Weather in Melbourne

Hi, selamat pagi dari melbourne! Di tengah tram yang sedang berjalan menuju city saya nulis aja dong daripada cuma bengong dengerin musik sambil ngelamun yang nggak2. Baru sadar kalo februari tahun kabisat udah berakhir kemarin, berarti usai sudah summer dan berganti dengan autumn. Sebagai manusia yang hidup dengan dua musim sedari kecil, tinggal di negara empat musim adalah hal baru dan membuat saya excited.. maklum lah anaknya kan norak 😁. Saya datang ke Melbourne waktu peralihan dari winter ke spring. Saat itu yang saya rasakan adalah DINGIN banget, dingin dan dingin dari ujung kepala sampe ujung kaki. Alasan tepat buat beli2 coat dan sepatu boots aneka model, sungguh alasan yang sangat mulia. Kemudian lepas november mulai deh dingin berganti dengan hangat..tapi nggak lama, abis itu PANAS! Iya panas semlenget itu lho yang bikin pipi kaya ditabokin, untungnya udah biasa #eh. Udah biasa nabokin pipi sendiri kalo lagi kebanyakan ngimpi. INI APAAN SIH NULIS KOK GAK FOKUS LEVEL KEBANGETAN *craaaayyy*.

autumn.jpg
foto diambil dari sini
Sebelum sampe Melb saya udah banyak baca2 blog dan denger2 cerita temen soal cuaca disini. Yang paling sering saya denger sih ungkapan “bukan Melbourne kalo nggak ekstrim (cuacanya)”. Tapi overall dari sepanjang tahun, 75% nya dingin lah.. Nah, tahun 2015 kemaren katanya termasuk lebih2 dari tahun sebelumnya. Winternya dingiiiiiiin banget sampe minus dan summernya panaaasssss banget. Saya ngerasain heatwave sampe 44 derajat, pas dapet shift kerja lagi fiuh.. Buat yang udah biasa tinggal di Eropa atau Asia timur yang juga punya empat musim mungkin cincai lah suhu segitu, nah sayaaa?? Biasanya ngerasain musim ujan, kemarau, musim duren ama kalo mau lebaran paling banter musim kawinπŸ˜€.

Terus soal cuaca yang labil. Bisa nih pagi dingiiiiiiin banget, salah satu contohnya saya nganter bocil terus brangkat kerja tuh jam 8.30 pagi. Pake jaket tebel laaah, siang ampe sorenya panas aja sodara2, malemnya ujan. Bisa juga hari ini around 16 derajat, besoknya 39 derajat.. alamakjaaaan. Bagusnya, kami disini bisa memantau cuaca pake weather apps yang di install di hape masing2 orang. Saya install aplikasi AccuWeather di hape. Kayaknya udah jadi bagian hidup untuk memantau cuaca, karena untuk melakukan aktivitas ini itu ya harus update cuaca. Prakiraan dari apps ini adalah cuaca sampai dua minggu ke depan. Kalo mau janjian sama orang di luar, cari hari yang cuacanya bersahabat, nggak ujan dan nggak puanassss. Begitu juga kalo mau nyuci baju, kalo hari itu udah liat prakiraannya ujan ya nggak jadi nggiling baju.. dan banyak lagi lah. Dulu pas belom ngeh ngecekin cuaca, ada kali tiga kali-an baju yang udah saya cuci dan jemur keujanan *sigh*.  

 Hari ini hari pertama autumn, seharusnya cuaca akan menjadi hangat dengan angin yang sejuk. Daun2 berubah jadi merah kemudian coklat. Tapi hari ini panasnya masih akan sampe 35 derajat. Kalo daun2an sih udah berasa bangeeeeet pada mengering. Soalnya resto tempat saya kerja kan di CBD dimana banyak pohon2 besar di tepi jalan, beuh.. itu ya daun2 kering banyak yang pada terbang dan masuk lewat kalo pintu lagi kebuka. Jadilah saya bolak balik nyapu :’))). Terus koleksi baju2 di pusat perbelanjaan udah mulai berubah juga. Kalo mau ngirit, saatnya beli2 baju summer alias yang mini2 dengan warna2 gonjreng karena harganya di diskon gila2 an. Seminggu yang lalu saya kalap beli baju2 diskonan di toko Hartono&Mulkijem, i mean bener2 diskonan yakkkk yang dari harga2 $75-90 trus cuma jadi $5 doang. Lima dollar buat beli nasi lauk rendang di resto saya kerja juga gak dapet, ini gara2 diskon edan ganti musim bisa dapet dress model punggung bolong!! Gak papa deh bolong, yang penting diskon bisa diakalin pake daleman manset panjang atau cardigan *mure* :))). Terus saya juga jadi punya prinsip: belilah baju winter di musim summer, begitupun sebaliknya. Niscaya kau akan menjadi umat yang selalu dilimpahi diskon. Kemudian saya merasa embuh :)).

