Mie ayam glamour

Pada suatu hari di tahun 2016, sahabat saya di Indonesia text via whatsapp “ada temen atau sodara yang mau ke Melbourne gak, Dil? Aku mau titipin Bakmi Mewah buat kamu“. Whaaat? Bakmi mewah? Bakmi yang jauh dari kesederhanaan kah? Eimsss.. Kemudian temen saya melanjutkan, “buat kamu yang doyan banget mie ayam pasti suka deh. Yaa nggak kaya mie ayam banget sih, tapi mayan laah..“, begitu katanya. Sampai kemudian, awal Februari ini adik saya si Nesia main ke Melbourne, yeay! Dia mau liburan plus nonton Adele sama kakaknya. Walaupun kayaknya jadi harus bolos kuliah hampir sebulan. #infopenting

Bakmi mewah jadi salah satu barang yang saya titipin sama Nesia. Nitipnya sih enam biji, tapi akhirnya cuma dibawain tiga biji karena katanya makan tempat. Yakali mbak.. nitip setengah lusin! 😌. Nesia sampe Melb pagi hari, siangnya langsung saya cobain dong si bakmi. Wadahnya pake karton, isinya satu bungkus mie kering, sayuran hijau kering, minyak, kecap asin, dan topping ayam yang dikemas sendiri, nggak lupa juga saus sambal dalam kemasan. Widih, mie ayam instan nih. Cara bikinnya: Mie direbus tiga menit bersama sayuran hijau kering, minyak dan kecap asin tuang ke mangkuk saji, setelah mie matang segera tiriskan dan tuang ke mangkuk. Aduk2, lalu taburi dengan toping ayam. Jadinya begini:
Akhirnya kesampean makan bakmi mewah yang ternyata kaya Indomie rasa minyak wijen terus dikasih topping ayam instant hihihi. Kebaca ya, saya sih nggak tertarik ternyata :)). Udah nggak penasaran aja jadinya. Ternyata Ibu saya sempet komen ke adik waktu tau saya nitip Bakmi ini: “mbak mu itu aneh2 aja sih selera makannya” huahahahaha.. 

Mungkin karena saya di Australia yang nggak jauh2 amat dari Indonesia. Dimana bahan2 bikin mie ayam sendiri itu mudah ditemukan, saya mendingan bikin deh. Saya suka bikin mie ayam pake resep dari mbak Diah Didi. Tapi pada akhirnya pake bumbu campur2 aja sesuai yang ada atau di modifikasi lagi. Tambahan lagi saya kerja di Restoran Indonesia dan ngeracik mie ayam juga kalo ada pesenan. Jadi suka contek2 buat bikin dan di makan sendiri di rumah sama keluarga. 
Mie ayam ala Neng Mumun, kalo udah pengen banget makan mie ayam tapi nggak ada abang2 yang bisa di stop. Biasanya saya nyicil bikin topping nya dulu. Dada ayam dipotong dadu, sama jamur kancing diiris2. Bumbunya bawang putih dicacah halus, sedikit jahe, sama kemiri (kalo mau kaya bakmi ayam jowo), tumis dan masukin si ayam jamur.. kalo ayamnya udah putih baru deh kasih saus tiram sama kecap manis, juga air secukupnya. Saya suka tambahin lada juga abis itu, dan dimasak sampe air menyusut, koreksi rasa dan matikan api deh. Nanti topping ini saya bagi dua wadah. Satu buat dimakan segera, satunya lagi di wadah tertutup dan masukin freezer buat stok. Jadi kalo mau makan mie ayam lagi jadi berkurang satu step bebikinan.

