Bikin sabun sendiri

Haloooo, sebelum bercerita.. Ijinkan saya mohon maaf lahir dan batin ya sama para blogger dan netizen. Kan katanya, potato chips without salt on the table. Relationship without a fault is impossible. Ejieee.. Kalo kata suami bos saya, Si Uncle, waktu saya minta maaf: “You don’t need to apologize to me, what mistakes? You always nice. But if u insist, give me $100 and i will forgive you“. Eaaa. Lanjut cerita yaaa..

Dua minggu lalu, saya booking seat untuk ikutan soap making course yang diadakan sama Laneway Learning. Saya tau si laneway ini gara2 liat postingan IG temen ketika dia ikutan class bikin meringue. Terus saya buka deh websitenya, jadi dia semacam kelas2 afterwork yang isinya macem2 banget. Bagian menariknya adalah harganya yang terjangkau. Kelas2 yang diadakan sama Laneway ini biayanya berkisar antara $14 – $25 lah. Jam nya tentu saja malem yaa, makanya bisa menekan biaya. Dari baking class, make-up, self healing, brewing kombucha, sampe burlesque! Saya pilih kelas soap making dengan biaya $20. Judul lengkapnya adalah “Soap making: two layer goat’s milk soap“. Saya dateng sama temen pengajian saya, namanya Ririd.. dan janjian di tempat course sama satu orang temen lagi namanya Dea. 

Oiya, jadi kelas soap making ini jadwalnya jam 6.15  – 7.30pm di sebuah cafΓ© di Sydney road. Nah, hari ini saya ada pengajian jam 3.30 – 6pm. Pas lah ya waktunya, abis maghrib cusss. Taunyaaa, pembicara di pengajian telat. Jadi jam 5.30pm tuh masih belom kelaaaaar. Akhirnya lima belas menit kemudian saya dan teman minta ijin pulang duluan, drop bocil dulu di rumah terus berangkat deh ke tempat kursusnya. Itu saya laper bangettt, soalnya belom sampe ke sesi makan kannn pas pengajian, baru ngemil2 nggragas bhuahhahaha. Di jalan bawa Mie Samyang, soalnya adanya itu di meja makan.. Alhasil malah megap2 kepedesan πŸ˜‚πŸ™ˆ. 

Alhamdulillah on time sampe kesana, langsung deh dibuka kelasnya. Tutornya adalah pharmacist yang berkecimpung di dunia kesehatan dan kecantikan, dia ahli dalam bikin body dan skin care *triiiing*. Yada yada yaddaaaa dijelasin deh base2 bikin sabun batangan gimana aja.. Ada yang bisa langsung jadi, ada yang proses 68 hari. Terus step2 bikinnya dan pengenalan bahan2. Jadi kali ini sabun yang dibikin adalah yang langsung jadi.. Bahan utamanya ada organic glycerin, dia bentuknya padat kaya keju dan mudah meleleh kaya butter. Ada dua macam glycerin, bening dan berwarna putih susu. 

Bahan lainnya ada rempah2 yang mau dimasukkan sebagai kandungan sabun, kalo tadi ada Calendula, cornflower (yang ungu2 di gambar di atas), walnut grind, sama loofah. Masing2 punya fungsi masing2, selain exfoliate.. Juga bisa mengobati gatal2 seperti eczema atau psosiaris. Kemudian ada essential oil, himalayan salt, food grade colouring sama goat’s milk dong tentunya. 

By the way, ada kejadian nggak menyenangkan juga lho tadi. Waktu sesi udah dimulai, ada mbak2 bule yang telat gitu deh, dia duduk di sebrang saya.. Terus pas udah mulai praktek, kami semua kan ninggalin meja untuk mencairkan glycerin di rice cooker yang ada di beberapa titik. Setelah meramu rempah dan glycerin, cairan kan di tuang ke dalam silicon mould. Satu tray silicon mould ada 6 kotak. Nah, di meja saya dan teman udah ada silicon mould yang sudah ada cairannya. Asumsi saya, itu punya teman saya karena letaknya ada di meja kami. Taunya bule cewek yang telat itu ngomong dengan nada ngeselin, dia bilang kalo itu silicon itu punya dia, kamu nuang2 aja disitu. Saya say sorry on the spot. Walaupun dalam hati mangkel juga sih, semua orang sharing silicon mould loh, dan naruhnya juga di meja masing2. Terus saya bilang lagi ke dia, ntar kalo udah kering bakalan aku ambil sabunnya dari situ. Eh dijawab, yaiyalah kamu kudu ambil biar gak nyampur sama punya aku. Woles aja shaaay *jejelin samyang feat.bon cabe*. Oiya saya tunjukin dulu sabun buatan saya yah:

Yang kiri itu isinya goat’s milk, parsley flakes, lemon essential oil dan green food grade colouring. Yang kanan itu sebenernya bukan gitu niat saya bentuk jadinya, tadinya mau di layering pake goat’s milk atasnya.. Jadi hasil akhirnya bakalan dua layer. Tapi gara2 abis itu silicon mould nya dikekepin mulu sama mbak bule jadi yaaa batal deh. Oh lanjut cerita yah, jadi setelah sabun mengeras.. Kami semua boleh bawa pulang sabun bikinan kami. Nggak lupa juga materi soap making class . Daaan mbak bule masih aja drama loh, ketika dia udah ambil semua sabun dia dari silicon mould, sisa punya saya aja kan. Saya bilang sama dia, aku ambil ya sabunku. Eh jawabnya nyolot, bisa nggak sih nunggu sampe aku selese mbungkus sabun aku. Wtf bangeeet, padahal saya emang nunggu dia bener2 selese baru ngambil punya saya. Mana satu sabun dibungkus pake 1 plastik, padahal yang lain mah 1 plastik buat semua sabun yang dibikin, which is rata2 satu orang bawa 2-3 sabun.. Si embak dapet empat plus yg kecil 2 lol, gak mau rugi banget πŸ˜‚. Yastrallaaah mungkin dese lagi PMS, abis itu juga langsung ngacir gak say bye sama tutor dan peserta lain. 

So far puas banget ikutan course yang diadain sama laneway learning ini. Tutornya baik dan bagus njelasinnya, pesertanya juga seru2 (at least di kelas ini). Laneway ini ada di Melbourne, Sydney, Brisbane dan Perth untuk di Australia. Ada juga di Auckland NZ dan Singapore! Saya berencana untuk ikut kelas yang menarik lagi nantinya, semoga ada 😊. Sekian cerita hari iniii 😊.

16 thoughts on “Bikin sabun sendiri

  1. Dila, minal aidin wal faizin yaπŸ™πŸ»

    Itu Laneway coursenya ada di Perth juga ya, baru tau. Coba ntar aku google, pengen juga ikutan yg simple course seperti ini. Thanks for sharing😘😘

    1. Mbak Riaaa, sama2 ya mbak. Mohon maaf lahir dan batin πŸ™πŸΌπŸ˜Š. Ayoo mbak, iya ada juga di Perth. Seru deh 1 – 2 jam gitu, aku pengen yang smokey eyes tapi udah full booked. Siiipp, sharing is caring 😊

  2. iih aku juga pernah tertarik bikin sabun homemade gitu.. pernah kepengen ikut kursusnya, tp disini mahal shaay, jutaan gitu deh. jd mundur teratur deh..jdnya cuma iseng liat liat di yutup aja cara bikinnya..dah pengen eksekusi sih tp males cari bahan bahannya. eh dijelasin dong step by step cara bikin sabun yg langsung jd. soalnya setauku sabun kan harus didiemin dulu berbulan bulan

    1. Iya Melll, aku juga senengnya youtuban si sabun ini. Rata2 kalo tutorial youtube itu memang yang 30-68 hari. Bahan utamanya itu organic glycerin, jadi dia akan langsung mengeras. Bahan2 lain suka2 kamu.. Kalo sempet aku update blog ku yaaaaa. Semalem excited langsung nulis hihihi 😊

  3. Mbak Dil, waktu liat sekilas foto ini di IG, aku mikirnya itu mbak Dil bikin semacam kue lumpur gitu, baru baca post ini baru ngeh kalo itu sabun. Duh maapkeun mata saya udah gagal paham πŸ˜†πŸ˜†
    Btw seru bgt ikutan kelas ginian

  4. dilaaaa cantiiik banget sabunnyaa.. udah bisa jd salah satu varian BeautyScrub itu..

    teruuuss itu mbak bulenya nyebeleiiiiinnn abis siiih. tp aku jd kamu jg pasti berlaku sama hihuhu..

    1. Beautyscrub udah mati nih mbaaak, nggak pake suri πŸ˜‚. Gak ada yg ngurus huhuhu. Semoga bisa idup lagi someday. Ini baunya enaaaak banget deh mbak, ngeramu sendiri essential oilnya. Rencana aku mau bikin lagi sendiri pake eo nya YL lol. Suwun yaa πŸ˜˜πŸ™πŸΌ

      1. Huhuhuhu.. apapun rencananya smg semua dilancarkan ya dil..

        ish kamu mah semua jago..bisa bikin semuaaa, mulai dr scrub, lulur,fte, lipbalm, masker sampai sabun.. kereeeen!!

Leave a Reply

