Huru hara back for good

Nggak pake basa basi, gw mau cerita huru hara yang terjadi di Melbourne Tullamarine airport dan bandara Soekarno Hatta *smile smile sweet*

Kami berangkat dari apartment naik maxi taxi (taksi berbentuk Van) yang sudah di booking tiga hari sebelumnya, tarifnya $60 AUD. Mahal gilak yeee.. πŸ˜‚. Dengan membawa 3 koper besar untuk masuk bagasi dan 1 koper kecil untuk dibawa ke kabin, kami siaaaap meninggalkan Melbourne. Nggak ketinggalan juga Suami dan bocil masing2 bawa tas ransel dan gw dengan tas lenje berisi palugada deh. 

All my bags are packed and i’m ready to go

Sesampainya di airport, suami nimbang2 koper.. ternyata ada perbedaan sama timbangan di rumah. Habis itu kami pasrah aja deh jalan ke antrian check in dengan harapan bisa lolos. Begitu check in, suami langsung dapet interogasi kecil dulu karena pake paspor biru. Tuh paspor emang bikin ganjelan mulu, dari awal dateng ke Australia tahun 2015, suami udah kena interogasi juga di Sydney. Untungnya waktu sama mbak petugas check-in ini cuma ditanyain aja sih pekerjaannya apa dll.. trus tibalah ke bagian krusial, bagian dimana nimbang koper lebih serem daripada nimbang berat badan sendiri #YHA. Dari keempat koper (termasuk koper kecil yang mau masuk kabin), TIGA koper over semua! Kami dikasih kesempatan untuk bebenah isi koper dan membuang menyingkirkan barang2 supaya berat koper sesuai. Kalo udah selese bisa kembali ke counter check in dan ketemu petugas yang sama. Dengan lunglai kami geret koper, nggak pake nangis2an plus turun panggung.. emangnya kita akademia AFI! *yeee, kok nyolot mbakkk 🀣. 

Tiga koper kami jejer dan buka. Barang2 yang terpaksa dibuang adalah: mostly baju2 suami karena dia kan super rela gitu anaknya yaa, himalayan salt 1kg, SEPATU CONVERSE MAILAF 😭, beberapa mainan si bocil, sedikit baju2 akyuuuu (kena juga deh πŸ˜‚), dan lupa apaan lagi. 

Converse yang terbuang *SUPERZOOM* *JENG JENG JENG JEEEEEENG*

Sembari ngebuang barang, suami juga bolak balik nimbang koper lagi.. udah sesuai belom nih beratnya? Kok masiiih aja kelebihan. Sampai kemudian gw bersuara lirih “udah gpp, koper Bapak dibuang aja“, itu ngomongnya sambil sedih banget.. tapi karena kecampuran panik ya udah nggak berasa lagi. Si koper kecil yang rencananya mo masuk kabin itu punya alm Bapak. Kenapa bisa ada di Melb? Dibawa sama adek gw waktu dia liburan kesana, tapi berhubung waktu pulang barang bawaan dia beranak pinak.. jadilah dia bawa koper punya kakaknya yang lebih gede. Nah, koper Bapak nih jadul punya.. makanya kosongan aja udah berat, gimana diisi barang?. Beban banget mau ninggalin tuh koper karena alasan sentimentil, tapi saat itu jujur kami udah bingung mau buang barang apalagi buat ngurangin volume. Sampai gw memutuskan buat buang koper, dan mindahin isinya ke ransel kosong 😒.

Ketika udah hopeless, tiba2 ekor mata gw menatap sosok familiar berupa Bapak2 berjas hitam di kantor maskapai yang akan gw naikin buat for good saat itu. Begitu suami pergi untuk nimbang koper.. entah kenapa kaki ini gw seret menuju si Bapak.. “Halo pak, waaah biasa pesen sop buntut sekarang ketemu disini” –sungguh basa basi yang absurd, langsung nyesel rasanya pengen di rewind aja. Eh ternyata gayung bersambut, beliau jawab ramah sekali.. dan ngenalin gw sebagai anak Nelayan! Si Bapak ini customer di resto tempat gw kerja part-time selama tinggal di Melbourne πŸ˜‚πŸ˜‚. “Kamu mau mudik nih? Tapi ngapaiiinn itu kok koper2 nya digelar gitu?” tanya si Bapak, “Aku nggak mudik pak, aku kan bukan PR. Suami aku student.. tapi kemarin entah kenapa cuma dapet jatah 90kg bertiga. Jadi aku over baggage, koper yang kecil itu mau aku buang, Pak” *insert sad emoticon*. “Lah, sayang banget dibuang.. jangan!” tukas si Bapak cepet2 dan langsung gw jawab “iya Pak maunya juga nggak, tapi nggak cukup nih“. Terus si Bapak ini bilang ke gw untuk beresin lagi barang2 dan koper. Pindahin sebagian barang dari koper kecil ke ransel2 dan tas tenteng. Terus Bapak itu entah ngomong apa sama petugas check in yang ngurusin kami. Setelah nunggu dengan deg2an, akhirnya kami dipanggil lagi. Sunggu mejiiiik, empat koper melaju dengan mulus di gledekan tanpa pertanyaan lagi, dan satu persatu pun dikasih tag. EMPAT koper, termasuk koper punya Bapakeeee yang sudah berbahagia di alam sanaaaaa πŸ˜‚πŸ™πŸΌ. Makasih ya, Om! Sosok Bapak yang sungguh baik hati ini ternyata adalah St****n manager cabang melbourne di maskapai yang mau gw naikin ini. Semua bermula dari sop buntut.. 

Nggak tau dulu kenapa fotoin ini di airport πŸ˜‚
SKSD yang membawa berkah.. abis itu rasanya mau peluk2an sama suami. Selesai urusan check in, kami makan di McD. Terus langsung jalan menuju gate keberangkatan. Waktu cek2 barang bawaan dengan petugas.. tiba2 tas bocil nyangkut. Deg2an, duh.. bawa apaan ya prasaan gak ada yg aneh. Tapi perasaan gw selama ini suka banyakan salahnya sih timbang benernya. 

Ketemu! Ternyata di kotak pensil bocil yang isinya pensil warna, crayon dll… ada guntingnya! Lolos… walaupun rada diceramahin petugasnya, tapi lega πŸ™πŸΌ. Habis itu masuk lagi untuk scan passport, dan kali ini suami yang di stop. Lagi2 gara2 paspor biru ish issshhhh. Besok2 kamu pake jas makanya sama bawa bodyguard biar gak dicurigain mulu πŸ˜‚βœŒπŸΌ. 

