Glamglow ala-ala

Halooo.. apa kabar semua? Postingan pertama setelah lebaran, dan abis ini mau nyempetin diri blogwalking disela kesibukan *eciee*. Sibuk mensyukuri hidup di rumah ortu jadi ngapa2in ada yang bantuin, lol. Oiya, mohon maaf lahir dan batin untuk para bloggers dan netizen di belahan dunia manapun yaaa ♡. Kali ini saya mau “iseng2” sharing hasil utak utik DIY things yang berhubungan sama kekecean kulit tsaaahh. Kulit saya nggak kece2 gimana juga sih.. tapi kok pede gitu yak mau bagi2 resep. Walaupun iseng berbagi, bukan berarti bikinnya juga asal2an yaaa.. seriusan kok. Buat yang cewek2 pasti rata2 tau Glamglow mask, si masker lumpur dari Hollywood. Nah, saya kan beberapa kali make Glamglow, trus akhirnya jadi punya sendiri karena ngerampok dikasih sama adek. Glamglow sendiri ada beberapa varian yang masing2 punya fungsi yang berbeda. Saya nggak bahas detail yah soal Glamglownya.. tapi setelah browsing sih dua kandungan utama dari masker ini adalah: bentonite clay dan activated charcoal, cmiiw.
Kemudian, pada suatu hari yang penuh dengan duka nestapa karena muka breakout (muncul jerawat2 di jidat) karena gak cocok dengan suatu jenis acid yang sedang saya pakai. Saya berglamglow ria sambil buka Google dan iseng ketik: DIY glamglow. Tah-daaaa.. ternyata banyak blog luar yang mengulas dan jembrengin resepnya. Memang kalo soal homemade skincare remedies itu kebanyakan orang luar negeri yang nulis, baik beauty blogger maupun blogger biasa kaya saya ini yang nulis jarang2😀.

Pernah ada kejadian heboh sekitar satu tahunan lalu. Ada blog Indonesia punyanya Lintang yang bikin pitera homemade alias.. the infamous miracle waternya SKII (FTE- Facial Treatment Essence). Lalu ada group (kalo gak salah di FB) seller SKII online yang bawa topik ini ke forumnya dan menjelek2an si DIY product tersebut. Komen2nya nggak enak banget dan cenderung nge-bully bloggernya.. kadang suka miris aja sama pendapat bahwa: orang yang suka bikin DIY product (apapun, baik skincare maupun kosmetik) itu orang kere, gak modal, gak mampu beli produk asli. Malahan saya yang geli baca komen semacam: “ih, mendingan beli samplenya.. cukup kok dipake sebulan, cuma sekian puluh ribu aja. Gak usah lah bikin2 sendiri gak jelas bahannya, kaya orang gak mampu aja“. Lha sebenernya yang gak mampu itu kan kalo maksain beli sample karena belom bisa beli yang full size. Pendapat ini saya tujukan untuk komen2 nggak mengenakkan di forum itu yang menyerang blogger yang bikin DIY pitera yah, bukan secara global. Saya beberapa kali beli sample kok, apalagi kalo baru mau cobain produk.. biar gak nyesek kalo ternyata gak cocok. Sample size itu sebenernya peruntukannya kan juga tidak untuk dijual. Cuma di Indonesia aja seller sama buyer nya kreatip :)). Intinya sih tiap orang punya pilihan sendiri mau pakai apa dengan cara bagaimana, jadi menjatuhkan atau menjelekkan apa yang orang lain kerjakan itu zonk sekali sodara2! *taruh mic*

Cukup nggamblehnya, ini Glamglow ala2 yang saya buat beberapa hari lalu dengan ingredients:

image

– 1 sendok teh madu
– 2 butir activated charcoal (dihaluskan), saya pake Norit. Tersedia di banyak apotek. Info soal norit ini saya dapatkan di forum tercinta
– 2 sendok makan bentonite clay, saya pake merk Aztec bisa dibeli online. Kalo di IG search by hashtag #jualaztec #jualaztecclaymask
– 2 tetes salicylic acid, saya pakai Paula’s choice bha liquid. Saya pake ini karena salicylic acid ampuh membasmi jerawat, bisa di skip.
– air secukupnya

Cara membuat:
Campur clay dan norit yang sudah dihaluskan di dalam wadah kaca atau plastik. Aduk rata dengan menggunakan sendok plastik, karena charcoal akan bereaksi kalau kena tembaga. Tambahkan madu dan air, aduk sampai tercampur rata dan berbentuk pasta. Masker siap digunakan.

