Kudu makan nasi

Siapa yang punya perut Indonesia banget alias belom berasa makan kalo perutnya belom kemasukan nasi? Sini merapat sejenak bareng ogut πŸ˜‚. Tinggal di Australia buat orang Indonesia sih menurut saya enak yah.. Gampang lah nemu beras yang cocok di lidah, juga bumbu2 penunjang buat bikin masakan Indonesia. Mungkin karena letaknya relatif dekat, jadi lebih mudah didistribusikan. Walaupun nggak berbanding lurus sama harga yaaa.. Misalnya tempe, sepapan aja yang biasa di Indo paling 4rb disini $4.5 *craaaay*. Tapi puas lah buat ngobatin kangen ya kan? Iyadeh. Oiya, disini setiap hari saya masak nasi dan lauk pauk Indo dan makannya ala ala sevel. Alias, kalo mau makan dipanasin dulu di microwave hahaha. Nggak tau siapa yang menemukan ide ini pertama kali. Jadi, setelah nasi matang di rice cooker, saklar dimatikan. Nanti kalo mau makan baru ambil nasi dan dipanasin di microwave dan nasinya jadi empuk lagi. Enak sih, soal gizi no comment. Terkadang akuh merasa embuh πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚. 

Terus itu kan kalo di rumah, cincai lah masak2 sendiri makan2 sendiri. Gimana kalo lagi jalan2? Apalagi belom genep sebulan disini pasti maunya ngelayaaaap terus. Gimana makannya? Dipandu suami dan teman, saya pun menjelajah tempat makan asia. Saat makan siang atau menjelang malam (sore) saya beberapa kali cobain makan di:

Blok M express

 
Terletak di dekat kawasan CBD (city), ini dia resto Indonesia pertama yang saya kunjungi. Rasanya tuh nikmeeeh banget makan.. lele! Saya pesan lele balado. Nasi, lele dan lalap. Lele di goreng kemudian di siram lautan sambal balado merrraaaah, tapi ternyata gak pedes2 amat πŸ˜‚. Lalapnya kaya salad cuma ga dipakein dressing. Harga buat satu porsi makanan yang saya deskripsikan diatas $12.50. Saya dapet lelenya 2 ekor, karena ukurannya gak terlalu besar. Yess bgt, oiya terus kepalanya udah dipotong. Biar nggak nggilani kali yaa. Harga ayamnya lebih murah.. Kalo iga mahalan dikit sedollar dan paling mahal ikan gorengnya. Mereka juga punya menu lain kaya sate, gado2 (kalo ga salah lol). Puas banget makan disini, sambelnya mancap (nyobain punya temen).

Norsiah’s kitchen

 “Warteg” ini ada di deket kampus suami, gak terlalu jauh dari University of Melbourne (Unimelb) dan RMIT. Jadi nggak heran kalo dia sering ramai sama anak2 kuliahan. Suatu hari, setelah jalan2 ke kampus dan perut kerucukan. Suami ngajak makan nasi disana. Tentu saja istrinya girang bukan kepalang dan langsung bilang i do. Sempet kecele karena ngeliat umbrella di depan warung pada nutup, alhamdulillah ternyata buka ihiiiy. Begitu masuk, Ibu dibalik kasir langsung menyapa “Assalamualaikum.. Mau makan apa?” Sambil senyum lebar. Mungkin karena saya jilbaban ya, beberapa kali kalo masuk toko asia (timteng) dan papasan di jalan suka disapa begitu. Kalo di Indonesia udah ditambahin kali jadi “Assalamualaikum bu Ajiik (Haji)” πŸ˜†. Saya pesan nasi dengan 2 pilihan lauk, harganya $6.5. Ternyata kalo pilih 3 lauk jatuhnya $7.5, tau gitu kaaann.. Hahaha, gak mau rugi deh. Rasanya sih standard kalo saya bilang, tapi lumayan banget lah buat ngisi perut. Rendangnya bumbunya berasa, sayurnya aja yang ala kadarnya. 

Jokamz melbourne  Nah, kalo ini saya taunya dari Instagram seseartis presenter cowok yang lagi ke Melb dan posting lagi makan disini. Pulang dari Melbourne Museum, saya makan disini. Niatnya sih mau makan prasmanan, tapi ternyata udah abis karena udah sore kali ya. Akhirnya saya pesan bebek gorengnya yang konon menu dia yang paling tersohor.  

Nasi putih hangat, paha bebek goreng, dua buah tahu goreng, lalapan salad dan dua jenis sambal ini bisa dinikmati dengan harga $13.90. Rasanya yummeh, dagingnya nggak amis. Paling nggak bisa mengobati kerinduan sama Kaleyo di jakarta. Duileeee belom juga sebulan, bilang aja nggragas! πŸ˜‚. Mereka juga sedia kecap yang kalo nggak ada merk itu mending saya gak jadi kecapan. Tadaaaa.. Kecap Bangoooo! Poin plus disini adalah mereka menyediakan teh hangat yang bisa diambil sendiri. Kebanyakan resto biasanya hanya ada air putih. Oiya, Jokamz ini kependekan dari “pojok kampus“, lokasinya nggak terlalu jauh dari Norsiah.