Banyak banget kan waktu yang keambil buat menuju gate keberangkatan.. gusti Allah πŸ˜­πŸ™πŸΌ. Ketika kami lagi jalan bertiga, ada pramugari yang nanyain apakah kami penumpang G****A tujuan Indonesia? Kami kompak jawab “YES!“, si mbak nya nyaris teriak “HURRY! It’s the LAST CALL!” Kami bertiga sprint, termasuk bocil! Sumpah ngos2an bangeeeetttt… begitu duduk langsung dapet pengumuman 10 menit lagi take off. Untunggg aja masih ada beberapa orang yang dateng di belakang kami. Fiuuuhhhhhhh! Seumur-umur nggak pernah mo naik pesawat sampe last call, kenapa momentnya kudu waktu mau for good beginiiii.. apakah Melbourne sulit melepaskankuuu? *booooooo 🀣🀣

Touchdown Soetta! Ishh.. ala2 ngePath gitu deh, sayangnya udah ga punya 🀣✌🏼. Masalah (kalo mo dibilang masalah) yang terjadi begitu sampai Indonesia adalah… SALTUM BOOOOKK! Gw aja sih yg error, kalo cowok2 mah aman. Jadi, karena di Melb itu winter.. gw pake legging + midi dress + coat and boots. Rencananya, sesampainya CGK.. boots akan dicopot dan diganti converse. Tapi tau kan kenapa ini nggak bisa terealisasi? Terus soal coat gmn tuh? Ya tinggal di copot aja nanti di tenteng gitu aja kok repot. Nah, masalah ketauan begitu copot coat.. baru sadar kalo midi dress nya itu lengannya sepanjang… siku! Awalnya sok2an cuek, tapi lama2 risih banget dipandangin rang orang.. jilbaban kok lengen pendek πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚. Akhirnya: seorang wanita ditemukan melintas di sebuah bandara Internasional sebuah kota yang terletak di Asia tenggara memakai coat dan boots pada saat suhu udara aktual adalah 31 derajat celsius. 

Oh lyfe..

Muka girang ketemu roti boy

Yah begitu deh hidup, di Melbourne ngos2an lari2 biar gak ketinggalan pesawat.. di Jakarta ngos2an lagi campur sumuque karena ternyata Terminal 3 ini GEDE BANGET YA BOOOOKKKK! 🀣✌🏼. Dari CGK kami masih lanjut JOG soalnya jadi kudu nyariin gate. Seneeeeng rasanya nyampe Indonesia lagi, seriusan. Walaupun kaget, beli caramel macchiatto 67rb bahahahahahaha! Kaget2 selanjutnya gw tulis di postingan terpisah ya 😘

Advertisements

Dependent

Empat bulan sudah meninggalkan Melbourne, kota cantik tempat numpang tinggal sejak medio 2015 untuk nemenin suami kuliah. Udah setengah taun juga kayaknya nggak datengin blog ini.

Kok bisa siiiihhh (katanya) blogger tapi kok nggak rindu nulis? πŸ˜‚. 

Tulisan seperti biasa selalu ada.. tapi mangkrak di draft. Jadi sebelum for good, gw dan keluarga super duper sibuk ngabisin waktu buat explore Melbourne nih ceritanya. Masih ketambahan jadwal kerja di resto, jadi sudahlah mainan IG aja 🀣. 

Sekarang gw udah di Indonesia lagi dong.. banyak cerita dan drama menjelang kepulangan kemarin. Tapi yang mau diceritain adalah soal mendampingi suami kuliah selama dua taun aja deh, sementara.. nanti kalo mood nulis kambuh mau gue blejetiiinnn deh cerita2 ajaib disana *finger crossed*

Suami gw ambil master di Melbourne uni, nggak pake thesis (master by research) tapi ambil master by coursework. Kenapa? Ya ngindarin thesis itu lah 🀣. Tapi ternyata sama aja mumetnya maliiiih.. gini kira2: Source : From here

Tugasnya ngeri2, Uni nya lebih ngeri lagi soal nilai. Setiap ada assignment kayanya bukan cuma suami yang pusing mikir, tapi bininya juga deh.. mikir gimana biar suami gak banyak mikir (??) #mikirception. Assignment nya banyak, terus misal nih subject A ada assignment 500 kata. Subject B, ada assignment juga 1500 kata. Kaya gitu.. aja idupnya, dari 500-3000 kata. Sampai.. tugas akhir, 6000 kata! KRAAAAYYY!

Kalo dibilang jalan hidup disana mulus2 aja sih nggak ya… NGGAK! Tetep ajalah problematika rumah tangga itu pasti muncul. Walaupun mau tinggal di the most livable (and lovable) city in the world bok.. 7x in a row taun ini menang lagi maigat masih suka gak percaya kemaren idup disana *noraknya kumat* πŸ˜‚. Kualitas hidup sudah pasti meningkat tajam, tapi ada hal2 yang bikin ribut juga.. gara2 apa tuuu? Frekuensi ketemu. Lah?? Bukannya malah enak dong.. suami kuliah dan waktunya lebih banyak dihabisin sama keluarga. In my case, ternyata gw nggak bisa satu frame lama2 sama suami kalo bukan honeymoon. Waktu yang terlalu banyak dihabiskan bersama ternyata malah nggak terlalu ideal juga. Gw lebih cocok dengan ritme suami kerja/kuliah atau gw nya kerja, nanti ketemu lagi.. cucok meong. Semacam itu lah, makanya dengan gw kerja juga disana seminggu tiga kali tuh rasanya pas.. selain dapet duit, pembagian waktu antara jadi Dila, Istri maupun Ibu tuh porsinya “pas”. Intinya gw bukan tipe yang bisa LDR lama2 sama pasangan, tapi keseringan ketemu juga toxic. Kalo kata vety vera, yang syedang-syedaaang syaaaajaaaaa~~~

Musim2 panen assignment, saatnya untuk lebih berkompromi sama suami. Mendingan apa2 ngalah dulu deh daripada perang badar. Disana kami bagi dua tugas dari bebersih rumah, urusan laundry sampe ngurus anak. Kecuali masak deh pokoknya gak bisa bagi dua karena suami emang nggak bisa. Yaudah legowo aja, porsi tugas suami untuk tugas2 itu ya lebih banyak gw yang kerjain dulu.. karena mikir aja udah ngabisin banyak tenaga kan. 

Kalo masa2 membahagiakan? Jujur banyak banget.. lebay sih nggak ya karena memang iya. Bukan berarti di Indonesia nggak happy, tapi jujur gw suka kangen jalan2 berdua (pacaran) atau bertiga sama anak sekedar cuma jajan cake sama kopi di pinggir jalan trus nongkrong2 sampe bego. Kangen juga liat muka serius suami di depan laptop terus diem2 gw masakin Indomie. INDOMIE BANGET SISSSSS! πŸ˜‚βœŒπŸΌ. 

Hidup kami ini kalo dibilang kaya “mindahin pola di Indonesia ke Melbourne”. Kalo di Indonesia, suami kerja mon to fri, saya di rumah karena udah jadi IRT. Nanti weekendnya baru ngelayap dari pagi pulang malem, even udah punya anak juga begitu. Nah di Melb  juga sama, cuma waktunya aja yang nggak musti weekend plus tempat2 yang dikunjungi lebih variatif dari pasar, cafΓ©, jelajah suburb sampe emol lagi emol lagi. 