image

Itu penampakan Glamglow ala2nya. Resep diatas dipakai untuk dua muka, buat saya sama adek. Sekali pakai ya langsung habis. Saya pakai selama 20 menit, awal pemakaian rasanya mirip seperti pake Glamglow beneran.. adem aja tapi lama2 ada rasa cekit2 (tingling sensation). Biar afdol saya coba tampilin wajah dakocan waktu make:

image

Bedanya ketika di aplikasikan ke muka adalah, setelah 20 menit maskernya mengering tapi nggak berubah warna jadi abu2 dan rasanya nggak sekenceng kalo make Glamglow (youthmud– botol warna item) yang rasanya muka kaya ketarik2 banget. Oiya, di gambar itu ada semacam gerinjelan.. itu adalah teh! Iya, itu percobaan kedua pake DIY mask ini.. dan saya coba tambahkan 1/2 sachet green tea yang udah saya seduh dengan air panas.

Sekarang hasilnya, gimana? Setelah saya bilas masker dengan menggunakan washlap yang dibasahi dengan air hangat.. saya merasa kalo dari segi kebersihan kulit after use.. itu sama dengan kalo habis pake Glamglow. Muka nggak kesat, tapi berasa halus kalo di raba dan agak licin. Efek cling nya juga dapet.. entah ya kalo abis pake Glamglow tuh emang berasa kinclooong banget. Sekarang lagi coba mengingat2, mungkin ini karena faktor mikir juga kalo mukanya abis ditemplokin masker mahal kali ya? Lol.
Jerawat yang tadinya merah2 langsung calming setelah pemakaian DIY mask. Nah, bedanya adalah.. kalo saya abis pake Glamglow supermud (botol putih –untuk jerawat), esok harinya jerawat saya pada kering. Kalo pake yang ini sih biasa aja.. tetep aja tuh nangkring dengan manis😀. Cuma alhamdulillah, hari2 selanjutnya berangsur membaik.. ini sih saya nggak berani claim efek pake masker ya. Tapi bisa jadi ada sedikit sumbangsih juga kali😛.

Pada akhirnya, review orang2 tentang produk OTC (over the counter) maupun DIY yang bertebaran di dunia maya itu kan nggak bisa dijadikan patokan bahwa itu pasti yang terbaik. Tapi nggak ada salahnya kalo jadi pengetahuan juga ya. Paling nggak, nanti kalo Glamglow saya abis dan belum ada duit buat beli, usaha kreatif bikin sendiri ini bisa dipertimbangkan.
Thanks for reading! ♡

*semua yang saya tulis disini di ujicoba ke muka sendiri, hasil bisa berbeda di kulit orang lain.

54 thoughts on “Glamglow ala-ala

  1. DILAAAA INI SIH UDAH KECEE BADAIII

    sumpahlah ituuu.. sangat takjub dengan kemampuan multitasking-mu yang serba cepat.. dan tentoe sadja yang sudah diulas di sini seperti biasa.. akan gue praktekkan.

    minimal. beli norit dulu

  2. kok aku ikutan komentar di postingan kecantikan ya *benerin wig*
    aku sih ga tau mau komentar apa, cuma dikit aja soal clay atau tanah liat (iya bukan sih), itu semacam absorben atau penyerap kotoran, jadi waktu ditempelin di muka bisa menjerap kotoran, mungkin rasa clekit-clekit itu kali pas dia proses. tapi sepanjang belajar soal absorben ini, seringnya dipake buat menjerap logam. ya kali aja di wajah ada logam beratnya😀. but btw, metode ini emang work.

    1. Hai Umami! Hahaahhaa, cowok boleh masuk kok gan. Iyesss bener, ini salah satu claim dr bentonite clay alias lempung boso jowonya.. itu detoksifikasi kulit. Ituloh, kan suka ada skinker yang mengandung mercury juga.. biasanya di detox pake clay mask. Cihuy brartinyak masker ini?😛

  3. Aaiihhj dilaa mentang2 tempat ortu kreatif bisa buat glamglow sendiri. Aku pribadi punya glamglow yang item dan gak ngefek banget dikulitku. Biasa aja. Tapi mayanlah buat perawatan sebulan sekali .. Iya separah itu gue dalam urusan skincare dah mentok cuci muka sama FTE skII aja males pake yang lain2..

