Day 10: gagal wisuda

Peristiwa memalukan kalo diinget2 tuh rasanya gimanaaa gitu ya. Sekarang sih udah haha hihi aja kalo ngobrolin soal ini sama “sesama pelaku” nya. Alkisah sepuluh tahun yang lalu di awal bulan mei, saya dapat undangan yudisium dari fakultas. Status saya adalah calon wisudawati periode bulan yang sama. Di undangan tertulis kalau acara akan dimulai jam 8 pagi. Habis itu saya janjian sama sahabat saya, Nina, mau berangkat bareng. Disepakati kalau dia yang bakal jemput saya pagi2. Sekitar jam 7 lebih  dia udah stand by di depan rumah dan kami berdua pun berangkat. Dalam perjalanan menuju ke arah kampus, kami memutuskan untuk sarapan dulu. Bubur ayam Syarifah dipilih, kami berhenti dan sarapan bubur ayam pake sate jeroan. Nggak lupa kerupuk dan minumnya teh anget, lyfe banget deh pokoknya. Ngobrol ngalor ngidul, baru ngeh pas liat jam kok udah jam 8 kurang seperempat. Saya sempet nyeletuk “aih gpp kali ya orang Indonesia udah biasa telat2 dikit“, diamini sama Nina. Setelah itu kami cabut deh berangkat ke kampus. 

Sesampainya di ruang yudisium, ternyata acara sudah di mulai. Kami telat 7 menit.. setelah minta ijin masuk, kami dipersilahkan duduk. Kedua dosen sedang membacakan daftar hadir mahasiswa, sambil membagikan kertas surat kelulusan. Setelah itu kami dikasih wejangan2 lah gimana nanti kalo udah lulus, agar jadi lulusan yang baik dll. Setelah acara selesai, kami maju ke depan untuk minta maaf karena telat dan mau minta surat kelulusan yang tadi sudah dibagikan. Jreng.. jawaban yang diterima bikin migrain tiba2. Karena kami nggak mematuhi undangan, kami nggak bisa dapet surat itu, dianggap tidak mengikuti yudisium.. jadi.. nggak bisa ikut wisuda!!

Waduh kacau deh, abis itu kami berdua nguber dosen dan di bawa ke ruang dekanat. Disana kami diberi penjelasan lagi soal kenapa nggak bisa ikut wisuda. Saya berargumen terus, temen saya udah sesenggukan di samping, duh! Tapi tetep hasilnya nihil.. ya mau gimana lagi, emang kami salah.. nggak taat aturan, menyepelekan malah :((. Dengan gontai kami keluar dari ruangan.. menuju ke taman samping kampus. 

Disana kami diduk bengong berdua, temen saya ngomong “jadi beneran nih kita gak jadi wisuda? Asli aku kaya ngimpi” sambil masih sesenggukan. Setelah itu kami memutuskan untuk telpon ortu masing2. Nggak usah dijelasin, abis itu kami berdua disemprot orang tua masing2. Saya telpon Ibu, Ibu sih kalem aja.. begitu telpon di kasih ke Bapak kelar deh :'(. Abis itu nangis bareng2 sambil pelukan.. 

Akhirnya kami bisa ikut wisuda di periode selanjutnya.. selesai sudah kuliah lima tahun lamanya. Kenapa sih ini bikin malu? Karena saya ngerasa menyepelekan waktu, menyepelekan orang lain, nggak menghargai aturan yang udah dibikin institusi. Pelajaran yang sungguh berharga, tebusannya mahal meeen 😂.

42 thoughts on “Day 10: gagal wisuda

  1. Mbaa…ngakak dulu boleh gak? Ya Alloh mbaak kok isoo. Hahah.

    Temenku dulu jg telat dtg, tp msh bisa sih soale prosesinya baru aja mau mulai. Itu jg dia dateng diliatin sama ribuan mata di dalam gedung.. dia ampe meringis maloo. 😂😂

  2. MBA BUND DILLA KU SAYANG, MAAP NIH MAAP, KU JUGA INGIN KETAWA DULU HEHEHEHEHEHEHE.

    Waktu aku ada yudisium, ada yang telat juga sih tapi masih ditungguin gitu untuk kumpul semua. Yaaa telatnya kaya mba lah, cuma 5-10 menitan. Tapi masih gakpapa. Itu mah sedih banget masa sampe gakboleh wisuda, padahal kan yudisium ke wisuda cuma beda beberapa minggu aja yakan, Hiks. Waktu itu udah sempet bayar wisuda belom mba?