Terlepas dari cuaca di Melbourne yang ekstrim dan nggemesin. Saya seneeeeeng banget sama udara disini. Mau dingin, ujan, bahkan panaaaas banget, udaranya tuh bersih. Berasa dapet privillege dalam hidup gitu deh. Kesannya lebay ya, tapi emang itu yang saya rasain. Topik cuaca juga jadi favorit banget kalo ngobrol sama Melburnians. Biasanya kalo lagi nongkrong sama mommy2 dan daddy2 gemets yang lagi pada ngangon bocils di taman. Udah deh, ngobrolin cuaca bisa jadi obrolan pembuka kemudian baru deh ngobrolin yang lain blaablaaablaaaa..

Segitu aja deh ceritanya, sebelum say bye saya mau post video dari youtube tentang weather in Melbourne hihihihi. Enjoy!πŸ™‚

28 thoughts on “Weather in Melbourne

  1. halo salaam kenal. saya biasa baca-baca blognya tapi ga komen abis buwanyak banget yg komen. Udah dini hari disini dan kebangun gara-gara hujan deres banget dan saya ga bisa tidur (penting ngasih tau:D). Disini sediskon-diskonnya kalo di rupiahin ga pernah sampe diharga segitu ya… selamat berburu diskon

  2. Halo Dila salam kenal sering baca-baca banyak banget yang komen saya sering urung ikut nimbrungπŸ˜€. Udah dini hari disini dan hujan deres banget ( sekedar apdet info). diskonan di HartonoDanMulkijem nya gila-gilaan, disini kayaknya ga bakal sampe seharga segitu deh ya kalo dirupiahin. Selamat berburu diskonπŸ˜€

    1. Hi Ru! Salam kenal juga yaaaa… 😊. Diskon parahnya udah nggak ada sih, kemarin iseng lagi mampir dan harganya nggak ada yg crazy lagi (walaupun masih tetep murah). Btw saya juga main ke blog kamu nih, tapi kok gak bisa follow ya 😭. Thanks ya, Ru 😊.

      1. Nah loh itu aku tau kenapa bisa nulis 2X kirain yg pertama ga ke posting komen saya (duh bikin malu). Saya lagi benerin templatenya tapi musti dari susi (komputer saya).

  3. Dil, selamat ber Autumn ria. Disini Spring tapi tetep aja hujan hampir tiap hari. Eh tapi beberapa hari lalu matahari nyentrong sih, sebelumnya turun salju, aku senaang akhirnya mainan salju (padahal cuman 15 menit doang saljunya haha). Jangan beli yang bolong2, ntar ada yang bilang “mbak, satenya mbak” πŸ˜…πŸ˜…

    1. Denyyyy, aku belom pernah mainan saljuuu.. Doaken pas winter kesampean yak, tapi kudu ke Mt. Buller dulu naik bus 3-4 jam. Btw akupun geli sendiri abis nulis punggung bolong langsung teringat sate setengah mateng 30 tusuk, huahahaha. Selamat ber Spring ria juga yaaaaak 😘.

  4. Hahahaha. Videonya ngehek. Tapi beneran begitu ya?
    Di sana sampe ekstrim jugak gitu diskonnya karena kebayang sih barangnya daripada gak laku dijual harga produksinya aja. Di Indonesia kok keknya jarang diskon ekstrim karena cuacanya juga santai aja kayak dipantai ya.

    1. Itu video versi lebaynya huahhahahaa, tp bisa dibilang beneran sih. Awal2 kesini blom ngeh mantau weather apps, keluar jam 10 an matahari terang kece angin sepoi2. Pake baju tipis2 aja dong, jam 12an tiba2 jadi dingin banget, jam 1 muncul angin kenceeeeeng bgt.. Jam 2 nya ujan (???) πŸ˜‚πŸ˜‚.

