis makan walau di resto piring sama gelasnya diberesin, yang tercecer di meja dibersihin. Terus kalo makan fastfood, segala kertas pembungkus nasi, burger or kentang dilipat rapi. Taruh semua di atas tray, terus buang ke tempat sampah :)). Pindah ke Jakarta saya mulai lupa lagi tuh ajaran si mantan patjar tertjinta.. yang ada habis hahahihi cantik sama office gank, berantakan ya biarin aja. Sekarang begitu udah nikah sih kembali lagi ke habit awal. Beberes meja kalo selesai makan di resto pas lagi bareng sumamik ato bedua doang sama bocil. Nggak usah sampe yang beres-beres amat atau selicin mungkin, paling gak waiter jadi mudah clear table nya. Nggak ada salahnya juga dilakukan kan? Nggak bikin jerawatan juga :p. Oh iya, dan satu lagi.. namanya punya anak kecil kadang dia suka lempar atau lepeh makanan ke lantai. Itupun juga kudu diambil sendiri kalo memungkinkan. Suka banget liat perangai customer-customer WNA yang justru nggak segan-segan untuk membersihkan sendiri kotoran yang ada di meja atau sekitarnya. Sungguh, memang justru negara berkembang macam Indonesia ini yang malah perilaku konsumen-nya sangat-sangat arogan dalam menuntut pelayanan tapi pelit kasih tips. Nggak heran bangsa ini nggak maju-maju *peace* :). Satu lagi yang perlu dicatat, kita bisa menilai orang dari caranya memperlakukan pelayan. Seorang teman yang baik padamu, tapi bersikap sangat buruk ke pelayan = bukan orang baik. Oh well, judging? Tunggu sampai liat sendiri kenyataannya di kemudian hari. Testimoni dari seorang pengamat manusia yang expert mengamati customonster *ngikik*.

image
Eehh dan saya nemu fotonya hahahahaa

Source from here

Terlepas dari capek luar biasa bekerja di kedai kopi dengan sistem shifting ini, saya sangat bersyukur pernah jadi bagian dari keluarga besar Starbucks. Terkadang kangen juga ngeracik kopi sendiri, buka rolling door di pagi hari cium bau semerbak kopi.. kemudian cek-cek report semalem di depan kompi sambil minum latte bikinan sendiri, nyusun dan manasin pastry, garap report berbusa-busa plus itung-itung buat diimel ke BOD and team malem-malem pas closingan, ngitung duit omzet berjuta-juta masukin brankas, yang gak kangen scrubbing lantainya doang lol. Disana saya juga bertemu teman-teman yang sangat amazing baik dari dalam maupun luar negeri, yang masih keep in touch juga sampai sekarang, thank God. Dapat tiket cantik buat apply kerjaan karena nama besar MAP, udah gak usah pusing ngejelasin karena interviewer-nya udah tau perusahaan apa itu sehingga memudahkan proses interview. Makin lancar kemampuan berbahasa asing baik lisan maupun tulisan (yang sekarang udah kendooor banget hiks). Kalau dikasih kesempatan, someday pengen bikin kedai kopi sendiri.. kecil-kecilan aja. Sebelahnya salon, sebelahnya playground, sebelahnya lagi bengkel, jadi one stop shopping gitu. Suami ngebengkel, istri nyalon, anak ke playground, habis itu ngopi-ngopi cantik dan ganteng hahahhaa.

If you can dream it, u can do it!

Aamin :).

59 thoughts on “Starbucks and my life

  1. One stop shopping!!!
    Aku sama sahabat2 aku juga pernah ngebahas impian ini waktu kuliah dulu… Ada salon, ada bookstore, sebelahnya coffee shop ada playgroundnya jugak. Tapi waktu itu bukan playground yang dibahas, kalo nggak salah TK / PG. Jadi anak2nya sekolah, emak2nya nungguin bisa sambil ngopi cantik, bisa nyalon atau bisa cari-cari buku. Ide bagus tuh ada bengkelnya, jadi para bapak-bapak nggak mati gaya.
    Abis baca ini jadi miki, apa rata-rata anak psikologi pernah ngehayalin ini ya? Hahahahaha….

    Semoga suatu saat bisa kesampean ya dil… Atau jangan-jangan kita bisa joinan gitu. Seru kali ya….

    Like

    1. Bisyaaaa bisya, kayaknya anak psiko gak bisa jauh2 dari manusia sebagai subjeknya hahahhaaa. Aku pegang coffeeshopnya aja lah Q, hhihihi. Btw, kamu angkatan 2003 ya q? Kita seumuran kan… aku dulu angkatan 2002 karena masuk sd umur 5 tahuuuuunnnn…

      Amiiiin, semoga suatu saat impian kita bisa kesampean yaaa ♥

      Like

      1. Dilaaaa…. Samaan lagiiii…. Aku angkatan 2002, masuk esde kecepetan juga, umur 5,5 tahun. Hahahahaha……..

        Like

  2. Huwaaaaa ADA NAMAAAKUUUU… *berasa naik kasta* namanya disebut di blog nengmumun..
    DIlaaa,, menyenangkan sekali si baca postingan ini… super duper IRIIII dengan pengalaman kerja yang membekas di hati *walaupun itu sesuatu yang bikin cuapeeek yuaaa*

    dan bener kan gue bilang juga apa.. buka kafe dillaaa sekalian nyalon dan luluran hihihi..