    Mungkin nih ya mungkiiin, itu telat karena bubur ayam pake sate jeroan yang lyfe banget itu deh, jadi ke-enjoyan yang hakiki terus ngebuat kita seolah2 santae ajaaaa yekan ini nikmat nih nikmat~ (aelah nyalahin bubur) wkkk

    1. 😌😌😌 colek dulu siniiihhhh, pake garpuuuu! 😂😂

      TUKAAANN TELAT DITUNGGUIN! Aku gak sampe 10 menit aselliiikk.. kusedi~~~ iya cuma beda gak sampe 3 minggu. Orang tua aku udah pamer2 sama temen2nya mau dateng wisuda anaque tersayang terus dapet kabar di pagi buram kalo ternyata batal! BATALKAN SAJA CATERING UNTUK PERJAMUAN! Tapi boong…

      Kalo udah bayar ato belumnya akoh lupaaa.. sepertinya bubur ayam sate jeroan juga bikin aku amnesia 😂😂. Habis itu trauma gak mau makan bubur ayam syarifah, padahal apalah salah diaaaaa

  3. Waduhhhh ini seriusan gara-gara telat 7 Menit di acara Yudisium gak bisa dapat SKL dan Wisuda di Bulan itu, …
    wihhhhh ……….. alangkah enaknya buburnya sebanding dengan harga Wisuda. cckckck
    semangat jadi pembelajaran buat kita semua untuk disiplin …. #KayaMimpi

  4. Mbak dil, antara lucu sama ngenes sih ya 😁
    Waktu itu belum bayar buat wisuda kan? Belum fitting toga kan? Belum colekin papa arda buat jadi pendamping wisuda hari H kan? 😆😆

    1. Kalo sekarang lucu, dulu mah ngenes bgtttt! 😂. Aku lupa udah bayar belomm.. aseli lupaa hahaha. Kalo Papa Arda mah bukan cuma di colek jadi PW, tiap bimbingan skripsi juga udah kenyang di colek suruh nganter ke kampus :))

    1. Iya sih, ortuku pas udah ilang emosinya aja bilang: udah gapapa, pelajaran buat kamu biar nggak nyepelein segala hal. Biar wisuda diundur tapi kamu dapet pelajaran. Omg 😂

  5. Yaaa Allah mba dilll… Hari itu pasti takut pulang ke rumah ya.. :)). dulu, waktu sy mau yudisium diwanti-wanti sama dosen pembimbing untuk wajib hadir. Waktu itu belum ngeh, kok segitunya sih. Eh, nggak taunya ada junior sy yang ditunda wisudanya gara2 nggak ikut yudisium..

    1. Nahhh mending ga ikutan skalian yaaaa kalo sama2 diundur. Aku telat 7 menit :’))). Mau nginep aja rasanya ga brani pulang hiahhhhahha

  6. Dil, yudisium itu apa?
    .
    Waaaa.. pertanyaan apa ini? Dulu aku wisudanya gimana sih? Kok jadi amnesia gini..

    Kebayaaaang ya dil nyesek dan gelonya zaman dulu.. ta.. ta.. tapii bayangin habis makan bubur ayam yg lyfe banget (yg penjelasannya mirip ama bubur ayam velbak) terus nangis sesenggukan sambil pelukan, kok gue ngakak… dikiiittt kok.. janjii

    1. Yudisium itu opo yo mbak, salah satu proses akademik gitu. Bentuknya pertemuan antara “pejabat fakultas” sama para mahasiswa yang udah lulus ujian skripsi. Nanti disana dibacain nilai kita.. jadi bisa dibilang yudisium ini proses penting menuju kelulusan ;).

      Maklum mbak.. aku aja wisuda s1 udah 10 tahun yang lalu, berarti mbak dewi kan udah ummm… belasan taun lalu ya? Wajaaar… wajar *kepret pake ijazah komunikasi UI* 😂😂

      1. BAHAHHAHAHAHAA…. ah beda dikit, cuma 10 thn 1 bulan (ngaku2) hahahah.. eh tp beneran di tempatku gak ada yudisium2-an.. habis sidang skripsi ya hari itu jg diumumin lulus ama nilainta.. wisuda cuma h-1 gladi resik salaman ama rektor (utk keperluan foto).. ama wisuda reramean gituuu.. gak sakral dah pokoknta.. bhuhuhu

    1. Deeeen abis pingsan ampe gak buka2 blog maaf komennya ke skip hihihi. Ojo ngguyuuuu donggg 😂😂😂. Padahal aku ya udah ketawa2 juga kalo inget ini sama temenku. :))

Leave a Reply

