Tragedi Dapur

Penting gak penting, tetep harus di tulis.. siapa tau ada yang bisa mengambil hikmah dari kejadian2 yang saya tulis ini, yekaaaan? Kejadiannya sih udah sejak dua hari lalu.. tapi baru sanggup nulis sekarang. Segitu trauma kah?? O tentu tidak, seminggu terakhir masih jadi fakir wifi gara2 kuota bulanan habis sebelum waktunya. Kirain cuma bunga aja yang layu sebelum berkembang.. ternyata.. Iya neng, iyha.. :’). 

Ada tiga peristiwa besaaaaarrrr yang saya alami di dapur dalam kurun waktu 6 tahun, dari sejak awal saya berkecimpung di dunia yang keras ini sampai sekarang.

2011

Saya masih mbak2 kantoran.. masih cupu dalam hal masak memasak. Masak udang goreng tepung penampilannya kece banget, kuning keemasan menjurus eksotis layaknya buah tropis. Menggoda! Setelah di gigit dalemnya masih mentah, zonk. Pada suatu hari saya ke dapur pagi2, ceritanya mau bawa bekal ke kantor. Tupperware berisi otak2 beli di abang sayur saya keluarkan dari freezer kost-an. Kemudian saya manasin panci berisi minyak di atas kompor. Setelah minyak panas, saya cemplungin otak2nya. Yang tau atau bisa masak pasti udah tau lanjutannya. Yes, otak2nya meledak. MELEDAK. Seolah nggak cukup, habis itu dia menculat alias terlempar ke arah… saya. Cipratan minyaknya terbagi ke arah leher dan yang paling parah ke lengan kanan saya, soalnya pagi itu saya pake baju tanpa lengan. Rasa panas menjalaaaaar dengan cepat, terus langsung saya siram air mengalir. Pinteeeer.. sayangnya nggak. Malah saya oles odol! 😭. Habis itu luka di lengan saya melepuuuuh. Saya berangkat ke kantor, absen dulu terus langsung ijin ke RSPP dan menuju ke dokter spesialis kulit. Luka saya di kopek (di kurek2 gitu deh pake alat), terus dikasih obat dan di perban. Abisnya 600 ribuan saat itu, nyesekkk. 

Catatan: otak2 nggak boleh di goreng dalam keadaan masih beku atau dingin. Diamkan sampai suhu ruang, kemudian potong2, baru di goreng. Entah ini tips umum atau memang saya yang dulu terlalu dodol sebagai newbie nggak ngerti hal beginian :’).

2014

Udah jadi Ibu2, dan saat itu Ibu saya alias Eyang putrinya bocil lagi main ke Jakarta. Saya mau masak buat makan siang, udah mayan lah yaaa masaknya bukan newbie lagi ehe ehe. Masak apa yaaa, tahu telur aaah. Tahu telur ala2 sih.. saya punya tahu putih (tofu), saya hancurkan dengan garpu kemudian campur dengan telur yang sudah dikocok lepas. Adonan ini nantinya akan di goreng di minyak panas SAMPAI TERENDAM, kemudian kalau sudah matang di siram bumbu pecel deh. Nah, karena ngirit.. saya kalo nggoreng tahu telur ini minyaknya secukupnya, jadi si adonan nggak sampai terendam. Kenapa sih harus sampai terendam gitu? Supaya matangnya merata tanpa harus membalik tahu telur yang rapuh.. Kebayang dong situasinya, saya mau ngebalik tahu telur supaya sisi bawahnya matang juga. Lalu, ketika di balik.. PYAAAKK.. tahu telurnya terhempas kencang dan lagi lagi si minyak panas muncrat ke.. kali ini muka saya. Aaaaarrgghhh! Beberapa titik lepuh ada di jidat, hidung dan pipi. Sekarang udah pinteran.. muka langsung dibawa ke keran cucian piring dan aliri air tanpa henti. Setelah itu saya oles pake Egyptian Magic Cream si krim serbaguna. Luka itu memerah, untuk kemudian menghitam.. lalu mengering seperti daun di musim gugur.


Catatan
: ngiritlah pada tempatnya.. resep masakan itu seharusnya sudah mempertimbangkan sebab akibat juga dalam langkah pembuatan. Kalo emang kudu digoreng kerendem minyak ya banyakin minyaknya.. mau ngirit malah jadi amsyong kan muka belang. Untung lagi nggak ada jadwal syuting.. ehe ehe.