Jadi begitu ya.. suka duka mendampingi pasangan tercinta kemarin menimba ilmu. Cetek banget sih yang bisa digali nih, perasaan ya gitu2 aja soalnya problemnya πŸ˜‚. Situ pusing kuliah, sini pusing mikirin orang pusing kuliah.. tapi dari pusing2 itu tercipta banyak tangis kebahagiaan selama tinggal di Melb dua tahun kemarin. Selamat ya sayang, you deserve it! Imma very proud wifey β€οΈπŸ˜˜πŸ‘πŸΌ 

Surprise berujung road trip ~ part I

Salam ya nanti.. ” 😊

Jam 11 siang lewat satu menit ada text whatsapp masuk dari suami, waktu saya lagi kerja di dapur restoran. Hemmm.. 

Salam apa, Pa? Salah chat nih ya?”

Gak dibales.

Habis itu saya lanjut ngupasin dan motong2 wortel. Sambil bikin2 pesenan makanan yang masuk lewat layar komputer di atas kepala. Nggak berselang lama, satu orang chef resto yang lagi libur dan lagi nangkring di pintu masuk dapur manggil2.. “nek.. neeeekk… sini, ada yang nyariin“, sambil tangannya nunjuk ke arah luar. Saya bebersih kemudian keluar.. DEG! Mata menangkap sesosok perempuan yang nggak asing buat saya. Masih shock, mata saya beralih ke sosok lain yang juga nggak kalah bikin kagetnya. Lemessss rasanya dengkul, “OMG OMG OMG!!!“. Nggak lama langsung jejeritan di depan layar sentuh isi makanan warteg sambil pelukan kenceng. “Sumpah aku ngimpi gakkk? Sumpahhhh! Aseli tega sumpah tega“, bolak balik saya ngomong gitu.. dua orang yang bikin dengkul saya lemes pagi itu adalah dua orang sahabat, sepasang suami istri yg udah kaya kakak sendiri.. mbak Adit dan mas Iyan. 

Dan ternyata di foto loh πŸ˜‚

Abis itu saya balik ke dapur, eeeh kok ya kebeneran banget pesenan masuk terus, resto mayan rame. Saya masih inget gimana gemeternya tangan ini waktu manggang sate dan ngeracik soto, masih dalam nuansa shock! πŸ˜‚. Begitu pesenan sepi saya keluar nemuin mereka bentar. “Semua ini nggak bakal kejadian kalo kita nggak koordinasi sama Yudo“, kata mas Iyan. Deg! “Hah, Yudo??! Jadi dia tau??? Sejak kapan kalian kongkalikong begini?“, tanya saya bertubi2. “Yaaa dari semingguan sebelum berangkat laaah, begitu visa turun dan tiket udah di tangan“. Preeet, suami saya ini paling gak bisa lho boong2 atau nyimpen sesuatu dari istrinya. Bisa2nya dia ngelakuin ini tanpa ketauan, les dimanaa?? πŸ˜‚. Saya balik ke dapur sambil nggak lupa cek handphone sebelum mulai kerja lagi. Udah ada beberapa notifikasi text di whatsapp. Saya buka salah satunya dari suami: 

Udah tau kan salamnya buat siapa” 😜

πŸ’£πŸ’£πŸ’£

Pulang kerja, saya dijemput dengan mobil sewaan untuk menuju ke Airbnb mereka di daerah St Kilda. Masih dalam nuansa heboh pastinya πŸ˜‚. Setelah bersih2 badan kami ke rumah saya deh untuk jemput suami dan bocil, habis itu makan ke Tho Tho, vietnamese resto di daerah Richmond. Mas Iyan ini dulu kuliah di RMIT, jadi sebelum saya dan suami balik ke Indonesia untuk for good memang katanya udah ngerencanain untuk main ke Melbourne. Ceritanya sekalian napak tilas 22 tahun yang lalu. Ketemu lagi dia sama springroll Tho tho yang emang rasanya nggak perlu pake di endorse dulu buat bilang “enakkk bangeeeettttt bikin nagih!!“. 

Sambil makan, kami ngobrol2.. dan sampailah ke obrolan tentang nyusun itinerary ke Canberra dan Sydney. Whaaaaattt! Satu lagi yang bikin saya sungguh kaget sampe mau loncat. Rencananya bulan Mei ini memang saya, suami dan bocil mau ke Sydney. Tapi kok suami nggak gerak2 booking tiket (pesawat) dan penginapan?? Ampe saya gemes sendiri. Ternyata mereka emang udah ngerencanain buat road trip bareng2 mbak Adit dan mas Iyan πŸ˜‚. Malam itu kami habiskan dengan menjelajah Melb city, ngulik cafe2 dan gelateria sepanjang Lygon st.. kalo nggak inget bawa anak mungkin udah pulang jam 2 pagi πŸ˜‚. 

Selanjutnya, dimulailah petualangan kami berupa road trip Melbourne – Canberra – Sydney, tapi bersambung.. πŸ™ˆ. Sekarang mau berenang dulu bareng si Bocil sekalian ngider2 ke pasar belanja keperluan catering buat minggu depan. Oh dan selamat menunaikan Ibadah puasa bagi yang menjalankan ya. Semoga Ibadahnya lancar dan berkah sampai hari kemenangan. Aamiin. πŸ˜ŠπŸ™πŸΌ

Lelaki terampil

Dalam rangka “hari ulang tahun” almarhum Bapak, saya jadi terinspirasi nulis tentang ini. Sekalian juga sih, karena saya melihat banyak sosok laki2 seperti Bapak yang lazim ditemui disini. Di Indonesia, jamak terjadi “pembagian tugas” antara laki2 dan perempuan. Laki2 cari uang, istri urus anak dan pekerjaan rumah tangga. Di dalam keluarga saya nggak terjadi demikian.. Kedua orang tua saya bekerja di sebuah institusi yang sama, di bidang pendidikan. Pekerjaan di rumah seperti menyapu, pel, dan (sesekali) memasak dilakukan oleh Pembantu Rumah Tangga (PRT). Lalu tulisan ini akan bergulir ke arah mana? Soal keterampilan lelaki di sektor domestik. Bapak saya –dengan statusnya sebagai kepala keluarga dan pencari nafkah utama, suka dan mau melakukan “pekerjaan perempuan” seperti mencuci baju, menyetrika, cuci piring, belanja ke supermarket dan.. ini dia: memasak. Masih segar di ingatan saya ketika Bapak memasak di dapur kemudian teriak: “Mbak Dilaaaaaa” kemudian saya dengan langkah berat dan kaki di seret, datang ke dapur. Bapak sudah menyiapkan wadah berisi duo bawang dan mangkok kosong. “Tolong ini dikupasin, nanti di taruh disini“. Adegan selanjutnya adalah anak ABG manyun sambil terisak2 karena pedes mata betaaa!