      Diskon ekstrim everything must go! Emak2 girang bukan kepalangπŸ˜›

  5. bhahahahahaahahahah diill.. aku inget jaman2 kita baca mymondatnote yg anak2 abg naik tram berbikinian trus abis itu tiba2 kedinginan kena angin hahhaaa..

    eh eh itu diskonnya alaaamaaakjaaaang.. naik kasta banget ituuuh tiap season udah stok baju baruuu..

    1. Omg iyaaaaa! Bener bangett ituuuhh.. Duh aku pingin kopdar ama mbak mega mondaynote tapi mau ngajakin jipeeeer. Padahal dia suka playdate sama temenku disini πŸ˜‰.

      Diskonnya gelo ya mbak, sayangnya gak tiap season baju baru juga sih πŸ˜‚

  6. appsnya beneran sesuai terus ya, kan kadang bilangnya panas ternyata ujan
    aah suami aku diajakin pk AC aja udah selimutan pake kaos kaki segala, gimana disuruh main kesono yak?

    1. Melesetnya dikit sih, misal prakiraan jam 8 sama 9 pagi ujan.. Taunya jam setengah 10 baru mulai ujaaaan gitu2 sih hihihi. Meleset tapi gak jauh2 amat.

  7. Dil, waktu di Rome aku juga sering banget tuh nungguin diskonan dari Hartono&Mulkijem pas peralihan musim, lumayN kan bisa dipake untuk musim selanjutnya, dan diskonnya tuh gila2 an ya, bisa sampe 2,5 € doang loh. masalah cuaca biasanya pas summer di roma juga suhunya sampe 40 an lebih, itu rasanya luar biasa gerah ya, berasa sesak nafas,apalagi pas bulan puasa,,alamak gak berani keluar rumah,hehe

    1. Naaaaahh sama gilanya yak disana toko itu kalo ngediskon, lol. Kemaren pas 40++ aku kerja lagi Ad, rasanya lumeeerrrr pipi panaaaaassss. Alhamdulillah kalo gitu keinget musim di Indonesia yang sedeng2 aja yak #edisikangen πŸ˜‰

  8. Salam utk Hartono Mulkijem Diiilll😸
    Ntu baju diskon km borong aja semuah, ntar jual lagi di Indonesia, hihi, kan mayan balik modalπŸ™ˆ
    Aq dulu klo gak inget bagasi tak borong bebajuan 1Β£
    #norak dan matre

    1. AHA! *muncul balon lampu di samping kepala*. Kudunya aku kulakan sisan yaaaaa hemmmmmmmm wkwkwkk. Gpp, norak dan matre itu sesungguhnya adalah atraktif dan efisien di dalam bahasa ekonomi. Sek bentar tak menunggu “boooo” dari penonton πŸ˜‚.

  9. Dila..apa nggak sakit itu kulitmu kalau suhunya bisa beruah gitu cepatnya, ntar dingin ntar panas..
    pake masker apaan…? masih sempat buat masker?

    1. Mbak Mondaaaa, itulah.. Kulitku breakout sama skincare yang aku pake mbak sejak disini (padahal pake di Indo gpp). Jadi gonta ganti skincare deh ngikutin musim. Kata temanku yang sudah 12th disini sih biasa terjadi kalo awal2 dateng karena penyesuaian.

      Aku pake masker oatmeal plus madu yang kubuat sendiri mbak, skincare nya pake yang water based. So far pake itu kulitku baik2 saja πŸ˜‰.

  10. hihihihihiii si masnya kesian hihihiiii… Ini komen pertama aku di blog Dila, biasanya liat-liat instagramπŸ˜€
    Aku pernah ke Melbourne Juli 2008, kalo ga salah itu pas winter ya? Seringnya saltum dan kehujanan hehehe.. Tapi berhubung aku suka sama kotanya, dan Melbourne kota pertama dimana aku ngerasain winter jadinya gapapa dehπŸ™‚

    1. Hiiii salam kenal Amelia, panggilnya apa niiih.. Ehh masa sih? Mau IG nya doong 😊.

      Yak betuulll Juli itu pas lagi winter2nya ya. Katanya winter di Oz itu buat latihan kalo mau ke Eropa dll.. Soalnya disana kan lebih dingiiiiiin πŸ˜†. Sekarang harus bener2 cek apps deh kalo gak mau saltum, funny weather emang nih hihihi.

      1. OMG itu mah kita udah follow each other n suka komen2 an yaaaaak hahahhahahaha. Sorry yaaak gak ngeh Miaaaa 😘😘

Leave a Reply