2017, dua hari lalu

Setiap bulan Desember – Januari, ada chef dan asisten chef yang in charge di restoran tempat saya kerja, dua2nya perempuan. Mereka ini sebenarnya pegawai resto cabang satunya, pindah untuk menggantikan dua chef laki2 yang mudik tahunan ke Indonesia. Kerja bareng dua Ibu2 ini seru, seru makannya maksudnya. Setiap mulai kerja nyambel duluuuu, sambel terasi puedes. Biasanya kalo di rumah, saya selalu bikin sambel dengan cara menggoreng bahan2 terlebih dahulu, cabe diiris2 supaya nggak meledak saat di goreng, kemudian baru di uleg beserta bahan2 lain. Nah, kalo duo Ibu2 ini nggak.. cabe rawit di rebus untuk menghilangkan pahit. Kemudian di campur terasi yang sudah di gongso (di panaskan di pan tanpa minyak) terlebih dahulu, lalu di uleg sampai halus. Nah, dua hari lalu kan suami saya Ultah.. bikin nasi kuning dong. Tapi saya nggak bikin sambel karena udah keburu males.. pas mau makan malam baru deh brasa ada yang kurang. Nyambel aaah.. alih2 bikin sambel kaya biasanya, saya rebus segenggam cabe rawit dan nggongso terasi. Setelah semua bahan beres dan tertata di cobek, saya langsung uleg.. tiba2 CROOOOTT, keluar cairan dari cabe rawit terciprat kencang ke mata kiri dan muka saya! “PA, TOLOOONG.. TOLOOONG!” Saya merem gak berani melek karena perih dan pedes banget matanya. Eh, bedanya apa ya? Suami saya langsung ke dapur, saya jalan sambil tetep merem ke arah kamar mandi, suami ngintilin.. langsung saya naik ke baththub dan nyalain keran bawah, muka saya basuh.. PANAAASSS banget, aseli :(. Suami saya bilang “melek matanya ya, dibasuh.. it’s ok u’ll be fine” hiks.. saya masih merem, pelan2 saya buka.. OUUUUCHH, perih banget! Tapi tetep saya buka mata dan basuh dengan air pelan2 sampai rasa perih dan panasnya nggak terlalu berasa. Habis itu suami sediain Insto untuk netesin mata. Bukan hanya mata saya, muka dan leher saya rasanya panas.. saya basahi handuk kecil dan kompres muka dan leher dengan itu. Nggak lupa saya semprot muka saya dengan Thermal water spray.

Beli nya diskonan jadi di abuse
Lebaaay banget makenya, ada kali setengah botol. Kalo belinya buy one get one emang makenya suka semena2. Yaksip.

Catatan: hmmm, apa ya yang kira2 bisa dijadikan catatan dan hikmah dari cerita terakhir ini? *mikir*

Advertisements

83 thoughts on “Tragedi Dapur

    1. Aduh Shiqa, melas tapi lucu ya :))). Btw, abis mataku agak mendingan aku kedapur lagi lohhh mau lanjut nguleg, pake kacamata! Jadi idemu ini rasional :))

    1. Betul Winny, ikan tuh juga seremmmm… di sini aku nggak pernah masak ikan, pasti beliii.. jadi gak pernah tragedi. Emang jangan lupa ditutup sih kuncinya :p

  1. hikmahnya harus hati – hati kaaaa… tenang, aku juga pernah ko kena mejretan (apa sih bahasanya hahaa) cabe pas lagi nguleg bikin sambel. rasanya mata ini sakitttt. bukan perih lagi. sakittttt

  2. tragedi dapur yang paling heits di republik cinta cibubur, https://santistory.wordpress.com/2016/05/29/tragedi-ikan-mujaer/ !
    saking gemesnya sama si wajan, dibuang lho itu wajan sama suami. you hurt my wife, you tak buang lah πŸ˜€ .
    yang doi ga tau, abis dibuang ke tempat sampah, wajannya tak ambil lagi. sayang amat yekan dibuang gitu aja πŸ˜€
    lesson learned, kalo nggoreng ikan, jangan pake wajan teflon. semacem kurang rigid dan seimbang gitu πŸ˜€

