Masakan Aceh

Judul diatas menggambarkan selera kuliner gue lagi condong kemana. Bermula dari punya temen orang aceh, yang namanya pernah gue singgung di postingan tahun lalu.. si Krisye. Sebagai putri yang numpang lahir di Aceh, dia mengenalkan gue ke makanan pokok kedua Rakjat Indonesia yaitu MIE. Karena berasal dari serambi mekah, jadilah namanya MIE ACEH. Kalau dari Jogja berubah jadi Bakmi Jowo. *dijelasin* *penting gak sih* 😀

Begini penampakannya :

mie aceh

Pengalaman pertama makan mie aceh, hmmm…enaaakk… Ada sedikit tragedi juga sih. Ketika itu kami pesan : dua mie aceh, super pedasss (huruf S-nya tiga). Pengalaman, kalo pesen “pedas aja” pasti rasanya nanggung. Taunyaa… beneran gila dibikinin super bacok (bukan nendang lagi) pedesnya. Ampe gak bisa napas saking puanasnya. Moral of the story : jangan maen2 sama orang aceh, lo minta apa..bakal diladenin man! :))

Setelah tinggal di Jakarta, gue diajakin lagi makan di resto aceh yang udah kondang seantero kota. Restoran Meutia namanya, aceh banget kan. Kami datang berempat : Gue, Krisye, Lady Rose (temen jaman masih kerja di Setarbak), dan kakak perempuannya yang bak artis cantik nan anggun ibukota.

Kami pesan HIDANGAN. Hidangan adalah nasi lauk pauk yang dijembreng diatas meja makan. Kami pilih makan apa saja, nanti si abang yang akan bayar. Ehh, maksudnya abang akan itung bill-nya. Ngarep aja nih si eneng… *lol*

Inilah pasukan makanan yang datang :

look : muka kaget teatrikal

Makan malam saat itu ditutup dengan rasa puas dan bahagia. Makan enak, hati puas. What a good combination. 🙂

Itu baru satu satu resto aceh yang gue jajal di Jakarta. Sekarang gue punya satu lagi andalan : RM Seulawah. Berawal dari twitter, seorang teman putra Aceh merekomendasikan resto ini. Awalnya gue agak2 underestimate sama ni resto. Dari tempatnya kurang komersil karena agak menjorok ke dalam. Akhirnya kurang lebih satu minggu yang lalu gue cobain. Interiornya menarik, dinding nya semarak dengan potongan2 review dari media2 yang mengulas kelezatan makanan di resto aceh ini. Bahkan pernah diliput oleh Master Bondan Winarno di acara kulinernya. Mie acehnya bahkan masuk kedalam 10 mie kuah terenak di Jakarta versi majalah lifestyle. Hmmm, gue mulai bergairah buat mencicip makanannya.

Hidangan di RM Seulawah :

hidangan RM Seulawah

Hasil komparasi antara kedua resto aceh diatas : RM Seulawah juaranya. Dari segi taste lebih yahud, lebih maknyus kalo kata Pak Bondan. Tempat memang kalah sama Restoran Meutia, tapi gue pribadi sih lebih nguber taste satisfaction dibanding place. But, pilihan juga sih untuk kalian mau lebih mem-favoritkan yang mana. 🙂

Tadi malem, gue cobain lagi MIE ACEH PEJOMPONGAN. Kalo yang ini bikin shock juga, tapi gara2 harganya. Dua porsi mie goreng aceh lengkap + dua teh tawar cuma IDR 25. Mematahkan mitos gue kalo masakan aceh pasti mahal. Hahaha. Enak pula, mantap rasa bumbunya. Lagi2 pesen super pedas dikasih sesuai sama permintaan. Makin cinta deh sama masakan aceh. Sayang gue gak sempet ambil gambar buat di-upload disini.

Neng mumun titip pesan : setiap makan di resto aceh, jangan lupa untuk order Teh Tareek. Teh dicampur susu yang bikinnya di tarek2 *ngaco*. Cobalah, dan buktikan kenikmatannya. HABAGET!!!! 🙂

2 thoughts on “Masakan Aceh

Leave a comment