Belajar tentang Indonesia 

Ni hao! Eh ada anak kecil nyapa Ibunya yang baru pulang kerja, ini nih si Bocil. “Ni hao means Hello in China, Mama!“. Anak saya “sekolah” di sebuah early learning centre (ELC) / childcare dengan metode Montessori yang terletak tidak jauh dari rumah. Flashback ke belasan tahun lalu, di sebuah kelas Psikologi perkembangan.. saya sedang ngerjain tugas kelompok (role play) tentang metode pembelajaran pendidikan anak. Saya nyeletuk, “pokoknya ntar kalo punya anak bakal aku sekolahin ke (sekolah) Montessori“. Masukin ke Bambini aja kali ya, sambil menyebut nama sekolah Montessori di Jetis, Jogja. Tuhan baik banget, cita2 saya kesampaian 🙏🏼😊.

Lanjut cerita di masa sekarang. Hal menarik dari sekolah bocil menurut saya adalah mereka belajar tentang benua sepanjang tahun. Misalnya, tahun 2015 mereka belajar tentang North America. Tahun lalu giliran South America. Sepanjang tahun mereka akan belajar tentang letak geografis, kebudayaan, yang dikemas secara menyenangkan dan sesuai untuk anak2 umur 3-5 tahun tentunya. Kemudian di akhir tahun akan ada konser (End of year concert) yang menampilkan kebudayaan (biasanya ditampilkan melalui lagu dan tari) dari negara2 benua yang jadi tema tahun itu.

Tahun ini, anak2 akan dikenalkan dengan benua Asia. Yeaaaaayyy! Begitu baca e-mail dari sekolah saya langsung excited banget. Kemudian tiga hari lalu waktu saya drop Bocil ke sekolah, salah satu gurunya bilang sama saya. Minggu ini anak2 akan belajar tentang Indonesia. Karena keluarga kami dari Indonesia, dia minta tolong kami bikin sesuatu yang menjelaskan tentang Indonesia. Bisa makanan, pakaian, tempat menarik, apapun itu. 

Kemarin saya, bocil dan tantenya ke K-Mart (tempat belanja segala ada disini) untuk ngeprint foto yang sebelumnya sudah saya google dan simpan di HP. Sama nyari kertas dan perlengkapan lain. Ngeprint foto 10 lembar, abis nya cuma $2. Sumpah ampe bengong, kirain selembarnya $2, idiiiihhh ternyata itu totalnya! Mana kertas fotonya yang glossy, tau gitu kan foto2 sefolder hape di print semua aja! *ga gitu juga kali ceuuuu* 😂😂. Sampe rumah mulai gunting2 sama bocil, saya yang nulis dia yang nempel. Kami menghabiskan waktu sekitar satu jam untuk bikin ini: Isi poster yang menurut saya mewakili Indonesia :
Peta Indonesia

Orangutan sama Komodo dragon

Borobudur

Batik 

Tempe, Nasi goreng dan Bakso (tapi yang terakhir di eliminasi karena nggak muat)

Suami saya: rendangnya manaaaaaaa?? Aduhhh iya banget, bisa2nya nggak kepikiran coba. Sebagai waitress restoran Indonesia yang jualan rendang saya merasa gagal! 😂😂

Poster udah dibawa ke sekolah kemarin, si Bocil saya pakein celana pendek merah sama kaos putih. Ceritanya biar merepresentasikan bendera Indonesia.

Jangan sampe di kerek di tiang ya mas 😂.

Guru2 nya pada seneng banget dan mengapresiasi. Saya juga girang 😂. Sore harinya waktu saya jemput Bocil, mereka cerita kalo hari itu anak2 ngobrolin tentang Indonesia dengan poster yang kami bawa. Posternya ditempel di kelas si Bocil. Ehe ehe. Indonesia itu kalo mau ditumplekin di satu poster emang nggak bakalan cukup. Yang kami bikin ini belom ngegambarin Indonesia sih, tapi beneran lho saya seneng banget punya kesempatan buat “pamer” Indonesia walaupun sedikit. 

Salam merah putih! 😊🇮🇩

20 thoughts on “Belajar tentang Indonesia 

    1. Iyaaaaa ada temen arda mnt dibawain nasi goreng buat lunch sama mamanya. Bangga gitu ahelaaaah :)). Sementara arda ditanya, do u like tempe? NO! Aduhhh 😂😂

  1. Hyak ampun Kmaaaart! Kangen ih sama Kmart. Iya klo cetak foto di Kmart murahnya sama kok dgn di Indo. Waow bocil pasti deg2an happy-happy twothousand *refrensi jadul amat* yaa

    1. Hyak ampun juga nih, aku selalu nulis K-mart ya? Padahal sing bener Kmart. Harganya sama tapi jatuhnya jadi murah banget ya pake $$. Pokoknya in Kmart we trust! Happy happy 2000 wkwkkw

  2. Kereewnn Dilaaa dan Mas A😍😍😍 pas lihat gambarmu di twitter, yg pertama kucari adalah rendang hahaha. Dan ternyata kelalen. Mungkin gurunya perlu dibawakan rendang Dil haha. Pas aku dulu presentasi di sekolah2 sini, bangga gitu bilang kalo rendang is the most delicious food in the world (dalam kurung : kata CNN) 😅

    1. Suwun, Deeennn.. iya kannn, sama kaya reaksi suamiku :)). Tetangga apt pernah mampir rumah pas aku bawa rendang dari restoran. Dia bilang baunya uwenaaak bangeeeet. Jadi pede mau ngasih tetangga. Tapi CNN bener kok, kan emang rendang itu endeus, wrendeeeng kalo kata customer sini 😂

Leave a Reply

