Mencoba untuk lari

Bukan lari dari kenyataan kok. Alhamdulillah walau hidup nggak selalu semanis gulali, tapi syukur jangan sampai terlupa dipanjatkan ke sang pencipta πŸ™πŸΌπŸ˜Š. Judulnya mengacu ke lari pagi nih. Diawali dengan cerita sakit saya sampe dibawa ke hospital di SINI. Terus jadi tertohok karena badan sampai kasih alarm kalo ada sesuatu yang perlu dibenahi. Sampai kurang lebih awal bulan lalu saya dapet “pencerahan” lagi. 

Disini saya lumayan rutin ikut Pengajian Aisyah. Pengajian terakhir yang saya ikuti pembicaranya adalah Ibu Dokter dan temanya tentang hidup sehat ala rosul, yang mana sebenarnya beberapa prinsip pokoknya sudah saya lakukan selama tahun 2010-2013. Karena saya ikutan Mbak Dewi yang menerapkan Food combining, walau saya nggak se taat mbakyu satu itu sih. Masih makan karbo + protein, padahal sebenernya dua itu seharusnya jangan dicampur. Kemarin pas pengajian dibahas lengkap, mengenai asupan makanan yang masuk dan pengaruhnya terhadap tubuh. Bagaimana menjaga asupan yang masuk ke dalamnya supaya terserap dengan sempurna. Tidak makan berlebihan karena bisa jadi penyakit. Lalu pentingnya mengatur pola makan sesuai irama sirkadian yaitu:

ZONA SATU. 4am – 12am : waktunya pembuangan
ZONA DUA. 1pm – 7pm : waktunya penyerapan

ZONA TIGA. 80m – 3am : waktunya pengolahan

Sehingga di zona satu, ketika bangun tidur.. ada baiknya untuk “menghadiahi” liver dengan air hangat dan jeruk nipis / lemon (sifatnya basa) setelah dia bekerja, supaya liver segar dan pencernaan lancar. Kemudian tidak sarapan yang “berat” seperti karbo, karena akan susah di olah. Makanan yang paling mudah cerna adalah buah. Atau kalau mau makan “berat”, pilihlah makanan dengan indeks glikemik yang rendah seperti gandum. Kemudian selanjutnya tubuh dilatih mengikuti irama sirkadian. Nggak makan malam diatas jam 7 malam misalnya, karena itu saatnya pengolahan.. kasian kalo dimasuki makanan lagi. Semoga penjelasan saya yang singkat ini nggak salah. Ironisnya semua ini saya lakukan rutin beberapa tahun lalu dan memang badan “enteng” sekali rasanya. Bonusnya langsing dan seger.. hamilpun saya tetap melakukan food combining kala itu, hamil sehat dan badan tetap langsing plus setelah lahiran langsung balik lagi ke bb jaman gadis. Balik melarnya lagi gak perlu lah untuk diceritakan.. terlalu pedih untuk diingat πŸ˜‚πŸ”ͺ. 

Kemudian waktu itu juga ada diabetic screening, berupa kuesioner yang memiliki skor untuk masing2 jawaban. Hasil screening saya intermediate sih, tapi menjadi keturunan langsung dari penderita diabetes (alm Bapak) mambuat saya mendapat skor tinggi yang nggak bisa dielakkan. Ada dua hal yang bisa saya kurangi skornya yaitu di pola makan dan olah raga. Pola makan ya mengurangi gula ya. Gula nggak cuma yang manis2, tapi inilah yang selama ini jadi momok saya sebagai orang Indonesia.. dan saya yakin banyak temannya: gak bisa gak makan nasi (putih). Sampe2 setahunan lalu waktu baru pindah ke Melbourne diniatin ngulik warung nasi, ceritanya di SINI ya. Bener2 harus bulatkan niat banget untuk hijrah ke nasi merah nih. 