    1. Puas2in Nis, gamau rugi mumpung banyak yg bantu2😛. Iyaaa yg item itu gak nampol kalo aku suka yang putih. Btw kalo soal skinker itu aku semacam “hobby” nis, browsing.. cobain.. ngupleeek ingredients dll.. seneng aja gt. Aneh ya? Padahal kulit ya biasa2 aja gw :”))), kamu cuci muka sama fte doang udh cliiing bagaikan perawatan kanjeng ratu Nisssss

      1. Hehe iya bener Dil, secara ntar disana km apa2 sendirian dah sahabatan ama encok pegel linu deh huehehe
        Ah kulitku sampe sini jadi bruntusan Dil gatau kenapa 😂

  4. Setuja ama Jeng Mumun ttg beli sample vs DIY, kebangeten kali komen jahat itu ya.
    DIY inih sepertinya bisa dipraktekin ke muka saya yg kusem ini Dil, maturnuwun resepnya.

  5. Mukaku sebulan lagi jerawatan nih Dil, pakai cenat cenut lagi. Apa karena perubahan musim ya. Enaknya diapain ya? *lah malah konsultasi kecantikan haha. Aku soalnya ga terlalu aware sama perawatan kulit gitu. Yang dipake standar banget, cuci muka, pelembab, bedak kadang2, cuci muka lagi, trus tidur😀 *life is so simple😀 btw, makasih resep maskernya, kapan2 pengen coba *kebiasaan masak jadi ngomong resep haha.

    1. Huahahhaahaa, aku tuh gatau Den.. emang hobiiii banget ngulik2 skinker, padahal muka ya standard aja begini hasilnya. Semacam ada kepuasan ajaaa gitu. Boleh2 cobaiiin kapan2, lumayan mbersihin muka😉

    1. Iya mbak Fe, mud mask gitu. Kalo yang cocok sih cocok banget. Kalo yang gak cocok ya gak ngefek samsek. Tapi menurut aku pribadi ini masker overpriced and overrated😛

  6. Haaloo mbak dilla, lama gak muncul eh ternyata lagi sibuk bikin glamglow *ketjup*
    kreatip mbak, tapi aku mah apah atuh…. pake masker yang instan aja males, apalagi kudu diy dulu. *sedih*. Aku gak terlalu aware sama muka mbak, pasrah aja :p bedakan jarang, apalagi lipstik sama ritual perlenongan lainnya. Tapi kayake skrg kudu sadar diri yaa…muka kucel gini juga gak enak kalo diliat di depan cermin:/

    1. Nanaaaaaaa, apa kabaaaar *cipika cipiki virtual*. Aku jg kalo ngelenong baru2 aja nih, jaman masih ngantor jg STD banget. Tp kalo skinker aku emang doyan. Oiya yang paling penting itu sih sunblock, gak boleh absen kalo keluar rumah di hari bermatahari🙂. *hari bermatahari iku uopoooohhh lol

    1. Wah kamu kreatif sekali Dila. Aku nyoba2in home remedies sendiri, macam cuci muka pakai baking soda, bubuk kacang ijo campur yakult, muka diuapin pakai air panas dan olive oil apa ya *lupa*, hasilnya tetep beruntusan. Buntutnya balik lagi ke dokter.

      Btw, itu sadis banget sih yang ngebully mereka yang bikin home remedies, muka2 orang, duit2 orang, kenapa mesti ribut mau diapa2in. *nyinyir deh*.

      1. Kreatif itu kadang tercipta karena waktu luang kebanyakan jg lali nih mbak Tje, ihihiihi. Eeehh, ternyata hobi kita samaaaa… itu yang mbak Tjetje blg aku jg pernah lakuin. Tapi puas kaaaan utak atik sendiri😛
        Emang, itu kejem2 banget loh yang komen.. padahal yang punya blog juga gak protes loh mereka pada beliin sample buat daily use :))

  7. Pertama, mohon maaf lahir batin kak Dila.
    Kedua, Ini keren banget bikin obat perawatan sendiri! Kalo aja dikembangin terus bisa cocok di kulit orang lain, pasti gua jadi orang yang berbangga hati karena punya temen blogger yang mantap. Hehe..
    Ini juga terhitung berani sih, bereksperimen dgn kulit sendiri. :))

    1. Huahahhahhaa, ya kadang suka breakouuuutt loh muka karena suka coba2 :””)))). Nanti aku tulis yah kapan2 soal homemade produk hasil utak atik yang kemudian dijual dan jadi tambahan uang jajan bulanan😛
      Makasih ya, Ta!

  8. wakakaka pake norit. serap racun ya cynnn….
    aku terlalu males untuk perawatan wajah nih😦
    pake pelembab aja cm klo kering.
    paling lagi rutinin pake Strong Acid sama Beauty Water aja udah sebulanan.