Pada suatu hari yang lain, saya juga bisa menemukan Bapak menggelar karpet / alas di depan TV. Setelah itu gunungan baju berubah jadi tumpukan baju yang licin dan siap masuk lemari. Hasil setrikaannya like a pro. Bapak juga suka belanja bulanan di Supermarket, belanja sembako sampai cemilan buat anak2. Ada cerita, dulu Ibu saya sempat jadi gunjingan para tetangga. Gara2nya ada Ibu2 tetangga ketemu Bapak di sebuah lorong di supermarket lagi pilih2 teh kemasan. Dengan troli yang penuh dengan berbagai macam belanjaan. Muncullah omongan2 nggak enak di denger macam: “Bu X kebangetan banget, masa Pak X yang belanja“, “Begitu tuh kalo lebih milih karir, kerjaan bagus tapi suaminya kasian, sampe belanja aja harus sendiri“. Saat itu Ibu saya sempat merasa mangkel dan nggak nyaman. Tapi Bapak saya paling bisa ngadem2in. Intinya Bapak saya bilang nggak usah didengerin deh omongan2 kaya gitu.

Pic taken from here

Ketika sudah berumah tangga, saya yang sudah meninggalkan pekerjaan kantoran otomatis full pegang pekerjaan domestik karena suami berangkat ke kantor jam 7 pagi dan baru sampe rumah lagi jam 6 sore. Dibantu sama PRT untuk cuci dan setrika cencunya, bisa sih ngelakuin itu tapi dasarnya emang nggak suka ;)), dan setelah diskusi sama suami emang diputuskan hire orang aja. Jadi saya nyapu ngepel dan masak, plus urus anak. Alhamdulillah semua balance karena saya juga senang ngelakuinnya. Begitu pindah ke Melbourne dimana saya disini kerja di luaran, fisik pula yah jadi waitress dan kitchen hand. Pembagian tugas pun harus berubah. Suami mau nggak mau harus terampil pegang rumah. Vacuum seluruh rumah, cuci piring, bersihin kamar mandi, buang sampah dan pekerjaan rumah lain, kecuali masak karena dia nggak bisa. Begitupun dengan mengurus anak, tapi ini nggak saya bahas karena sejak di Indonesia dia udah bisa juga sih mandiin, ngurusin anak kalo butuh ke kamar mandi/ toilet. Untungnya Ibu mertua saya tipikal yang tidak menjauhkan laki2 dari pekerjaan domestik, jadi nggak terlalu susah untuk saya dan suami tentunya, menjalani perubahan ini. Walaupun jujur porsinya masih banyakan saya yang kerjain juga sih πŸ˜‚.

Hal ini bikin saya mikir sebagai Ibu dari seorang anak laki2. Pola pendidikan tentang laki2 dan pekerjaan rumah tangga itu harus ditanamkan sejak dini. Supaya dia bisa jadi suami yang baik untuk istrinya kelak. Tentu saja ini pendapat saya ya. Suami yang baik itu salah satunya yang nggak saklek tentang tugas2 yang harus dilakukan suami dan istri. Teman2 bloger saya, Deny di Den Haag, pernah menulis tentang itu di SINI. Begitu juga tulisan lama Santi princess from Cibubur di SINI. Tapi entah ya, Ibu saya ini kan sempat susahhh banget move on nya waktu ditinggal Bapak. Salah satunya karena hal2 yang dilakukan Bapak semasa hidup, nggak pernah menuntut Ibu untuk bisa melakukan hal2 yang dianggap pekerjaan perempuan banget, bahkan ikut berperan di dalamnya. Ibaratnya nih.. kekurangan Bapak itu sebanyak bintang di langit!! Kalo matahari udah muncul, semuanya ngilang. Azeg.. tapi memang harusnya seperti itu nggak sih dalam memandang pasangan kita? Kalo kata Ibu, ketika kamu punya 10 checklist kriteria pasangan hidup.. dan pasanganmu cuma dapet 7. Jangan cari 3 nya di orang lain, tapi buatlah 7 itu jadi maksimal buatmu. Sedap. 

Say Hi to 2017

Postingan pertama di 2017, excited! Setelah menutup 2016 dengan boyok pegel karena kerja 2-3x seminggu di Restoran Indonesia. Tapi endingnya tetaplah indah.. Walaupun 2016 banyak dibilang sebagai tahun yang nggak terlalu asik versi cuitan2 di social media, tapi bagi saya sendiri tahun ini spesial karena untuk pertama kalinya menghabiskan sepanjang tahun di luar Indonesia. Berasa liburan nggak abis2 😊.

Hal spesial lain di penghujung tahun ini adalah tentang kebersamaan. Menghabiskan waktu dengan orang2 tersayang. Kalau tahun lalu saya dan keluarga mengisi malam tahun baru di rumah saja dengan nonton TV dan gelundang gelundung di kasur, tahun ini beda. Kami bertiga ke city buat nonton kembang api! Karena punya anak umur 4 tahun, rencananya sih cuma mau nonton “baby fireworks” yang dimulai jam setengah sepuluh malem. Taunya anaknya nggak mau pulang, mau liat the big one katanya. Sungguh anak jaman sekarang.. πŸ˜…. 

Oiya, mundur ke siang harinya. Saya, bocil dan suami kumpul2 dengan salah satu komunitas Indonesia yaitu group Ibu2 TPA (Taman Pendidikan Al-Qur’an). Acaranya adalah BBQ di sebuah taman di suburb yang kami tinggali. Menu utamanya adalah iga. Seminggu sebelum acara, panitia membuat list barang2 atau makanan apa yang akan dibawa oleh masing2 keluarga. Saya menawarkan untuk bawa nasi. Alih2 nasi putih, saya bikin nasi liwet sunda. Nasi yang dikasih rempah2 Indonesia seperti bawang merah-putih, serai, salam, lengkuas.. terakhir nggak lupa teri! Selain itu bawa bumbu ketoprak, kalo ini sih request dari salah satu ibu2 yang doyan banget bumbunya gara2 minggu lalu abis beli ketoprak waktu saya jualan. Keluarga lain ada yang kebagian bawa sambel, sosis, lalapan, cuttleries, minuman, es batu (panas banget hari itu), buah2an, jajanan cemal cemil, tiker, tempat sampah, perkakas bersihkan panggangan BBQ juga nggak lupa dibawa. Disini kan panggangan itu milik umum dan tersedia hampir di setiap taman, jadi harus toleransi dengan pengguna sesudahnya. Seru banget, gayeng dan guyub. Makanan ludessss dan semua langsung beres seusai acara. 

Setelah istirahat di rumah, nabung tidur siang sih ceritanya.. kami berangkat ke city jam 8 malam. Parkir di deket kampus suami, terus nyambung tram 3 stop dan turun di depan state library. Stop tram terakhir, karena setelah itu Swanson st, salah satu jalan utama di city ditutup dan bebas buat jalan orang2, yeaaay! 