Nelayan

Saya udah dua kali ke resto ini. Lokasinya tepat di city, di depan stop tram dan ditengah kerumunan manusia yang berlalu lalang. Jadi sangat2 strategis nih lokasi resto ini dan hampir selalu ramai kalo saya lihat. Dua kali kesana, saya selalu pesen menu warteg. Disini satu lauk $7, dua lauk $9 dan kalo pilih tiga lauk nambah sedollar lagi jadi $10. Mudah sekali ditebak, saya pasti pilih tiga lauk sekalian hahaha. Pas bayar di kasir, kagetlah bawa piring beraaat banget alias porsinya cadasss bok! Akhirnya saya makan bedua sama suamik, suap2an gitudeh atas dasar mesra (apa ngirit πŸ˜…πŸ˜‚). Mungkin next time mending bungkus aja deh πŸ˜‚. Nelayan juga jual menu2 Indonesia lain kaya soto, ayam penyet juga jajanan / cemilan kecil gitu dengan harga mulai dari $7. So far biasa aja sih makan disini, lebih sedep Norsiah cuma “lebih ngIndonesia” Nelayan rasanya. Plus lokasinya kece banget, strategis! πŸ˜ŠπŸ‘πŸΌ.

Nah, itu dia resto / tempat2 makan Indonesia yang saya cobain di Melbourne. Ada lagi namanya Bali bagus, sama aja konsepnya kaya Blok M express. Terus ada Salero kito, rumah makan padang. Dua2nya belom sempet dicobain, ntar lah kapan2. Sebenernya saya nggak selalu makan nasi juga sih kalo pas jam makan tapi belum sampai rumah. Saya pernah beli Sushi juga, eh tapi itu nasi gulung ya? πŸ˜‚πŸ˜‚. Kadang suka deg2an sama issue halal nya tu lho dari mirin-nya. Tapi insyaAllah sih resto disini nggak tipu2. Kaya kemarin saya ke IKEA, mampir dong ke food court mall nya dan ke malaysian resto. Saya order nasi goreng dan waitress nya bilang kalo nasgor mereka pake pork, is it okay? Alhamdulillah kan di kasih tau. Cukup sekian dulu ya petualangan cari nasinya. Sampe jumpa di cerita lain 😊😁.

42 thoughts on “Kudu makan nasi

  1. Perut nasi banget ya dil..kamu mah hebat pinter masak.jd ga masyalahhhh. Kalo makan diluar jangan di kurs rupiahin ya dil…ntar takut gak ketelen makanannya..LOL

    1. Nah, alhamdulillah otak nge kurs ke rupiah itu cuma beberapa hari awal disini Jo. Jadi gak stress2 amat. Udah pasrah huhuhu, yang rada2 amsyong kalo beli tempe udah mahal eh pas masak lagi error jadi rasanya kacaw. Nyesek πŸ˜‚

    1. Iya mas, jadi harga mereka nyesuaiin harga standard jual makanan disini. Jatohnya ya gitu, porsinya maaaaak. Tapi aku seneng sih, soalnya makanku banyak πŸ˜‚πŸ‘πŸΌ

  2. Wah serunyaaa kalo sampe biaa nemu makanan-makanan Indonesia di sana. Paling gak bisa ngobatin kangen ya. Yang bikin pengen bebeknya Jokamz. :-9

    1. Betuuul mas Dani! πŸ‘πŸΌπŸ˜Š. Aku malah lebih pengen bebek Kaleyo deket rumahmu mas. Ini aku masih menjelajah nasi2 an lagi yang halallan thoyiban 😁

  3. Dil, tempe mahalan sana. Disini sepapan gede €1.25. Tahu lebih murah lagi ga sampai €1. Aku awal2 pindah Den Haag, 2 bulan pertama juga jelajah restaurant Indonesia. Setelah 2 bulan, kembali ke dapur tercinta. Selain makan diluar lebih mahal, rasanya ga masuk dilidahku. Apalagi suami ngomong “lebih enak masakan kamu” haseeekkk ga tahan kan kalo dipuji gitu hahaha wanita lemah pujian. Jadi jelajah restaurant Indonesia untuk cukup tahu saja. Biar sesekali kalo males masak sudah tau mau pergi kemana. Eh disini juga ada warung padang Salero Minang haha padang dimana2.