    1. Saaaaan, nggoreng ikan emang horror! Enaknya pake wajan yang guuwwede dan cekung. Abang Pasha sigap sekali yaaaa membuang si wajan durjana πŸ˜‚πŸ˜‚. Nanti aku baca ah, tragedi mujaernya.. ealaaaah :))

  3. Pelajarannya : klo mo nyambel, kasih Ibu2 itu aja bikinnya..serahkan urusan pada ahlinya gitu DilπŸ™Š
    #saran mak2 gak bisa nyambel

    Aq dulu bbrp kali masak heboh krn gak sengaja memicu alarm flat, untung Pak DamKar gak sampe datengin kita..😝

    1. Maunya gitu ya, pas pengen sambel.. pas ada yg nyambelin.. pas bokek.. pas ada yang nransferin.. #yakeles.

      Huahhahaha mbak Ziiiii, pasti asapnya ngebul2 sampe alarm bunyi, soale aku jg pernah πŸ˜‚πŸ˜‚.

  4. Hahahaha aku sering kayak gitu, goreng goreng terus meledak. Teriak teriak, ditolongin sumamik. Seringkali sumamik yg gantiin nggoreng. Pliss dont judge me as a istri yang durhaka bin durjana πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†
    Btw kalo mau rebus ato goreng cabe, cabenya dicuklek dulu kan ya? Biar cabenya ga meledak bin nggejrot.
    Btw IG nya mbak Dil kemandose? Kok ilang

    1. Aduhhhh Nanaaa, tosss doloo… tidaaak, kita bukan istri durjana kok. Kemaren aja akhirnya sambelnya yang nyelesaiin nguleg bapake :)). *toss*

      Ehh aku jadi tau loh, kalo mau direbus dicuklek dulu (((dicuklek))) πŸ˜‚. Kalo mau di goreng sih biasanya emang kuiris2 dulu. IG akoh lagi gak aktif, nanti kalo udah pengen mainan lagi baru di on in ehe ehe

    1. Iya Fran, benerrrr… makanya nih diambil hikmahnya aja lah ya. Mataku udah baikan dong alhamdulillah. Setelah dibasuh air berliter2 *lebayyy :))

  5. Aku salfok sama sambelnya πŸ˜€ Semenjak nggak sanggup lagi perut ini makan pedas-pedas, jadi gigit jari kalo liat sambal πŸ˜€
    Hikmah? Hmmm, apke tameng baja kalo masak?:D #dijitak

    1. Hi Eka, salam kenal yaaa.. eh panggil Eka aja bukan nih? ;). Kenapa udah gak bs makan sambel? Kalo aku adanya tobat sambel, kepedesan.. minum, mau nambah lagi πŸ˜‚. Kayaknya pake helm aja skalian kalo masak huhahaahhaha

      1. Ahahaha. Iya, panggila aja Eka. Ada masalah di perut trus abis itu puasa makan sambal abis itu nggak tahan aja kalo makan sambel walo nggak terlalu pedes. Nikmatilah sambal apapun, selagi bisaaaaa

  6. Dilaaaa aku ngiluuu mbayanginnyaaa… soalnya aku juga pernah kemuncratan cabe.. dan sama nyebelinnya kayak kena muncratan minyak goreng.. biasanya kalau begitu aku akan memberikan tatapan sebel ke suamik.. kenapa harus aku yang mengalami ini..

    padahal ini mungkin peringatan buat kita, supaya jangan goreng2-an terus ya.. yg kukus2 dan rebus itu yang sehat..

    dan walhasil akhirnya sekarang kalau goreng2 aku pakai tutup panci/wajan sebagai perisai.. haissshh

    1. Bener mbak Dewik! Sumpahhhh sakitnya sampe ke hati! *masih dendam*, trus tertohok lho emssss sama “makan jangan goreng2an terus yaa.. yang kukus2 dan rebus itu yang sehat”, enel uga ya.. kapan nihhhh dillll? πŸ˜‚πŸ˜‚

      Aku kalo nggoreng2 juga sedia perisai mbak, wediii aku keciprat minyak. Nguleg sambel cabe rebus gini juga pake kacamata aahh plus jurus memalingkan muka hissshh

      1. akupun dil.. dulu sempat jaman mpasi makan yg kukus2-an.. sampai akhirnya ikutan pedomanmu bahwa ikan kukus itu yeyek sekali.. karena kamu adalah tim #ikangoreng makanya semenjak saat itu aku jg selalu goreng ikan.. walhasil yo ngono kui.. bertempur tip goreng ikan high