    Like

  3. Kaaakkk seru banget bacanyaaa 😀 tau gak aku udh 3 bulan pengen banget kerja di starbucks, grgr kakak aku jd barista di bogorrr. Dan baru seminggu ini aku naro CV di Amplaz wkwk 🙂 doain aku cepet dipanggil ya kaaaakk 😀

    Liked by 1 person

    1. Waaah kamu lg kuliah di Jogja kah? Semoga dipanggil ya.. relax aja pas interview. Dulu aku jg nginterview calon2 barista disana hehehe… yang penting berdoa dulu sebelumnya.. Pede, RAMAH –senyum jgn lupa yah, bahasa inggris nggak perlu perfect yg penting berani ngomong –dan akan bener2 bisa pede banget pas emang udh kerja sih.. krn tiap hr dipake. Good luck ya! ♥

      Like

      1. kak, kan aku sekarang kuliah semester 3, dari semester 2 ngelamar di sbux gak dipanggil2 huhu…kalo aku mau ngelamar lagi di semester 3 ini kira-kira ada peluang gak ya?

        Like

      2. Hi Niken, kalo pengalaman aku di starbucks dulu.. kami selalu pilih yang udah semester akhir buat jadi part-timer/ full time barista. Karena nggak pingin karyawan malah terganggu pendidikannya gara2 terlalu banyak waktu dipakai buat kerja 🙂

        Like

  4. misi mbak, mau tanya dong sistem kerja di starbucks gmna ya? trus kalo lagi buka gerai baru dibutuhin barista berapa banyak ya? soalnya saya ngelamar di starbucks dan sudah masuk tahap interview, katanya sih bakal ditelpon kalo diterima or engga. tapi sampe skrg blom ada kabar 😀

    Liked by 1 person

    1. Halo Aan, sistem kerja di starbucks itu shifting 8 jam per hari, 5 hari kerja dalam satu minggu. Kalo gerai baru biasanya dibutuhkan 1 orang manager, 3 orang shift supervisor dan kurang lebih 10 orang barista (sorry, aku kurang yakin juga tepatnya).
      Masing2 store punya kebijakan sendiri sih.. good luck ya! 😉

      Like

      1. Ohh begitu ya mbak. Biasanya kalo habis interview nunggunya lama ya mbak pemberitahuannya? Atau kalo emang gak di ACC gak dikabari? Makasih mbak sebelumnya 🙂

        Like

    1. Hi, sepanjang aku 2 tahun kerja di Starbucks sih nggak ada yang pake jilbab. Nggak ada aturan yang melarang juga sih sebenernya. Dicoba aja kirimkan cv ke store terdekat denganmu 🙂

      Like

  5. Kak..ini aku lolos dstarbucks n branjak interview ke 3..katanya sih yg nginterview dri pusat jakarta sana..mohon infonya..apa sama yg dtnyain dengan interview 1 n 2 ?

    Like

    1. Hi Eghar, kamu di Starbucks mana? Kalo dulu (2007 – 2009) interview untuk partner store luar Jakarta (khususnya Jogja) cuma ada 1 tahap. Aku kurang tau kalo skrg. Yang jelas sih, kalo udah sampai interview ke-3 mungkin lebih khusus pertanyaannya. Maaf gak bs bantu banyak ya.. good luck!

      Like

  6. Kak, saya mau tanya, kan saya kuliah di Prasetiya Mulya, saya mau kerja di Starbucks part-time bisa 4 jam sehari aja atau mesti 9 jam gan dari peraturan yang baru ? Saya soalny butuh uang gitu buat tabungan nantinya. Kira” salary sebulan untuk kerja berapa ya untuk kerja dgn jam minimal ? Soalny kata kakak kelas bakal sibuk bgt parah, tapi saya juga butuh uang buat biaya. Pencerahannya ya kak.. thanks!!!

    Like

    1. Hi, setau aku kalo part time itu 4 jam sehari. Sekarang aku nggak tau per jam nya berapa. Tahun 2009 di Jakarta itu 55rb/ jam. Maaf nggak bisa bantu banyak ya 🙂

      Like

      1. Kak mw tanya kalo umur uda 25an gitu masih bisa lamar starbuck gak ya lalu kalau misalkan walk in interview gitu kita dapat area store nya random atau pilih sendiri,perbedaan full time dan part time nya selain dari sallary apa lagi ya kak??dan jenjang karir di starbuck apa aja ya,thx kak

        Like

      2. Coba aja mbak, saya kurang tau kalo walk in intervw. Barista – supervisor – asst. manager – store manager kalo untuk operasional

        Like

  7. kak mw nanya kalo di starbuck itu ada batasan umur nya gak ya,lalu kalo walk in interview nya gitu biasa nya dapet area store nya random atau kita yang pilih,maklum mw cari yg daerah jakbar biar deket dari rumah,truss kalo beda nya part time dan full time selain di sallary di mana lagi ya kak,THX kak