Olahraga kardio, idealnya dilakukan 30 menit, 5 kali dalam seminggu. Tadinya saya pikir jalan kaki saja cukup lah.. tapi ternyata saya butuh bergerak sampai terengah2 dan mengeluarkan keringat. Apalagi winter kemarin saya nggak terlalu sering jalan kaki karena menggigil bangeeeet di luar. Sepulang pengajian saya cerita sama suami tentang tema hari itu. Lalu besoknya saya coba untuk memulai hari pertama untuk lari. Awalnya pemanasan dulu biar badan nggak kaku, kemudian jalan cepat, baru lari. Hari pertama sih masih terengah-engah dan banyakan jalan cepatnya. Terakhir saya lumayan rutin lari ya sebelum berangkat kesini, berarti udah 1 tahun lebih nggak ngelakuin. Kecuali lari nguber tram diitung yaaaa bisyaaa bisya lah yaww..

Turun dari apt, ngelewatin rumah tetangga
Rute lari dua blok dari rumah
Iseng banget potoin gugur bunga
Dari yang awalnya lari non-stop hanya kuat satu blok, lanjut jalan cepat.. lama2 naik jadi dua blok, baru jalan lagi. Rasanya seneng banget, kaya yang bisa naklukin diri sendiri.
Awalnya cerah
Kemudian mendung
Tantangan untuk lari pagi di Melbourne buat saya adalah cuaca. Seperti yang pernah saya tulis di SINI soal labilnya cuaca Melbourne. Suatu pagi jam 6:15, saya keluar dengan legging tebal dan baju rangkap juga winter jaket (padahal udah spring). Hoodie saya pakai menutupi jilbab. Earpod disumpel ke telinga dan setel musik dari Spotify, terakhir pake sepatu lari. Udara dingin, tapi enak angin sepoi lah.. matahari juga udah nongol dengan sinar lumayan terang. Begitu lari dua blok ngiterin daerah rumah, tiba2 dong gerimis mengundang. Akhirnya saya cari rute ke dekat jalan raya, karena sekelilingnya pertokoan jadi saya bisa lari tanpa kehujanan. Eh tiba2 gerimisnya ilang.. saya pindah rute ke alam bebas, maksudnya yang nggak ber atap :p. Lhadalah kok tiba2 ujan deres. DERES YANG DERES BANGET sampe kalopun ngiyup kayaknya tetep kena tampias air. Yassalam. Akhirnya saya mengakali dengan nggak lari terlalu pagi, jam 7an pas lah.. udara enak dan nggak labil. Macam pawang aja sih.. kadang2 saya emang suka sotoy, eh tapi beneran kalo lari di atas jam 7 pagi cuaca cenderung stabil. Alhamdulillah sampai sekarang masih stabil lari 20-30 menit, 5x dalam seminggu, semoga langkah kecil membawa perubahan besar. Oiya, satu lagi.. lari sambil denger musik menurut saya menambah semangat banget. Playlist favorit saya:

~ Bruno mars – 24k magic

~ Cheat codes – let me hold u (turn me up)

~ The chainsmokers – semua lagunya

~ Coldplay – hymn for the weekend remix

~ James arthur – say you won’t let go

~ SIA – the Greatest

Ada yang hobi lari sambil dengerin musik juga kah? Sharing dongπŸ™‚

35 thoughts on “Mencoba untuk lari

  1. saya kok belum tergerak hati untuk olahraga ya..😦 padahal perlu banget ini. biasanya sih, kalau lari nggak. tapi pilih renang itupun sebulan paling juga sekali.

      1. Ini nanti akhir bulan ini or desember aku mau ndaftar les brenang sama si bocil dong. Target balik Indonesia udah bs brenang. Doakan sayaaaaa πŸ˜‚πŸ’ͺ🏼

      2. Iyyaa mbaaakk.. moga2 ndang bisa. Sy dr kecil dicemplungin kolam sm ibuk alasannya, “nanti kalau gede supaya nggak malu kalau sama teman2nya main, terus nggak bs renang sendiri.” πŸ˜†

  2. Kmrn dari kantor sempet pendidikan militer, dan disuruh pemanasan dengan push up 10 kali, sit up 10 kali udah ngos-ngosan Kak. πŸ˜‚ cupu banget badan rasanya. Emang bener musti olahraga nih yaaa *menuju badan Andien 2017
    Aku nyontek playistnya ya Kak, siapa tau mau mulai lari *yang penting niat dulu πŸ˜„