  7. Waduuh pengalamannya lumayan juga ya Mbak. Eh tapi aku juga ga tau loh kalo otak2 itu ga boleh langsung cemplung kalo digoreng (thank you infonya, duly noted!). Semoga abis ini ga ada tragedi2 dapur lagi yaa

  8. Dila y ampun! Kebayang banget sama otak2 di freezer yg langsung masuk ke minyak panas πŸ˜–πŸ˜–πŸ˜–
    Aku pernah juga kena kasus sama cabe waktu lagi buat sambel tapi judulnya absent minded. Abis buat sambel kan duduk2 dulu sebelum jam makan malem. Aku lupaaaaa terus NGUPIL donk! Langsung deh itu hidung rasanya spt terbakar dr dalam huhuhuhu sampe kukumur pakai susu πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚β˜ΊοΈ

    1. HAHAHAHHAHAHAHAA! Aduh Maaaar, maap tapi aku malah ngakak banget nih tengah malem gara2 ngupil pedes πŸ˜‚. You made it dah ini, juaraaaa :)))

  9. Aduhh perih nya!! Hati hati Dila, aku jarang goreng2 hihi, tp aku paling benci klo musti potong bawang merah suka nangis. Tp belajar klo mau motong bawang banyak bawangnya ditaro freezer dulu sebentar br deh dipotong2, no more teary eyes!!:)

    1. Asiiikkk, ilmuuuuu yeaayy.. aku baru tau tuh biar nggak nangis ngupas bawang masukin freezer bentar. Thanks yak hihi.. sebenernya pernah dapet tips juga, pas ngiris sambil ngunyah permen karet.. yakeleeess tiap mau ngoseng2 kudu cari permen dulu πŸ˜‚πŸ™ˆ.

      Thank you ya, Oppie

  10. hikmah yang saya ambil dari cerita ini :
    1. beli udang goreng tepung di Hokben aja
    2.beli otak-otak di abang pinggir jalan aja
    3. beli abon cabe aja
    *trus disambit wajan sama Dilla*

    1. Kecocot oven juga gw mayan sering, Jo! Haissss ini emang dasarnya hobi tragedi di dapur πŸ˜‚πŸ˜‚. Yuk kita bikin trending nihhh kecocot oven :p

  11. Memang cerita seputar dapur itu lucu dan konyol ya. Banyak pasti yang punya pengalaman yang sama. Aku juga sering kecipratan minyak panas, keciprat cabe bahkan pernah bulu mata terbakar karena terlalu deket buka pintu oven temperatur 300 derajat Celsius. Sing penting untungnya ngga apa-apa ya, maksudnya ngga sampe luka parah ya.TFS πŸ™‚

    1. Banget mbak Yo, aku nggak nyangka kalo mbak Yoyen pernah bulu matanya terbakar gara2 oven. Kalo aku keslomot sering. Tapi 3 yang kuceritakan ini yang paling membekas sih memang ;). Betullll sing penting gpp, trus malah bisa jadi pelajaran.. terus malah jadi tambah ilmu di kolom komen ini gimana ngerebus cabe biar kalo diuleg gak moncrot airnya. Salah satu yang kusuka dari blogging nih mbak Yo, sharing cerita ehh dapet ilmu. Thanks komennya ya 😊

  12. yawlaaaa Dila.. aku kalau goreng2 pun masih tetep ngeri kecipratan , bila perlu sutilnya super panjang aja wkwkwkw.. tapi kalau gak keciprat ( dikittt aja yaaa tapinya ) katanya belum bisa masak, hehe.. Semoga lain kali gak kejadian lagi yaaa.. cukup 3 kali ajaa..

    1. Aku kalo yang keciprat2 kecil gitu udah kaya makanan sehari2, Inlyyy.. apalagi kerja di dapur resto. Hwaaa πŸ˜‚. Tapi kalo yang gede begini alhamdulillah jaraaaang, jangan sampe lagii peliiiss πŸ˜‚. Betul inly, sutil super panjang itu penyelamat kayaknya :)))

  13. Astagaaa Dilaaa, baru baca cerita ini, koq ya ngilu banget siiihh… trus kenapa yg jadi sasaran mata teruss.. gak lucu kan kalo masak mesti pinjam kacamata nya tukang las yg super gede itu,… hehehe..
    aku kalo goreng otak2 ya sampe sekarang juga sampe muncrat2 gitu minyaknnya, siasatinnya di tuutp trus pake api kecil deh. tapi kdg suka gak sabar dibuka-buka juga.

