Cake “satuuu lagiiii, Ma”

Hi semua, apa kabar? Semoga baik2 aja semua yaaaa. Lama gak nulis, dan lagi amat sangat kepengen nulis tapi tiap lagi nulis terus ditinggal ngerjain yang lain terus lupa mau ngelanjutin. Mumpung weekend dan udah mandi sore, eum ralat.. Udah mandi, karena seharian emang belom hahaha.. Maka dengan semangat membara saya mau nulis biar otak gak butek, nulis resep aja ahhh πŸ˜‚ *kretekin jari* *jari ibu Sisca Suwitomo*. Eh, cerita dulu ah.. Kemaren siang tiba2 saya kepengeeeen banget pempek. Pempek dos aja sih yaaaa karena nggak punya pasta ikan. Ngomong bolak balik sama suami, “aku mau masak pempek ahhh“, begitu terus sampe sore. Terus habis makan malam suami nanya “masih laper nggak?” “Masih” saya jawab gitu.. “Yaudah mau makan apa lagi?” “Pempek” “Jadi? Ini tuh udah jam setengah 9, yaudah sana gerak kalo mau bikin“. Akhirnya jam segitu saya baru ngesot ke dapur dan nguprek2 hahahha. Alhasil jam 10 kurang baru beresss semua. Pempek, cuko sama rebusan bihun. Mau makan udah males πŸ˜‚. Akhirnya baru pagi tadi makan buat sarapan, yassalam. 

Terus2, sore ini saya sama bocil di rumah aja nggak kemana2. Abis ngangkat jemuran lidah saya pait pengen makan yang manis2. Saya tau alasan saya nggak nyambung, tapi gimana dong.. Dila anaknya emang gitu kalo udah pengen πŸ˜‚. Cek cek kulkas, punya susu pasteurisasi 2 liter. Terus cek deh resep2 cake pake susu. Nemu resep di Taste of home namanya Hot milk cake. Seperti biasa, modifikasi sana sini lah yaa sesuai bahan dan alat yang ada. Cemplang cemplung, jadi deh cake nya. Persiapan kurang lebih sepuluh menit. Manggang nya dua puluh lima menit. Ini dia penampakannya setelah jadi:


Setelah cake keluar dari oven, kecium bau butter yang alamaaak bikin dapur wangi ejiee πŸ˜‚. Saya potong dong kuenya, kesan pertama yang ditangkep adalah: soft dan milky. Terus saya ngayal kayaknya enak kalo di kasih fruity flavour deh cake nya. Cek cek eh adanya lemon. Terus saya bikin lemon glaze deh, tuang di atas cake. Oiya, resep lengkap Hot milk cake ala nengmumun saya tulis aja ya. 


Lemon Glazed Hot Milk Cake (tsaaaah)

Bahan cake:

2 butir telur

80 gr gula castor (gula halus)

1 sdt vanilla essence

270gr tepung terigu serbaguna

1 1/2 sdt baking powder

200ml susu cair

5 sdm butter

Bahan glaze:
200gr gula castor

7 sdm susu cair 

Perasan dari 1/2 – 1 buah lemon

Cara membuat cake:

Pertama2, campur susu dengan butter dan panaskan di pan sampai butter meleleh dan menyatu dengan susu. Bisa juga masukkan microwave selama satu menit, sisihkan.

Kocok telur dengan mixer menggunakan kecepatan tinggi selama 5 menit. Tambahkan gula castor dan vanilla essence, kocok kembali sampai adonan terasa ringan dan teksturnya lembut.

Masukkan terigu dan kocok kembali dengan kecepatan rendah. 

Masukkan campuran susu dan butter ke dalam adonan dan kocok kembali dengan mixer kecepatan rendah hingga tercampur jadi satu.

Spray loyang dengan minyak/ margarine, tuang adonan dan panggang dengan oven suhu 175 dercel selama kurang lebih 25 menit. Atau tes dengan tusuk sate, apabila adonan sudah matang segera keluarkan dari oven.

Cara membuat glaze: 

Kocok semua bahan dengan mixer kecepatan tinggi selama 2 menit. 

Penyajian:
Tuang glaze ke atas cake, potong2 dan cake siap disajikan. Selamat mencoba.

Mudah bukan? *ala ala presenter tipi*. Cake ini simple tapi emang butuh mixer sih biar jadinya lembuuuut. Untung dong saya punya lungsuran mixer dari kenalan yang udah for good, dan loyang juga.. Lah ternyata gak modal πŸ˜‚. Oiya, waktu lagi iris2 cake si bocil dateng ke dapur. Dia bilang “Ma, what are u making?” “Cake nak“, “Can i have some?” “Sure” sambil motongin satu slice. Dua menit kemudian, dia dateng lagi ke dapur bawa piring kosong “Ma, minta satu lagi abis itu udah” yeaaaa.. Kasih daah. Nggak berapa lama, “Ma, satu lagi ma satuuuuu lagi abis itu udah“, terus berasa deja vu πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚. Begitulah cerita baking sore ini, tak ada Mama yang tak girang saat makanan buatannya laku πŸ˜‚. Bikin yuk, gampang lho 😊. 

31 thoughts on “Cake “satuuu lagiiii, Ma”

  1. Iya itu kayak bu sisca suwitomo di TV kalo abis demo masak sambil bawa piring hasil memasak *zoom in* trus bu Sisca bilang “mudah bukan?” dan senyum manis khasnya aku suka acara Bu Sisca

    1. Waaaah kita satu angkataaaan! Ibu Sisca dengan jari2 nya yang menggemaskan ituuuu lol. Akupun penikmat acaranya tapi sekarang mustahil nemu acara macam itu lagi huhu

    1. *lari2 bawain keresek* hihihi, teteeeehhh apa kabaaaaarrr ih? 😚. Iya, manis2 cuma perlu satu slice aja, abis itu sikaaaattt pempek hihihi

      1. AlhamduliLlah baiik…belum sehat tp sudah jauh lebih baik meski ada lagi yg harus dihadapi…lho malah curhat 😊

        Pengen nyoba bikin empek2 dos aaah, ntar kapan2 ngintip resepnya yaaaa

  2. Wah Dila, bisa dicoba nih resep kuenya. Gampil ya resepnya, entah eksekusinya haha. Thanks resepnya. Aku kalo pempek enak yg lenjer Dil, hemat telor huahaha azas hemat. Itupun bikin dari kapan bulan sampai sekarang ga habis2 stok di freezer.

    1. Deeenn apa kabar? 😚. Sama2 yaaaa hayu dicoba. Oiya lenjer tinggal nggulung doang yak, bikin lenjer mini jg kemaren tapi ya namanya pempek dos kurang sedep krn gak pake ikan. Aku mau meniru caramu nyimpen di freezer aaaah πŸ˜‹

    1. Hahahahahahaa, dan aku baca lagi udah malem lol. Pempek dos mah bikin tinggal uwek2, ayo Dit.. Males mandi aja kan bukan males masak #dilarese #minta_di_dor πŸ˜‚πŸ”«

  3. Untung kemarin mama ku juga bikin pempek dos, Mbak. Kalau ga aku udah ngerusuh di blog Mbak Dila minta pertanggungjawaban. #yakaleee.hahahaha
    Aku juga suka gitu kok Mbak, bolak balik minta satu lagi, terus mamanya girang liat anaknya kayak kereta bolak-balik.:))

Leave a Reply

