Day 5: makan malam impian 

Sedari kecil saya terbiasa makan malam di meja makan dengan keluarga. Tugas saya dulu adalah: “Tata dhahar“. Yaitu menata setumpuk piring di pinggiran meja makan, gelas dan “wijikan” alias mangkok kecil berisi air buat cuci tangan yang akan digunakan sehabis makan. “Makan yuk, mbak Dila tata dhahar yaaa“, begitu kira2 Ibu saya bilang kalo waktunya makan malam tiba. Nah, untuk tulisan hari ini, siapa sih lima orang yang saya impikan untuk makan malam bareng di sebuah meja makan oval kayu jati dengan lapisan kaca di atasnya, dan ukiran cantik di sekelilingnya:

1. (alm) Bapak saya, beliau akan duduk di sisi meja sebelah kanan.

2. Ibu saya dong, mendampingi Bapak di sebelahnya.

3. Suami saya, duduk di seberang Bapak. 

Dua orang terakhir adalah..
4. Pete Evans, dan

5. Manu Feidel from My Kitchen Rules! Yeaaaayy! Duduknya jangan jauh2 dari Neng yaaa.. *keplak*

Bantuin masak dong, Mas.. 😛

My Kitchen Rules adalah cooking competition di Australia. Pete dan Manu, begitu mereka biasa dipanggil akan datang ke rumah para kontestan untuk Dinner dan nanti masakannya akan di nilai oleh mereka dan kontestan lain. Layaknya fine dining, jamuan akan dibagi menjadi 3 tahap: appetizer, main course dan dessert. Untuk dinner di rumah saya kali ini, saya akan dibantu oleh adik tercinta, Nesia sebagai cameo di cerita makan malam impian. Menu yang akan disajikan adalah: 

Appetizer

Risol ragout sayur. Karena kami orang Indonesia, wajib ada saos sambel. Nanti kalo Manu dan Pete kepedesan tinggal minum aja yang banyak yaa. Kalo perlu nanti disiapin es degan juga deeeh..

Main course:

Tumpeng mini nasi kuning. Dengan senang hati keluarga saya menyambut mas Manu dan Pete. Nasi kuning itu biasanya di masak saat ada perayaan. Misalnya Ulang tahun, atau syukuran. Lauknya ada ayam, orek tempe, telur dadar dan sambel. Bapak saya pasti lahap banget nih makannya. Apalagi yang masak ‘nak wedok ihihi. 

Dessert:
Untuk dessert, saya masih bingung milih diantara dua makanan ini:


Dadar gulung kelapa. Kelapa parut yang dimasak dengan gula jawa yang dipanaskan di panci di atas kompor. Dijadiikan isian di dadar berwarna hijau yang terbuat dari tepung terigu, telur dan perisa pandan, setelah itu di gulung dan lipat.  


Klepon. Ini favorit adik saya. Klepon ini terbuat dari tepung ketan yang dibuat adonan dengan cara menambahkan air dan perisa pandan, kemudian diisi parutan gula merah dan dibentuk bulat. Habis itu direbus di air mendidih sampai mengambang. Tiriskan dan gulingkan ke parutan kelapa. Sensasi makan klepon adalah saat digigit dan gula merah menyebar ke seluruh rongga mulut. Kalo Australia punya Lamington, Indonesia punya klepon!

Bantuin dong milih dessert buat dinner nanti? 😛

Advertisements

49 thoughts on “Day 5: makan malam impian 

    1. Yup! I like to cook, bake and photograph it all. Kepake juga nih buat lucu2an nulis blog. Thank you for ur nice words, Citra! 😊🙏🏼

  1. Dadar guluuuung! Karena kalo klepon probabilitas untuk muncrat dan belepotan lebih gedayyy Kak, tapi gapapa sih bisa minta elapin sama mas suami biar romantissss #eaaa 😆😆

  2. Kayaknya untuk dessert dadar gulung kelapa aja mba, soalnya kalo klepon khawatir kumis dan jenggot mas manu dan pete ketambahan rambut putih alias kelapa parut nyangkut 😀

    1. Ini dadar gulung sama klepon skornya sama loh. Ternyata dua2nya punya fans yang berimbang lohh. Ejieee bisa aja sih ini kaya beneran aja :)))

    1. Aku malah sering njajan klepon disiniiiii. Belinya di resto sendiri, tempat kerja maksudnya. $3 isi 6 bijiiii, murah disini lhooo 😋😋

  3. Eh Dilaaaa aku juga demen banget deh nonton MKR. Nontonnya bareng2 suami (doh ngomong suami kok rasanya ga biasa ya hahahaha…) dari 2015 udah nonton. Kalo nonton harus bareng dan biasanya nontonnya sambil makan dinner juga hehehe udah kayak tradisi gt

    1. Waaah toss, Mar! (And suami ihihihi). Akupun nonton dari tahun 2015. Nontonnya bareng suami juga, karena sekarang ada adek jadi ketambahan dia. Terus aku sama mereka suka heboh di dapir gitu kalo misal lagi masak. Hustle hustle! Itu cek bakwannya jangan sampe gosong! Edun 😂😂

    1. Hahahaha iya mas, seru n gemes. Sama lah kaya nonton cooking competition lain ya sebenernya. Cuma ini host nya ganteng2 beneeeer🙈

      1. jadi lebih karena host ganteng nih? hahahaha.
        kalau aku sukanya karena lihat challengenya itu. kan complete set kan… jadi suka lihat ini temanya apa ya? terus nyambung gak

      2. Mas Ryaaan! Omg jadi ini mas Ryan lukito toooh, sumpah aku ngebatin juga ini Febriyan Lukito bukan :))). Ini soalnya nama blog nya beda lho. Terus bisa masuk ke apps WP akuuuuu

      3. Hahaha. ini aku kok mbak Dila. Blog khusus utk tips blogging. hihi…. maaf ya sudah bikin bingung

      4. Pan biar dianggap baru gitu. ahahaha…. Kabooor ah sblm dijitakin. hehehe

      5. buahahaha… gak kok. kalau dedengkot ma Dani *mumpung dia gak ada*

  4. Dil itu cerita makan malammu kok beneran sepertinya bakalan hangat daaaan indah sekali kalau beneran kejadian ya Dil..

    Terus itu kamu bikin dan foto sendiri? Yongalaah baru baca aja udah ngiler banget akuuu.. risoles dan klepooon.. Aaaakk

  5. Baca postinganmu gue laperrrr dillllll… itu cogan dua bisa2 ga gue bolehin pulang deh dil..bekep aje di rumah biat bantu2 masak hahahaha ((((Bantu2 masakkkk)))))

  6. Gimana kalau dadar gulungnya untuk minum teh sebelum makan dan klepon jadi dessertnya? Wah sama ya kita, mau undang almarhum bapak kita. Aku masih kadang kangen ngobrol sama bapakku Dil. Udah ngga berduka sih dia udah ngga ada, cuma kangen aja.

    1. Sama banget mbak Yo, masih kangen ngobrol.. katanya semakin lama ditinggal tidak akan membuat kita lupa, justru terkenang. Tapi aku ngerasa banget gitu :).

  7. Mbak e aku dulu waktu kecil jg sering disuruh tata dhahar. Pake alas piring, wijikan, unjukan, serbet.. hahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s