Kunci bikin mie ayam sedep dan taste like mie ayam abang2 adalah minyak ayam bawang. Tau minyak bening kekuningan yang dikecrotin abang ke mangkuk itu kaaaan waktu dia ngeracik mie di bawah atap gerobak? Itu diaaa… cara bikinnya simple, butuh kulit ayam sama beberapa bumbu kaya lada butir, kemiri sama bawang putih geprek. Tumis pake sedikit minyak sampai kulit ayam setengah kering. Tambahkan minyak agak banyak sampai kulit ayam mengering, kira2 dua puluh menit kali yaaa. Dinginkan, saring dan simpan dalam botol kaca. 

Kuah mie ayamnya dari rebusan tulang ayam, kalo udah jadi kaldu tinggal tambahkan bumbu tumis. Kalo saya sih numis bawang putih, sedikit jahe dan garam. Udah deh.. terus tinggal penyajian aja, kecrotin minyak ayam bawang di mangkok saji, kasih kecap asin dan (boleh) minyak wijen. Masukkan mie basah ke dalam air mendidih, saring dan taruh di mangkok saji, aduk2. Kasih topping ayam jamur plus daun bawang. Sajikan bareng kuah mie ayam di mangkok kecil. Biar makin lengkap kasih sayuran (sawi) rebus, pangsit sama bakso bulet. Abis itu ambil sendok, pukul2 mangkok.. TING TING TING TING! Mie ayam abang2 eneng2 siap disantaaaaaappp!

Walau saya udah jaraaaang banget bikin mie ayam sendiri, karena sekarang seminggu 3x berusaha makan masakan tanpa garam dan mengurangi karbo berupa nasi dan mie. Tapi boleh lah sesekali ngeluarin effort buat bikin mie ayam. Soalnya mie ayam adalah lyfe, hahahaha! Doyan banget sama mie ayam.. kemudian teruntuk bakmi mewah, saya yakin pasti tetep ada pasarnya. Kalo saya sih NO, gatau mas Anang ✌🏼️

Advertisements

54 thoughts on “Mie ayam glamour

  1. Dil, jamur kancing nemu dimana donk disini? Apa pake button mushroom itu? Dari dulu selalu pengen nyoba bikin mie ayam tapi ga ketemu resep yang keterangannya sesingkat ini, jadiiii…aku mau buat aahhhhh! 🙂 🙂 Ga pa2 makan karbo asal porsinya dikurangin dan ga tiap hari aza lah, I can’t live without rice secara makan rendang tanpa nasi kurang okeh hahaaaa….. xx

    1. Pake yang kalengan di Coles atau Asian grocery, mbak Riaaa.. hihihi. Ayuk bikin, yang penting cicil2 aja bahannya. Aku pemakan karbo bangeeeets mbak Ria, lagi berusaha ngurangin nih. Kalo kata suamiku, aku perut Indonesia banget. Kalo gak ketemu nasi cranky 😂🙈. Btw hari ini aku lauknya rendang juga niiiih sama oseng tempe. Beli di Nelayan :))

  2. lafaaar… dulu pernah bikin mie ayam sendiri, setelah itu ga bikin lagi, kok ngerasa ribet yah, apalagi dibanding nyetopin abang-abang mie ayam depan rumah, pesen , dibikinin, langsung jadi, sudah bisa disantap deh… hahaha emak pemalas.

    1. Gausaaaah, beli mie ayam abang2 aja harganya mirip2 tp enak gellllaaaaa 😋😋. Aku ngurangin bgt nasi nih, Eka. Susah banget tapiiii *nangis*

    1. Huahahahaa, gapapaaa.. rumah yg kutempati sekarang ex ibu2 PhD yang blassss gak bisa dan gak pernah masak katanya. Setahun disini makan beli terus lama2 tekor, akhirnya belajar masak. Walaupun tetep yaaaa.. Nando’s jadi penyelamat di kala kepepet :p. Sampe Indonesia sih kayaknya aku bakal lupa cara bikin mie ayam, nyegat aja :)$

  3. Aku blm pernah nyobain bakmie glamour ini. Mie favoritku klo di rumah ttp mie tek2 nyemek pake rawit banyak2 dan telor setengah mateng..tp sayang rawit mah. Huhu.