    Like

    1. Pesen aja sama barista yg di register (cashier), pilih size nya mau tall/grande/venti (kecil/sedang/besar). Minumnya coffee or non coffee? Panas atau dingin? Atau langsung pilih di menu yang ada di papan

      Like

  8. Waah makasih mbak buat ceritanya, mau nanya mbak, kalau mau apply part time tapi statusnya bukan mahasiswa kira kira di approve ga ya mbak? Rencananya saya mau ambil shift yang jam 7 sampai tutup store mbak. Lalu untuk pendaftarannya lebih baik antar cv ke store atau online form aja mbak?
    Makasih sebelumnya mbak 🙂

    Like

  9. Hi mbak dila makasih buat ceritanya.
    Gini mbak aku mau nanya, kalau apply buat part time barista, kalau bukan mahasiswa kira kira bisa ga mbak? Rencananya aku mau ambil shift yg jam 7 sampai tutup store abis pulang kantor gitu mbak. Lalu untuk apply nya lebih baik antar cv ke store atau di online registration aja mbak?
    Makasih sebelumnya mbak 🙂

    Like

  10. waaah… kayaknya aku kenal sama mba mumun, tp lupa2 inget sih. mba juga apalagi pasti lupa sm aku. haha… aku dl prnh jd part timer barista jg di starbucks jogja awal tahun 2008. namaku thio maria, waktu itu bareng sama rena. store manager waktu itu mba agatha

    Like

  11. hiii… kyknya kenal nih. tp udah agak lupa sih. apalagi mbak, pasti ga inget sm aku. haha… dl aku prnh part time jg di starbucks jogja. masuk kerja bareng sm rena awal tahun 2008

    Like

  12. kalo aku mikirnya knapa di indo segala pernak pernik abis makan di resto ga pernah diberesin sendiri karena mungkiin.. mungkin ya, ada keinginan untuk “dilayani” karena mungkin sehari2nya selalu melayani, eh eh tp ga tau ya :p yang berasa sih waktu makan di IKEA kan disana bener2 harus beresin sendiri ya, iih gondok bgt ama yang abis makan tapi meja belom dibersihin hahaha
    Kalo aku ngayalnya sama adek2ku gini, kita bikin toko baju anak, disampingnya warung bubur ayam, disampingnya lagi praktek dokter gigi hehehe

    Like

    1. Iyaaaa karena kebiasaan yang sudah jadi budaya itu deh Neng kalo kubilang emang, dan aku gak terlalu suka itu *maap ya ✌🏼️😁. Benerrr di Ikea banyak banget yang masih pada geletakan di meja padahal udah dikasih keterangan kalo self service. Btw sbnrnya di Indo gak perlu sampe buang/beresin sendiri gpp kali yaaa, tp paling gak dirapiin di meja *riwil*.

      Aamiiiinn Fey, if u can dream it u can do it! Nanti aku mampir priksa gigi yaaaak, eaaa 😂😂

      Like

  13. mbak mau nanya dong, saya kan tgl 27 kemarin ikut walk in interview di starbucks kuningancity. dr yg saya liat ada yg lamaran nya di simpen & di balikin. nah lamaran saya di simpen sama yg interview,itu kira2 bakal ada panggilan ga ya?hehe takut di phpin soalnya. oiya mbak trus saya juga disuru perlancar englishnya, itu english nya seputar pemesanan aja atau harus bener2 bisa semua gitu?

    Like

    1. Saya nggak tau soal ada panggilan lagi apa nggak. Soal english diutamakan lancar, karena customer kan nggak semua orang Indonesia. Terus kalo nanti dapat promosi ke jenjang selanjutnya, semua report ke office in english.. Juga manual book tentang coffee dll juga.

      Like

  14. Terima kasih kak udah berbagi pengalaman:) bermanfaat bgt . Btw aku mau tanya nih, aku sekarang lg kuliah semester 2 dan berhubung aku banyak liburnya (seminggu cuma 3 hari masuknya namun full) , kira kira kalo aku apply untuk part-timer ada kesempatan diterima ga ya untuk mahasiswa semester awal? Soalnya seniorku juga bilang kalo semester awal masih nyantai gitu, nanti semester 4 keatas mulai deh ga tidur hahaha .. Mohon infonya ya kak, aku pengen ngebantu ortuku buat dana kuliah , terima kasih!

    Like

  15. Hi kak dila
    Tgl 23 kemarin aku di tlfn HRD , sblmnya juga uda interview sama manager store . Nah pas di akhir interview aku di mnta medical. Katanya untuk berkas berkas lain kaya ijazah dll itu nnti di info lg . Tpi smpe saat ini blm ada kabar . Apa kalo suda ikut medical ada kemungkinan diterima ?

    Like

  16. Hi kak. Seneng banget deh baca postingan ini.
    Maaf sebelumnya mau tanya, saya berencana untuk ambil part time di starbucks, tp saya menggunakan hijab. Apakah kecil kemungkinan di terima di starbucks untuk perempuan berhijab?

    Terimakasih kak 🙂

    Like

Leave a comment