    1. Iya Deeeeen, sutris ih tempe mahalnya gitu banget. Tahu sama aja, dan tofu ya yang walau dr luar garing tapi tengahnya msh kenyul2 bgt πŸ˜‚. Mas Ewald bisaan banget yess bikin istri kelepek2 hihihi. Tapi emang bener sih, masak di rumah itu mengirit sekaliiii, berasa ya. Warung padang emang jempolan lah.. Ekspansinya kelas internesyenel! πŸ‘πŸΌπŸ‘πŸΌπŸ˜˜

    1. Hi Grant! Iyaaa perut nasi πŸ˜†. Iyaaa betul, aku jadi punya kebiasaan lama yang bangkit kembali: cuci muka pake air cucian beras yg pertama kali. Hihihi

    1. Iya mbak Yayang, masih mencari nih kalo lagi jalan2. Kenapa ya lidah ini kok agak2 susah buat move on dari bumbu2 sedep Indonesia. Makasih ya πŸ‘πŸΌβ˜ΊοΈ

  4. senengnya kalo tinggal di luar indo tapi ada banyak restoran indo ya. kayak disini juga untungnya ada lumayan banyak resto indo. gak kebayang kalo harus tinggal di negara asing dan gak ada resto indo pula. hahaha.

    1. Sebenernya awal2 aku udah latian loh Ko, makan roti lah yang gede2 apa yang lain kek. Tapi godaan nasi dan oseng2 begitu menggoda πŸ˜‚πŸ˜‚. Nah iya, gak kebayang deh tinggal di negara tanpa resto Indo. Lidahku hampa ha ha ha

  5. Salam kenal mbak Dillaa,
    Sensasi wisata kulineran makanan Indonesia di luar negri tuh beda ya rasanyaa, lebih nikmat gimana gitu, ada kangennya soalnyaπŸ˜€

    1. Salam kenal juga ya Izza 😊.
      Lebih nikmat karena kangen plus harganya gak nguatin kali ya πŸ˜‚πŸ˜‚ *just kidding. Padahal rasanya sih jauh lebih enak di Indonesia ☺️

  6. Kalo belum nasi belum sipp ya, Mbak, hehe….
    Dulu, awal-awal saya bila ada yg ngajak makan stik, biasanya juga pesen nasi, akhir2 ini saja mulai adaptasi pake kentang, meski nanti di rumah tetep nyari nasi sebagai gantinyaπŸ™‚

    1. Waah berarti lebih cinta nasi panjenengan mas, saya kalo steak masih tetep kentang hehehe ✌️😊. Nasi itu memang idola di hati setiap orang Indo yaaa, gak bisa gak basi hihihi

  7. Waduhh.. balik kesini kok tau2 udah nggak di Indo ajah Mba Dilla huhuhuuu…
    Iya sih aku juga kl nggak makan nasi namanya blum makanπŸ˜€ Indonesia bgt gk sikk..

    Trus Mba, gimana masalah gincu kita.. blum ketemu loh iki hahhaa..

    1. Iyaaaaa Keke, lagi merantau bentar ngikut suami hehehe. Perut Indo ya perut nasi πŸ˜†. Ayo semangat cariii kalo udah gak nemu2 udah beli onlen aja 30rebuan, search by hashtag #juallipstickpurbasari #purbasarilipstick
      Good luck! πŸ’‹

    1. Laaah tossss, sambel uleg botolan disini banyak untungnya. Kalo gak ambil bawang sama rawit, uleeeg kasih garem n siram minyak panas. Nyesss πŸ˜‹

  8. Beruntungnya dirimu dikelilingi banyak restaurant. Disini makanan mesti masak sendiri tapi jadi belajar masak. Aku sudah gak terlalu craving makanan Indonesia, apalagi nasi, karena pusing dengan keribetan masaknya. Mendingan masak barat aja, bumbunya gak ribete, masuk oven, matang, tinggal disajikan.

    1. Alhamdulillah mbak Ail, tapi gak tiap hari juga bs pusing dompet berbi πŸ˜….. Selebihnya ttp masak sndr. Masakan barat emang jempolan praktisnya, latian dulu perutnya biar gak nganggep itu “cemilan” πŸ˜‚. Jadi ngebayangin masak pasta pake mozzarella trus di panggang nih, yuuummm

  9. dil.. aku merasa embuuh dan seseartis.. dua kata baru yang aku jumpai di akun @lambe_lamis bhahahhaa..
    eh barusan mau nanyua, apakabar dirimu di sana dengan menu nasi.. ternyata sudah ada direktorinya.. asiiklahyaa kalau gitu

  10. thx sharingnya ya , dila … jadi nambah pengetahuan bhw ada blok m dan jokams … andalannya selama ini kl ke unimelb cuman norsiah .. hahaha .. sampe si makciknya hafalll … ntar kalo aku kesana lagi aku kontak kamu ya , insya allah awal juli .. mpe ketemu … xoxoxo

Leave a Reply