    1. Ata PNS ya? Soalnya suamiku dulu juga ada tuh yang lari2 gitu sama push up2 hihihi..

      Kalo kaya Andien kayaknya no hope nih aku Taaa, tp ayuklah olahraga, sama buat aku ganti nasi merah nih yg susah banget πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

  3. Wah, dirimu larinya rajiiinn Dil 5 kali seminggu. Aku maksimal 3 kali seminggu, sisanya renang, sepedahan dan gym. Seneng Dit aku baca ceritamu ini. Motivasi hidup sehat lebih utama karena berat badan itu bonus. Toss Dit sesama Food Combining 😍 tahun ini aku sudah 8 tahun, tapi cheating kalo weekend haha!

      1. Denyy.. tapi aku gak ada OR lain, berenang gak bisa (MALUNYA), sepeda gak punya n gak beli (susah jg naruhnya krn disini tinggal di apt n aksesnya tanggaπŸ˜›. Btw, akupun suka gak sempet Den. Makanya ngakali lari nya pulang kerja dan setelah istirahat n ngelakuin kewajiban di rumah. Kaya sore ini stgh 6 jalan, balik 6.20. Udah menjelang summer kan.. maghrib aja jam 8 malem hehehe.. Hebat Den FC nya konsisten, doakan aku yaaa.. paling gak jalan cepat/ lari nya konsisten dulu nihπŸ˜‰

      2. Aku renang yo lek sedang mood Dil haha. Sebulan sekali lah. Sepedahan kalo pas jadwal kerja 2-3 kali seminggu. PP 23km. Lak lumayan iku gawe ngelemesno dengkul haha. Senam di rumah Dil, ndelok yutub. Lumayan kemringet. Plus kita sebagai perantau ini bisa sambil ngerjain pekerjaan RT ya haha. Kan olahraga iku bergerak seluruh badan πŸ˜… sing penting konsisten Dil, bolong sitik2 gpp, engko ditambal 😁 Semangat Dil hidup sehat!πŸ’ͺ🏿

      3. Btw aku ada rencana mau les brenang Den, akhir bulan ini or desember nanti nunggu panas pokoknya.. soalnya berenang kan life skill yamosok sampe 30 tahun ples kok gak bisa πŸ˜‚. Doakan ya Den, mamanya temenku kesini les dan semingguan udah bisa gaya macem2 huahhahaaha.. motivasi buat akuuu. Iya, kerjaku juga mayan kemringet tuh lumayaaan.. plus pekerjaan RT digarap sendiri bikin kita bergerak terus. Makasih ya Deeennn, penyemangatku selalu! 😘

  4. Saya udah nggak olahraga lamaaa banget. Pernah nyoba kelililing desa dan hasilnya ngos-ngosan plus banyak jalannya. Baru tahun depan mau rutin lari lagi kayak waktu muda. Sekarang masih istirahat pasca sakit.

    1. Waaaah, yang penting penyembuhan dulu ya Shiqa… kalo udah bs mulai nyicil olahraga lagi. Akupun masih ecek2 banget nih, demi hidup sehat ajaπŸ˜‰. Semangat yaaaa!

  5. Aku gak kuat lari, Mbak. Tempurung lututku bermasalah. Jadinya jalan cepet aja. Heheh. Tapi gak sukak pakek dengerin musik. Takut diklakson angkot. Kan kaget Dedek! Buahahak :p

    Btw, aku nih dah lama gak FC lagi. Badan jadi makin gembul. Huhuhu😦

    1. Hahahahahhaa, yakelesss larinya di tengah jalan ah Beb! *jawillll dagu eneng*. Akupunnnn Beb, yuk FC lagiiii.. aku mau beli lemon sekarung mumpung disini lemon murah meriah ridho kaya anaknya bang Rhoma *ini ketularan Santi nihh bawa2 bang Rhoma hahahhaha.