    1. Iya Elllll, aku aja kalo kebayang masih cenat cenut lhooo.. takut yes, mata gitu loh. Tapi alhamdulillah gpp sih πŸ™πŸΌπŸ˜­. Tapi emang abis itu aku ambil kacamataaaa mau lanjutin nguleg, walopun ternyata udah ada yang lanjut ngulegin :)).

      Iya El, benerrrr kalo nggoreng otak2 tutupin gitu pake tutup wajan. Tapi iya emsss gatel ngebuka2. Sama aja nih kita:p

  14. Yaa..Allah mba dila..ngilu amat ceritanya. Sy yg minim pengalaman soal dapur jadi tambah ilmu. Next time kalau mau ulek sambel pake kacamata aja, biar gaya.. hehehe.. btw temanku ada yg kalau lg menggoreng, pake helm sebagai pengaman.. wkwkwk

    1. Iya mbak Caca 😭. Ehh, ada temenku yang gitu juga. Kalo nggoreng (terutama ikan) pake jaket ama helm! :))))). Aku pikir di dunia ini cuma dia yang begitu, ternyata ada juga yang lainnnnnn lol

  15. ketawa saya mbak baca cerita ini… tapi lebih tepatnya sedang menertawakan diri sendiri… hahaha …..ini kejadian paling seriiing saya alami, udah bertahun tahun masak ala kadarnya tapi tetap judulnya heboh kalau urusan goreng menggoreng

  16. haha…tetap semangat ya mba…jadi ingat waktu kecil belajar masak gorengan selalu dilempar dari jarak jauh (sudah memperhitungkan sudut). jaman skrg mirip2lah kayak game angry bird.. itu masak atau belajar lemar granat…?

  17. Mba bund, aku ketawa masa pas baca. Maapin ya 😦 abis lucuk, tapi sedih sih soalnya mba bund terluka hiks. Aku baru tau kalau otak2 harus didiemin dulu gitu, baru tauuu karena emang ga pernah beli frozen, cukup jajan yang udah mateng aja diluaran sana.

    Lalu, itu sambel nguleknya pake tenaga apaan sampe muncrat segala? Coba pelan2 penuh kasih sayang dan cinta coba mba hahaha. Mamaku sih kalau nyambel di blender mba, soalnya suka sekalian banyak nyambelnya. Nanti makan secukupnya, sisanya dimasukin semacam tupperware terus simpen dikulkas. Nanti kalau mau makan sambel tinggal diangetin ajaaaa. Tapi syarat dimasukin kulkas, nyambelnya gak pake tomat gitu, biar ga asem katanya. Dikasih tomat pas lagi ngangetin sambel aja pas mau makan. Gitu.

    Penting gak sih komenku ini? Hahahahaha kalau ga penting dan tidak berfaedah yaudala gapapa wkwkk

    1. Pake tenaga dalam, Fasya! :)))). Penting bangetttt lho ini komennyaaaaa, di Indonesia aku biasa mblender sambel gitu, terus dibotolin kaca. Tapi disini malah lebih seneng nguleg pake cobek.. mungkin karena disini cobek itu benda eksotis jadi daku senang saat ulegan menumbuk cabe dan bawang.

      Coba lihat, yang ga penting dan tidak berfaedah malah balesan komen aku yah? :’)))

  18. pengalaman yang sama dengan otak2 Dilla,
    tapi biarpun udah nggak dinginmasih meletus aja deh, lama banget udah nggak beli otak2 lagi ha.. ha..
    trauma deh
    kalau teman kosku dulu pakai tutup panci buat nutupin mukanya ha.. ha..

    1. Waaaah toss mbak Monda, walaupun toss nya buat hal begini πŸ™ˆ. Kalo otak2nya nggak dingin, dipotong2 dulu katanya biar nggak meledak. Akupun sekarang selalu pegang tutup panci buat nutupin muka kalo lagi nggoreng lol πŸ™ˆπŸ™ˆπŸ™ˆ

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s