Di tengah jalan

Sebelum nonton kembang api, isi amunisi dulu dengan makan di salah satu restoran Indonesia di Swanston st. Kompetitor resto tempat saya kerja nih karena letaknya deketan. Pesen nasi goreng pedes banget sama roti bakar. Makanannya uenaaak.. tempatnya bersih, layak dikunjungi nih. Ntar kapan2 di update review nya di postingan INI

FAT OMA

Jalanan di city tumpah ruah dengan orang2 yang jalan kaki menuju ke Federation square di depan Flinders station. Polisi seliweran dimana2 menjaga situasi supaya kondusif. Electronic sign tentang larangan mengonsumsi alcohol tertera di beberapa ruas jalan, juga warning tentang denda jika ada yang melanggar. 

Pic taken from here

Flinders station on NYE
Singkat cerita, setelah baby fireworks jam 9.30pm selesai. Kami nunggu sampe jam 12 malem. Bocil seger banget nggak mau pulang. Banyak tempat2 makan yang buka sampe malem, terutama kios sushi. Kami berdiri menyemut bersama orang2 yang antusias nungguin the big fireworks. Bocil digendong Bapaknya di pundak. Tepat jam 12 malam, ikutan countdown kemudian kembang api nongol dari atas gedung2 di city. 

Pic taken from here

Seusai kembang api berhenti, bocil langsung merem. Sungguh yaa, niatnya bener2 lho ini anak. Habis itu gempor jalan kaki sambil gendong bocil, ganti2an sama suami sampe ke stop tram state library / melbourne central. Ada yang bikin deg2an nih begitu mendekati stop tram. Ada segerombolan anak muda. Mereka bergerombol kemudian lama2 terdengar suara ribut bersahut2an. Suami bilang untuk mempercepat jalan karena khawatir ada huru hara. Begitu sampai di stop tram, para pemuda itu lari berhamburan ke jalan raya. Tiba2 terlihat pasukan polisi dengan seragam hitam2 pake perisai dan helm, jumlahnya kira2 ada 15-20 orang.

Begini tapi rameaaan
Gambar diambil dari sini.
Suasana mendadak hening, sampai kemudian ada salah satu pemuda dari gerombolan yang saya ceritakan di atas tiba2 lari, entah mau ngapain. Sontak rombongan polisi langsung siaga berpencar ngejar dan itu kejadiannya cepet banget.. udah kaya syuting film action di depan mata. Action! Grebekgrebekgrebek.. CUT! Aseli deg2an, soalnya di perjalanan pulang.. baru tau kalo saya dan suami punya kekhawatiran yang sama. Natal kemarin, kepolisiam Victoria menangkap empat orang yang ditengarai teroris di Federation square. Kami takut ada bom! 😭😭. Alhamdulillah nggak ada apa2 dan tepat jam 1 dini hari kami sampai rumah. Senangnya bukan kepalang, tahun baru terakhir di Melbourne.. semoga masih bisa ketemu lagi dengan tahun baru lagi nanti di Indonesia. Aamiin. 

Hi 2017! Doa tahun ini spesial buat negeriku Indonesia. Semoga selalu damai dan segala isu2 SARA musnaaaahhhh dan hilaaaang takkan kembaliiiii, capek booo dengernya hehehe. Selamat tahun baru bloggers and netizen. Cheers! 😘

Liat kepala eikeee hihihi

Blognesia

Blog nya Nesia. Sebulan yang lalu saya baru tau kalo adik saya punya blog. Adik saya yang INI NIH memang hobi nulis sedari kecil, saya orang pertama yang mendorong dia buat punya blog. Tapi anaknya terlalu males untuk utak atik blogspot atau wordpress, sehingga tulisan2nya mangkrak di note friendster dan facebook, eaaa.. sampai akhirnya dia dibikinin sama temennya, dan bisa2nya saya malah merusaknya! Merusak gimana?

Suatu hari dia minta tolong untuk ngedit widget, terus saya masukin account dia di wordpress apps di HP. Setelah selesai ngedit, saya log out account dia dong.. dan dengan oon-nya, alih2 log out, saya malah DELETE account! Nggak bisa recovery pulaaaaaaaa 😭😭😭. Asli deh lemessss banget, akhirnya saya bikin lagi tapi nggak bisa sama lagi kan namanya :'(. Panik saat itu juga dan langsung telpon si adik, minta maaf berkali2 karena udah ngilangin blognya.. tapi jawabannya singkat: “nggak papa kali mbak..” *pasrah kayaknya punya kakak begini* πŸ˜‚

Terus pagi ini, sepulang lari pagi saya buka wordpress dan lihat ada tulisan baru dari si adik. Mata langsung berkaca2 bacanya. Biasalaaah, lemah banget kalo topiknya soal Pria spesial kami yang sudah di surga 😒😊. Silakan kalo ada yang mau berkunjung ke blog Nesia, si bungsu yang manja tapi juga terkadang jauuuuh lebih dewasa dari kakaknya. 

http://www.nesiabogitablog.wordpress.com

Masih feeling guilty liat nama blog nya jadi begituuuu :”)

Blunder membawa berkah

Pernah nggak sih ketawa terpingkal-pingkal sampe udah berhenti trus lanjut ketawa lagi. Padahal topiknya biasa aja malah cenderung remeh temeh bagaikan remah rempeyek di dasar blek. Saya baru ngalamin pagi ini. Habis drop bocil ke sekolah saya lanjut lari pagi. Suami nggak ikut nganterin karena masih utak atik bahan buat bikin assignment. Sampe rumah sarapan terus lanjut mandi karena hari ini dapet shift kerja jam 12 siang sampe 4 sore. Habis mandi saya langsung ganti baju buat kerja, jeans plus kaos lengan panjang warna biru dongker. Eeeeeh, tiba2 dong suami yang lagi di depan laptop komen. Dibikin convo aja aaaah.. Suami (S), Istri (I):

S: “Mau kerja apa mau maiiiiinnnnnnn??” *menatap outfit yg saya pake*
I: “Laaah, ini kan emang baju khusus buat kerjaaaaa! Makanya perhatian doooonggg sama istriii, tu kan ketauan gak apal baju istrinya.. mana yang buat main mana yang buat kerja. Ini kaos beli di K-Mart (retail lokal) doang keleeeeeuusss $5 weee

Ooooh, seharusnya td aku diam sajaaaa.. Patriiick!
Yakin deh pasti suami nyesel bangeettt pake nyeletuk segala :’)))). Eh, langsung disautin balik:

“Abis cantik terus siiiih..”

*bengong dua detik* terus ngakakkkkk abissss.. Gile ni suami cepet amat balesnya. Usaha penyelamatan diri yang gemilang :))). Yaudah deh ketawa saut2an gak jelas, “halaaah seneng kaaaan dibilang gitu weeee” ujarnya.. “yaiyasih, makanya tuh aku geleng2 sama usaha penyelamatan dirimu yang sangat ciamik” *mureee* :))))

Niiiih, bb cushion udah mau abis.. beliin dong makanya, biar makin cantik” *sambil tutul tutul se muka dengan jumawa* πŸ˜‚. Besok2 kalo mau bilang istri cantik jangan nunggu blunder dulu yak *piss*. “Yaudah.. minggu depan yaaa” dengan pasrahnya. Lumayan, sekali2 nodong beliin mekap sama suami. Blunder berhadiah bb cushion. Sekian postingan maha tidak penting. Ttd, Istri.