    1. Strong acid nya apa seeeus? Andalanku tuh acid2an, biasa pake salicylic sama glycolic (GA). Kemarenan muka breakout gara2 mandelic acid, pdhl dese itu turunan GA lohhh…. #AnaknyaGaBisaDipancingDikitNgomonginAcid

      1. Oooh i see, aku jg pernah byuti wateran beli di IG hihihi. Tapi gapake strong nya.. kl ga salah adekku beli tuh.. mereka yang bedain pH nya yes

      2. iya seus. Ph nya beda. yg satu Multivision, yg satu Starvision…. *ini ngomongin Ph apasik?*😆 *disambit sisir sasak nyonya punjabi*

  9. Selamat hari raya Idul Fitri, minal aidin wal faidzin mohon maaf lahir batin. Hm, tanah liat bentonit itu apa, Mbak? Dan ini keren banget, jadi resepnya tidak salah, kalau menurut saya, perbedaan dengan Glamglow asli itu dari bahan-bahannya sih ya. Mungkin madu yang digunakan di Glamglow itu madu dari lebah jenis tertentu yang sudah diteliti sebelumnya, terus karbon aktifnya dari kayu tertentu juga, yang sudah dibuktikan mempunyai efek maksimal untuk kulit :)). Tapi ini masker menurut saya sudah cihuy banget, top Mbak :)).

    1. Minal aidin wal faizin juga ya, Garaaaaa! Selamat hari raya idul fitri walau udah kelewat.. tapi gpp drpd nggak😉. Tanah liat bentonit itu aku juga kemarin2 google Gar.. salah satu jenis tanah liat, biasanya memang dipake untuk kecantikan, tp diluar itu juga banyak. Cmiiw yaah.. kalo glamglow sendiri sih 2 unsur utamanya si bentonit sama activated charcoal. Itu madu aku yang nambahin sendiri lol.. surprisingly cocok dimukaku, kalo karbon aktif itu untuk menyerap kotoran2 dan racun. Btw oot, aku jadi berasa manggil anakku… “Gar”, nama dia Garuda.. walopun panggilannya Arda.. tp suka manggil pake nama depan jugaa😛

      1. Baiklah, rupanya memang tanah liat tersendiri ya, bentonite ini :hehe. Kalau masker dan perkakas kecantikan memang cocok-cocokan sih ya, jadi kadang mesti buat sendiri supaya bisa pasti cocoknya :)).
        Wah, iyakah :hihi. Menarik sekali.

  10. Ih keceee badai gini emak satu ini. Mau dicoba ah, berhubung belom sanggup beli glamglow. Haha. Eh aku jd kepoin blog si pembuat eske II itu..dan asli banyak DiY skincare yg pasti bakal di praktekan. Makacih ya mbak resep nya !

    1. Eh, aku udah bikin juga setaunan lalu loh pitera ala2 nya dari blog itu. Serius, ini menurut aku ya *underline bold*, enakan pitera homemade daripada FTE esketu punya. Cuma emang 3-4 hari sekali bikin lagi karena gak awet kan… worth to try bgt. Sama2 ya, Lativa! ♡

      1. Lebih enak dikantong jg kali ya mbak..hehe.. secara esketu aseli mah mayan bgt buat jajan ayam goreng dpt banyak. *makanan mulu*

  11. Ow DILLLAAA , resep glamglow nya keren banget.. Kebetulan masih punya aztec satu pot, dulu beli pas waktu hamil. Sampe skrg masih abis juga. Emang sih oake nya jarang jarang banget, abisnya males banget makenya.
    Trus kmrn beli norit, campur aztec, madu sama air jeruk lemon.. Soalnya kl gak pake air lemon ACV, suka brinjilan maskernya. Hasilnya..muka jadi bersiiih banget, emang jd gak ada sensasi cenut cenut kaya dipikit kl cuman pake aztec doang sih..

    Terua terus dah cobak resep pitera abal abal ituu..ih amazing deh, muka jadi haluuus banget. Trus kmrn aku campur sama glamglow kawe, jd rambah enak deh.

    1. Enak yak maskernya😛, kalo aztec + ACV emang cenat cenut bangeeeet.. aku pake madu kali jadi mayan lembab gitu. Eh ini nggak tau sugesti apa nggak ya, menurut aku pitera kawe sama yang asli malam enakeun yang kawe loh. Mungkin karena lebih fresh kali ya bikin langsung pake.. halah

  12. haloo kak, makasi reviewnya bantu banget hehe. btw kalo pake ramuan di atas bisa di bantu pake paper mask ga ya? aku udah beli di silahqan.com tapi bingung mau di campur apa hehe

Leave a Reply