      1. Abisnya di sini ada angkot sik di mana mana. Kalok mau ke taman mah modal naik motor dulu. Sayang bensin :p *anak kos irit*

        Iya yak, kenapa siiiiih di sana lemon tuh muraaaah??? Di sini 70rban nih sekilo. Bangkruuuut. πŸ˜₯

      2. Disini yang bikin bangkrut ya jeruk nipis πŸ˜‚. Kebalikan yaaak, syukuri aaapa yaaaang ada.. *sambil nyanyi mendayu2*. Nanti balik indo aku juga viva la jeniper lagi, jeruk nipis pereeess

  6. Rajinnyaaa. Aku dipaksa suami skipping. Ya Allah, udah kayak karung beras loncat. Mana engap banget. Liat suami, dia kayak ringan aja skipping. Tapi kalo aku kenapa beneran engap tiap 10 lompatan, sumpah *ya keberatan badanlah πŸ™ˆ

    1. Hahahaha masa siiih karung berasss, langsing gitu hihihi. Tapi memang katanya kalo udah 30+ metabolisme udah beda kaya twenty first lagi eaaaa.. makanya nih olahraga yg ga modal aja udahlah lari kayanya paling bener buat aku πŸ˜‚

  7. Hi mbak Dila semangat menjalani hidup sehatnyaπŸ˜€ olahraga tuh sebenernya nyandu bgt apalagi lari.. saya mulai lari 2tahun lalu, awal2 cuma kuat 15mnt udah mau pengsan terus sampe 3bulan kuat 2 jam ngga berenti. Sekarang pilih pilates + xhit dirumah krn pake jilbab besar nanti disangka ninja lariπŸ˜€ boleh kapan2 di share menu food combining nyah mbak, biar menginsipirasi daku diet sehat!

    1. Salam kenal ya mbak Brenda!πŸ˜‰
      2 jam gak berhenti itu udah pro banget looohh. Aku masih brenti2 terus sih ini, tapi semoga bisa nyandu yah? Jangan nyandu makan mie ayam terussss.. olahraga juga dong wkwkwk. FC cm menerapkan makan buah ajaaaa belom ke makanannya nih huahhaha

      1. Salam kenal juga mbak Dila! 😁πŸ’ͺ
        Hihihi biar balance mba mie ayam lanjut olahraga lanjuttt πŸ˜‚ mie ayam lebih nyandu sih!
        Yg penting lariiii teruus mba, percayalah tiap hari jogging lama2 kakinya gerak sendiri tau2 udah 2 jam πŸ˜‚ hahhaha susah ya mba makanan enak tuh ngga ada lawannya hadeeh

  8. aku iri sama kalian2 yg di luar negeri, karena banyak taman yg asique buat lari2 dan udaranya seger. Di jkt ya begitulahh…tapi mau gimanah lagiii. Semangat ya larinyaaaa! Btw pake apps nike run gak? hihihi

    1. Jangan iri Diiitt, kamu juga seru piqnique mulu πŸ’ƒπŸΌ. Di jkt aku juga cuma mubeng di cluster sempit n jadi tontonan satpam πŸ˜‚. Btw aku cuma pake apple health sih awal2 disini buat ngitung sehari jalan brapa kilo (masih norak karena kemana2 jalan n sehari bisa 7-10km, duluuuu). Terus dulu pernah punya endomondo. Ni aku barusan download nike run kayak ga asik yak? Kalo bikin semangat mau deh ntar dipake terus hihihi

  9. aku juga FC tapi masih sering chetaing …
    haduuuh dikeplak deh, paling nggak tahan kalau liat ikan bakar plus sambel, pengennya dilahap pakai nasi anget
    wk.. wk… , tapi ini terus berusaha sih buat misahin karbo dan prothew

    semangat terus lari paginya

    1. Waduhh mbak Monda, ikan bakar plus sambelll… skrg aku ngiler deh nihhh jam 10.30 malem :’))). Aku juga masih susah banget mbak Mon buat makan protein gak pake karbo. Semangatin lari nya dulu nih, skrg kalo pagi gak nguber ku ganti soreπŸ˜‰

Leave a Reply