**melbourne, tram no.8, gloomy day..

Menemukan kenangan

Pagi ini saya buka2in folder foto di handphone Telkomsel, awalnya gara2 mau nyari sebuah foto aja. Lama2 jadi bener2 scroll sampe bawaaaahhh.. Terus sampe deh ke foto2 yang diambil dua tahunan lalu. Niat banget kan scrolling nya 😁. Kemudian saya nemu foto ini: 
Saya jadi flashback.. Bulan Oktober 2014 Bapak saya dipanggil menghadap Tuhan Yang Maha Kuasa kan.. Saat itu saya pulang ke rumah orang tua kurang lebih satu bulan. Foto di atas itu adalah sebuah DIY card untuk ucapan ulang tahun Ibu saya yang ke-42, dibuat tahun 2000. Berarti umur si kartu udah 16 tahun! Lagi labil2nya kalo ABG, sama kaya yang bikin.. Yang saat itu baru berusia 15 tahun dan duduk di bangku SMA kelas 1. 
Setelah Bapak saya dimakamkan dan rumah sudah mulai surut dari pelayat, Ibu buka2 dokumen2 Bapak yang ditata rapiiii banget di dalam beberapa map folder. Ngomong2 soal file-ing, Bapak dan Ibu saya masuk ke golongan orang2 yang tertata banget. Sayangnya itu nggak nurun ke saya, alhamdulillah mereka punya mantu yang punya keahlian sama hihihi. Tiba2 Ibu diam, terus ngasih saya selembar kartu yang fotonya saya taruh di atas. Saya baca, terus mata basah.. 

23 Sept ’58 – 23 Sept noceng

Assalamualaikum wr.wb
“Selamat Ulang Tahun ke-42”

Tambah sukses and jangan galak2 yaa..

P.s : Semoga tambah sayang sama Dilla
Wassalamualaikum wr.wb
* Friday night 8.30pm

Ananda

Sehari sebelum tanggal yang tertera di kartu, si ABG labil itu baru “berantem” sama Ibunya. Terus melancarkan aksi tutup mulut. Penyebabnya sih udah lupa, tapi sepertinya karena minta sesuatu / ijin, tapi nggak dikabulkan karena ortu pasti punya alasan yang lebih kuat saat itu. Tapi kemudian esok harinya Ibunda ulang tahun, jadi malam2 si ABG labil usrek2 di kamar pake kertas2 yang ada plus metikin bunga edelweis di ruang tamu hasil dikasih orang buat di tempel2. Eh, edelweiss kan bunga abadi yaa gak boleh dipetik2 hihihi..

Duh si ABG sekarang udah emak2 dan nulis ini aja saya mbrambangi alias berkaca2 kangen. Nah, kembali pada saat moment menemukan kartu itu yah. Ibu saya bilang, “Nak, satu lagi romantisnya Bapakmu.. Maaf ya, jujur Ibu dulu nggak simpen kartu ini. Ibu juga kaget ternyata nemuin ini setelah belasan tahun, ternyata Bapak simpen setelah Ibu tunjukin (ucapan) ini. Dulu Ibu sediiiih banget waktu Dila diem, tapi waktu malem2 dateng bawa kartu itu langsung seneng banget dan terharu“. Habis itu kami saling terisak sih di kasur, tapi langsung ketawa2 sambil cerita baik2 nya almarhum dulu. 

Jadi moral cerita yang saya dapat adalah, Bapak Ibu atau orang yang membesarkan kita dari kecil itu punya ikatan batin yang nggak akan terputus sama anaknya. Maka posisinya memang harus selalu disayang, ditinggikan, dan hormati. Ada orang tua yang keras, dan ngga menunjukkan kasih sayangnya secara eksplisit ke anak.. Tapi bukan berarti mereka itu acuh atau abai serta minim kasih sayang. Dalam hal ini orang tua saya termasuk yang gamblang banget nggak segen bilang i love you atau minta maaf ke anak sendiri, juga saya rasa sangat demokratis, itu aja saya masih bisa ngambek sampe diemin orang tua di usia belasan. Terus, anak itu bakal terus berkembang.. Yang tadinya bayi, toddler, kanak2, terus tiba2 udah masuk masa2 puber alias umur2 abege tadi. Dealing sama anak di fase itu udah beda lagi sama beberapa tahun sebelumnya. Waktu anak masih kecil, ketika orang tua keras mungkin anak hanya bisa nangis. Tapi kalo udah makin besar, bisa aja dia bales lebih keras.. Karena dia sudah bisa merefleksikan apa yang dia terima.. Dan sebagainya masih banyak banget lah perilaku2 yang bakal tercipta karena sifat masing2 orang kan juga berbeda2. 

Intinya sih lagi2 tulisan ini ujung2nya adalah self note tentang parenting style saya dan suami yang masih yaaah.. gitu deh, masih banyak banget perbaikan disana sini. Masih belajar banyak untuk memahami watak manusia (kecil yang terus bertumbuh) berstatus anak sendiri. Berusaha “menuliskan hal2 baik”, karena kalo kata John Locke dan teori tabula rasa nya: anak adalah kertas putih. Bismillah ya Allah semoga amanah. Aamiin.

Brb telpon Ibu dulu di Indonesia. 😊

NB: semua aL4y akan tobat pada waktunya, geli sendiri baca tulisan tahun 2000 berubah jadi “noceng” πŸ˜‚βœŒπŸΌοΈ

Daddy who??