  4. Mbaaa dilaa..akupun cinta mati sm mie ayam.. mau mie ayam jawa ataupun mie ayam cina, sukaaa sekali.. tp plis resep mie ayamnya bisaa agak dirinci nggak?soalnya kurang paham ukuran “tambahin sedikit”

    1. Tooosss! Samaaa, akupun mie ayam jawa, bangka, cina semua endeusss :P. Resep nya liat di blog diah didi aja ya hihihi. Kalo resep minyak ayam bawang ada di IG: @igms_id, cari pake hashtag: #igms_iddila 😉

    1. Lipstick warna red wine pake dress bling2 mbak Yo :P. Kalo bikin sendiri tapi lebih puas sih ya, terus jelas nggak pake mecin juga. Aku jadi pengen bikin mie ayam nih besok 😋

    1. Aku gak diet, tp lagi ngurangi makan nasi.. sama garem. Itu aja susah bgt rasanya huhu. Hayuk bikin, mayan sih buat sesekali — sisanya beli *dikeplak* :))))

    1. Bhahaahahha emberan kan, Jiiii.. kalo semua bahan udah dibikin tinggal racik2 doang 😋😜. Tapi tetep kalo di Indonesia aku maunya beli #sikap

  5. Eh tapi menurutku masak mie ayam ribet deh, langkah-langkahnya kayak kecil-kecil tapi banyak gitu. Terpujilah abang-abang mie ayam semoga disayang Tuhan ayaa…

  6. Aku baru sadar kalau kamu fans berat mie ayam ya dil. Dulu jaman di Velbak suka makan mi ayam depan kantor itu juga? Kok aku ingatnya kita makan di warteg samping kali dengan aku makan buah semangka yang disendokin itu..

    waaa..resepnya boleh juga. Pengen bikin (utk si anak dan suami).. aku msh biasa aja ama bakmi. Gak makan bakmi aja lihat angka di timbangan udah bikin njerit gitu kok..

    btw. selama berlibur dengan adek Nessiaa.. senangnya yang didatengin adek..

    1. Iyaaaa! Omg, mie ayam ibu2 kurus itu lho mbaaaak. Sebelum masuk aku pesen dulu, nanti minta dianter ke meja ✌🏼️😂. Tapi sejak pindah ke lantai dua sebelah mbak Kstew, belinya minta tolong Dika ato Ahmad hihihi. Makanya sebotol kecap bango setia nangkring di meja, buat ngecrotin miayam 🙈😋. Terus diceramahin Ibu Lina, jangan keseringan makan miayam mecin ihhh.. :’)). Aku ngetik ini sambil nelen ludah. Terus kalo mayestik paporitnya bakmi boy.. nostalgia bgttt nih mbaaak baca komen dirimyuuu. Jadi teringat juga aku terbengong2 liat mbak Dewi makan semangka disendokin :)).

      Aku lagi otw pulang kerja nih, alhamdulillah ada Nesia liburan.. si Arda ada yg nganter jemput skolah 😛
      Makasih yaaaaa 😘😘😘

      1. Ooooohhh ituuu alasannya kenapa ada botol kecap bangooo di mejamu.. Aku baru tau kamu emang beneran ngefans bakmi hahahha..
        oh iyaa bakmi boy.. yg kalau jajan sering nebeng mas buooyy..

        Iya.. Membandingkan mejaku dengan mejamu sungguh bagaikan langit dan bumi ya Dil.. yg satu penuh tempelen twilight dan mba Kstew.. yg sebelah mejanya rapi bersih dan ada sebotol kecap..

        oh dan ada kaca spion di atas pembatas kubikel kitaa.. ya ampunn jadi kangeeen pojokan lantai dua ituu..

