VIETNAMESE COFFEE

Pada suatu hari yang panas gue makan di resto Pho 2000. Disana gue pesen vietnamese beef noodle. Setelah makan, temen gue ngusulin untuk ngopi2 dulu. Jadilah gue pesen menu dessert andalan disana yang bernama : Vietnamese Coffee…

Pho 2000

Vietnamese Coffee / Kopi Vietnam adalah minuman kopi yang berasal dari Vietnam dan dibuat dengan cara menyeduh kopi lalu dicampurkan susu kental manis.Proses tersebut menggunakan lebih banyak biji kopi yang telah digiling dan karenanya membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan sebagian besar proses penyeduhan kopi. Untuk membuat kopi Vietnam dibutuhkan sebuah alat penyeduh kopi yang terbuat dari baja tahan karat dan berbentuk seperti topi.Pada alat tersebut terdapat bagian pinggir yang dapat ditumpu oleh cangkir kopi.Bagian tengahnya berbentuk silinder dan memiliki lubang-lubang kecil. (wikipedia)

Setelah nyicip sekali itu kopi ala vietnam, ternyata gue ketagihan man! Akhirnya gue cobain lagi ngopi di KOPITIAM oey. Kopitiam sendiri artinya “warung kopi” yah. Jadi gue suka ngelurusin kalo ada yang menyangka bahwa kopitiam = kopi vietnam. Atau bahkan kopitiam = rumah makan Pak Bondan Winarno. Yang betul, pak Bondan adalah owner dari warung kopi dengan merk dagang OEY. Begitu kira2 sedikit penjelasannya sodara2.πŸ˜€

Back to cerita neng mumun. Jadi, saking ngidamnya sama Vietnamese coffee, akhirnya gue beli alatnya (coffee drip) dan semalem gue coba bikin sendiri di kost. Susu kental manisnya pake merk Frisianflag. Terus untuk kopi gue pake Espresso nya Setarbak. This is it :

lagi proses dripping

Proses pembuatan :

Susu dituang didasar cangkir, terus taruh coffee drip diatas cangkir. Masukin 2-3 teaspoon espresso..ditutup pake pressing coffee drip, then tuangin air mendidih dan ditutup deh. Tunggu kira2 lima menit.

Hasilnyaaa :

***VIETNAMESE COFFEE ala NENG MUMUN***

siap di-GLEK

Rasanya ENAK, kopinya bener2 terasa karena droppingnya bener2 lama (kurleb 5 menit). Itu membuat sari kopinya keluar semua. Satu yang kurang adalah tekstur susunya. Kayaknya gue salah pake merk Frisianflag. Jadi, next gue akan beli merk lain. Overall, gue puas deh sama hasil “my own Vietnamese Coffee”. Great Coffee, Great Life.

Leave a Reply