Hari ini hari jum’at yang panjang. Bocil sekolah dan saya nggak ada shift kerja, jadi bisa buat pacaran deh sama bapaknya. Bukannya langsung cuss jalan2 kemanaaa gitu, saya dan suami malah ke GP (General Practitioner). Saya mau cek perut, sigh. Kemarin siang saya nyaris pingsan karena kesakitan gara2 perut yang melilit. Muka pucat pasi, keringat dingin bercucuran dan jari2 kaku. Serem banget asli deskripsinya, kenyataannya apa lagi 😒. Penyebabnya saya lupa makan sampe jam 11 siang, makan sih tapi yoghurt aja plus minum seteguk air, padahal saya juga lagi haid 😿. Singkat cerita, tadi GP nya merujuk saya untuk USG. Karena kalau haid biasa seharusnya nggak sampe sakit hebat. Nah, saya emang punya history dengan sakit hebat sampe pingsan di kala haid ini sejak masih gadis. Sudah beberapa kali ke Obgyn juga di Jogja dan Jakarta. Hasil cek ke dokter sih dinyatakan bersih dan sehat saja nggak ada miom, kista atau endometriosis. Makanya nih besok suami mau bikin appointment sama lab yang dirujuk sama GP buat USG, doain semoga semua sehat dan baik2 aja ya.. 
Habis dari GP, saya dan suami naik tram menuju ke city. Tadinya sih niatnya mau ngopi2, tapi karena sampe city udah jam 12an, kami langsung ke resto Indo buat lunch. Kenapa kudu resto Indo, karena si istri maunya makan nasi. Kalo bisa lauknya rendang #riwil. Makan deh di Jokamz, kece ya namanya.. Singkatan dari poJOK KAMPuZ, letaknya emang di Melbourne uni area. Abis makan ngobrol2 bentar trus kami jalan kaki dan misah deh, suami jum’atan dulu di masjid kampus. Saya nge tram turun di RMIT Uni terus jalan kaki menuju ALDI food grocery, mau nyari pastry puff buat bikin pisang bolen kartika sari ala-ala buat besok. Selesai belanja, dan suami selesai jum’atan.. Kami janjian ketemu di stop tram RMIT. Abis itu ngetram bareng buat lunchdate part II. Saya ngajak suami makan sushi yang terkenal disini, saya juga tau karena pernah diajakin temen yang udah lama tinggal disini sih. Sushinya enak bangeeeet, kalo udah lewat jam 12 antriannya gak karu2an panjangnya. Namanya Sushi Monger. Letaknya di bourke street, causeway lane di CBD area. 
 

antriannya masih panjang lagiiii
Kelar nyushi, jalan2 lagi liat2 sepatu di toko deket situ, namanya Zomp. Ngalapin bangeeeeet tokonya, sendal2 dan sepatunya dibiarin terhampar begitu aja. Size yang dipajang adalah yang terkecil, nanti tinggal minta aja size kita sama pegawainya yang asik dan ramah2. Biasanya saya kesana sendiri atau sama temen cewek. Kali ini sengaja bawa suami! *modus*
 
shoes heaven
Lepas dari toko sepatu, saya mampir dulu ke Priceline mau nyari obat maag. Di dalam saya cerita sama pharmacist nya kalo kemaren saya telat makan trus lagi haid, sakit, saya udah ke GP blablablaaaaa.. Intinya saya minta obat maag. Dijawab: kamu gak perlu obat, kamu cuma perlu makan teratur aja jangan sampe telat. Nanti sakit perutmu bakalan ilang. Whaaaat? Tapi akuh butuh Promaaaaaagg! #IMissUIndomaret πŸ˜‚πŸ˜‚
Yaudahlah pulang aja kalo gitu sekalian jemput bocil di sekolah. Setelah berpanas2 ria nge tram dan jalan kaki dengan suhu 38 derajat (uhyeah #notsoautumn), sampailah ke sekolah bocil. Masuk deh ambilin barang2 dan maunya sih pulang aja langsung. Taunya bocil mau main ke taman depan sekolah. Dengan bergandengan tangan kami nyebrang deh kesana. Tiba2 dia teriak ke Papanya yang ketinggalan di belakang: “Daddy! What are u doiiiiiiinnnggg?“, saya cuma bisa bengong dong. Dedi corbuzier? πŸ˜‚. 
Saya sama suami cekikikan, “setelah kamu dipanggil Mommy, giliran aku dipanggil Daddy“. Main2lah di taman sebentar dan abis itu pulang. Asli hari ini puanassss banget, sampe rumah langsung nyalain AC di ruang tamu, pintu kamar di buka biar ikutan adem. Semua tidur di karpet gegoleran.. kasur mah gak laku!
 
goleran di rumput lebih adem daripada di kasur
Malemnya, saya liat diktat kuliah suami judulnya The politics of foods. Saya tertarik dan lagi nanya2 sama suami, ini mempelajari apaan sih lucu amat subjectnya. Lagi di buka2 diktatnya dan dibaca2, eh si bocil nyamber aja “Mama, this belong to my DADDY!“, sambil ngambil diktat berat itu n dikasihin Papanya πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚. OMG! Si Dedi muncul lagiiii.. Saya tau sih, hampir semua temen2 dia kan manggil ortunya Mommy-Daddy, makanya wajar aja lah dia ngikutin. Terus saya iseng aja gitu nanyain bocil, “Who’s ur Mommy?” / Mama Dila / “and who’s ur Daddy?” / Papa Yudo. “Kenapa kamu panggil Papa jadi Daddy?” / because Peppa pig manggil papanya Daddy. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

Mbak2 penjaga rental CD itu..

… adalah saya 9 tahun yang lalu. Hahhahahaa.. gara2 lagi ngobrol sama adek yang lagi sibuk2nya beraktivitas di kampus, saya jadi semacam nostalgia. Inget kalo dulu juga ikutan jadi panitia Ospek universitas 3 tahun berturut2. Tahun pertama seksi keamanan dan dua tahun berikutnya jadi seksi penertiban. Udahlah emang cocoknya sama yang gahar2.. kapan daku ini jadi seksi sekaliiii? 😨😂. Kemudian saya jadi inget juga kalo pernah “iseng” cari part-time job pas semester 6 apa 7 ya? Pokoknya udah skripsi lah.. jadi kuliah cuma berapa sks doang. Kemudian karena ini cerita jaman dahulu kala, maka ceritanya ketika itu Jogja masih marak sama persewaan CD/DVD copy original (baca: bajakan tapi gambarnya enak diliat) yang sekarang sudah di bumi hanguskan semuanya.

Belajar jadi CS rental CD
Alkisah, pada suatu hari saya drop CV ke sebuah persewaan CD besar dan terkenal di jalan kaliurang. Beberapa hari kemudian saya dapat panggilan interview (cieee), nama persewaannya adalah.. jreng.. jreeeengggg.. calling anak2 Jogja angkatan 2005 keatas.. ya Allah sumpah kalo Febri baca, abis deh saya di hina dinaaaaa. Nama rental CD nya: WAHANA DISC. Setelah proses interview sama supervisornya, beberapa hari kemudian saya dapet sms yang isinya saya diterima dan akan mulai kerja esok harinya sebagai CS alias customer service alias mbak2 yang tugasnya mencarikan film2 yang mau customer pinjam. Selain itu tugasnya juga melayani pengembalian CD dan apabila dapet shift malam (closing), juga harus mengembalikan semua CD pinjaman pada tempatnya. Rata2 yang kerja part-time disana adalah mahasiswa-mahasiswi dari UGM, UNY, dan kampus lain sekitaran daerah kaliurang.. anak UII-nya cuma saya aja. Awal2 kerja puyeeeng banget liatin disc2 yang dibungkus kertas dan plastik dan menempel di rak dengan jumlah RIBUAN. Trus yang melongo gitu ngeliat orang2 (customer) yang dateng minjem dan balikin CD.. apalagi kalo malem minggu, ramenyaa naudzubillah.. grogi? Iya! :'(. Takut aja kalo dia minjem film trus saya nggak bisa nyarinya. Tempat penyimpanan CD nya tuh berupa rak labirin yang masing2 ada kodenya. Sebutan untuk masing2 jenis berbeda2:
VCD ORI (kodenya OXXX — alphabet awal judul film, nomor)
DVD (kodenya DXXX — alphabet awal judul film, nomor)
BAJAKAN (kodenya VXXX — alphabet awal judul film, nomor)
SERIAL (lupa hahaahahaa)