        Ah enaknya ada adek cewek.. itu aku tuh,kalau di ygy.. walaupun udah punya anak pun tetep diberdayakan mbakku suruh antar jemput ponakan.. heuuuuu

  7. dan sesungguhnya mas anang adalah mantan eik yg anak yujiem yang meninggal itu lho diiii.. uda pernah cerita deh kayaknya 😅😅. mba2 fokes mbahas mie ayam ini 😅😅. aku juga kurang sukika sama bakmi mewah. mihil. tinggal nambah dikit dapet mie ayam beneran yekan? iiih kamyu rajin ya buat mie ayam sendokir. udahlah order mie ayam golek idolakyuuu sama kang go jek, kelar urusan 😅😅😅😅

    1. Hahhh.. pernaaaah2, ternyata mas mantan namanya itu too. Dari mas anang ke mas Pasha ya ehe ehe. Sudah ah fokus 🙈. Kalo menurut ogut sih mendingan beli miayam beneran, lebih puassss dan diracik sendokir sama abangnya. Sampe keselek aku denger kata sendokir muncul lagi di era ini. Iya era ini! 😂😂😂😂

  8. Di Den Haag ada warung mie ayam yang supeeerrr enak. Mie nya homemade jadi beda rasanya. Trus variannya banyak, aku biasanya yg vegetarian, isinya jamur sama tahu dan kuahnya dari jamur. Kalau ga ingat belinya pakai duit, bisa tiap hari nongkrong di sana haha. Akhirnya coba2 bikin sendiri, bisa lah meskipun rasa masih kalah. Minyak aku pakai minyak bawang Dil, kerasa aroma bawangnya mak nyusss.

    1. Whaainiii! Kalo mie nya homemade pasti jauh lebih enak ya, Den! 😋😋. Berapa kalo boleh tau seporsinya?

      Sepertinya aku mau bikin minyak bawang aja Den, soalnya kalo pake kulit ayam tuh fatty banget ya. Minyak bawang juga gak kalah sedep kok, resto tempatku kerja pake itu juga. Tapi nanti bumbunya ada mecinnya dikit 😂🙈. Aku udah lama sih nggak bikin mie ayam sendiri, boleh kali ya Den pas weekend gitu 😋

  9. Mas Anang katanya yes kalau di bayar buat iklan bakmie mevvah mba bund hahahaha ><

    Aku juga B aja sih buat bakmie itu, aku lebih ngiler liat tampilan buatan mba bun. Seabreg, sehat (insya Allah), gretong lagi, ih aku sih yes banget. Gatau ya kalau mas Anang~

  10. Sesama pencinta mie ayaam toss dlu laahh.. btw makasih resepnyaa yaak.. kapan2 kalo ada waktu mau nikin sendiri jugaa.. kalo miea ayam2 abang2 itu emg kuncinya di kuah/bumbu kuning. Kalo gak kuning, dijamin rasa kirang nendang.. hahhaa…

  11. Uopooo iki..merendahkan bakmi mewah meninggikan bakmi Mumun😂😂
    Jelas lebih enak Bakmi mu, Dil..
    Mas Anang pasti setuju😽
    Hail to Jenk Mumun, hihihi..

    1. Huahhahaha ampoonnn, sebenernya meninggikan mie ayam abang2 karena itulah mie ayam yang HQQ. Tapi adanya mie ayam neng mumun 🙈. Kuingin mie ayam di siang hari bolong jadinyaaa 😂😋

  12. Toss. Aku juga penyontek resep diah didi. Menurutku mie mewah = mie ayam nanggung antara indomie & mie ayam. Aku pun pilih beli aja mie ayam langganan atau kalo kesambet rajinnya, bikin seperti resepmu juga.

    1. Iyaaa nanggung yak, Fran. Aku kalo di Indonesia jelas beli aja kayaknya.. soalnya pemalesan aku bikin kalo ada yang jual 🙈😂. Resep2 nya mbak Diah didi tuh kayaknya emang paling josss yak buat diikutin hihihi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s