Tapi ternyata benar seperti yang dibilang sama CS yang udah pada kerja sebelumnya. “Ntar lama2 kamu juga biasa dan apal sendiri Dil itu letak2 CD“. Untuk mencapai level customer-datang-tangan-ambil-CD-tanpa-ngeliat-rak itu emang nggak terlalu lama nunggu.. kerja 5 jam sehari, 6 hari seminggu bikin ingatan terasah tajam (atau terbiasa). Masih inget gong nya yang bikin saya kaget sendiri, waktu itu ada yang minjem film Just like heaven, terus saya ambil CD nya tanpa ngecek2 lagi sambil bergumam.. Just like heaven OJ642. Waaaw.. dan itu terus berulang ke film2 lain baik VCD ORI, DVD dan yang lain.

Btw, saya pernah ngadepin customer yang begini nih: pernah suatu hari ada sepasang suami istri (asumsi sih). Mereka dateng ke meja CS, terus nanya bisik2:
Cust: “mbak, ada film serem nggak?”
Me: “Oh adaaaa, banyak mas mbak.. The Haunting mau? Ghost Ship..” sambil terus nyebutin film2 horror lain.
Cust: “bukan mbak, film serem mbak.. SEREMsambil merendahkan nada suara dan kasih penegasan.
Me: –belom jawab–
Cust: “yaudah kalo gitu kartun deh mbaaaak.. kartun, kartun tapi yang serem gitu ada nggak?”
Me: “adaaaaa, ini ada ori nya mas mbak.. The Corps bride, mau?”
Cust: –muka pasrah berjamaah–

Saya bingung dong, trus tiba2 temen CS saya narik ke belakang.. “Dil, tu dua orang mo minjem bokep, kamu kalo ditanya gitu bilang aja.. maaf kami nggak nyediain film2 seperti itu“. Udah mau ngacir balik ke customer di depan, eh ternyata dia belom selese ngomong “bilang aja, tapi kami punya film2 yang lumayan serem mas mbak“, sambil ngasih tau saya kode2 film semi bokep dan tempat2nya huhaahhaaahahaa. Yaampun asli ada2 aja sumpah. πŸ˜€

Cerita ketemu jodoh β™‘
Ini dia, mumpung berapa bulan lagi eniperseri.. sekalian nginget2 kan bikin mesam mesem ngguyu nih. Ceritanya waktu itu saya lagi jomblo yah.. jomblo sakit ati abis mengalami kejadian NGEZELIN PARAH sama seorang cowok anak UII kampus saya tercinta, huahahahaa. Sampe2 bilang, males lah deket2 sama cowok kalo anak UII. Terus suatu hari saya lagi ngobrol sama temen CS orang Jakarta namanya sebut aja Cantik, dia nanya.. “emang lo jomblo Dil? Kebanyakan milih sih.. Tipe cowok lo kaya apaan emang?”, saya jawab lah “baek, se-Iman, ga macem2, lebih tinggi dari aku, ‘ndut, chubby.. tipe kamu kaya apa?”, yang dibales dengan deskripsi dia soal tipe cowok idamannya.. dia baru putus juga nih sama pacarnya. Trus ternyata.. dia kasih no telp saya sama temen dia di kampusnya dong yang kebetulan ciri2 fisiknya saya sebutin di atas. Yaudah ini temennya si Cantik mulai sms2 (ya Allah jadul abis). Karena orangnya so far sopan, gak ganggu plus (surprisingly) nyambung ya saya tanggepin aja, dia bilang namanya YUDO. Kami sms an lumayan intens lah selama ada kali seminggu.
Sampai pada suatu hari..
Saya abis sholat ashar di back room, inget banget tuh pake jeans sepanjang betis sama sweatshirt ijo.. sebelum keluar buat kerja lagi nggak lupa sisiran dulu biar kece (padahal nggak ngaruh sik yanasib πŸ˜₯ ). Ternyata diluar sepi, cuma ada satu cowok pake kaos item dengan perawakan tinggi ‘ndut yang langsung nyamperin. “Mbak, minjem Naruto dong” errr… asli saya malesss banget kalo ada yang minjem serial, soalnya debuan dan nyarinya lama. Padahal customer yang pesen serial itu biasanya dinanti2 banget oleh hampir semua CS, karena kalo minjem kan paling nggak minimal 5.. otomatis bonus insentif makin banyak kan. Saya tanya “Seri berapa sampe berapa, mas?” Dijawab “seri 1 sampe tamat, mbak” ALAMAKJAAAAANNNNN. Asli karena daku pemalasan, akhirnya saya bilang, “mas, bentar ya.. sama temen aku aja gmn, bentar ya” yang cuma ditanggepin bengong sama si mas nya. Abis itu si mas dilayanin sama CS satunya yang kegirangan dapet pesenan serial segambreng dan saya……. sibuk mainan HP sambil… senyum2 cengengesan.. sms an sama cowok lain yang lagi deket juga!! :|. Terus lama2 saya agak ngebatin, ini cowok kok ngeliatin terus ya.. dan ntah kenapa saya iseng jalan ke kasir buat ngelirik ID si mas nya.. SIM A namanya Hariadi. Oh.. entahlah, sempet kepikiran aja jangan2 ini Yudo2 temennya si Cantik yang lagi sering sms an itu, kejauhan banget mikirnya. Terus setelah semua pesanan si mas customer itu selesai di rekap dan dia udah bayar di kasir, keluar deh dia ke parkiran. Nggak berapa lama kemudian sms di hp saya bunyi, pas di buka: “Hi Dila, aku yang tadi pake kaos item” *emoticon smile*. JEDAAAR… langsung deh saya ke kasir cek id si mas tadi, deketin SIM nya dan baca baek2 namanya HARIYUDO OMG bukan Hariadiiiiii.. laaaah ketauan bokisnya dong cengengesan sendiri tadi sms an sama cowok lain hahahahaa.
image

Begitulah sedikit cerita jadi CS persewaan CD yang cuma bertahan 3 bulan saja.. karena setelahnya saya sibuk garap skripsi pacaran sama yang ini nih, yang minjem Naruto dari awal sampe tamat karena niatnya mau ketemu dan ngajak ngobrol lama.. taunya malah dicuekin smsan sama cowok lain 😂✌. Tapi emang namanya juga jodoh.. udah setelannya sama yang ini kali, jadi nggak kemana. Semoga jodohnya kekal dunia akhirat, amin. Lumayan bisa jadi bahan critaan nanti sama anak cucu hahaha.. kesampean juga nih mama / eyang putrinya akhirnya dapet jodoh dari kampus lain :D.

Tamat.

*yang lagi kangen