#dityshawl by Rashawl

Liburan selesaaaiii.. saatnya kembali ke rutinitas sebagai IRT. Me time dulu ah nulis2 product review sukarela dari seorang user. Siapa tau berguna kan bagi perempuan2 yang kali aja lagi google merk ini, dan sepertinya dulu pernah janji sama Jeng Tyka buat review deh hahaha, nungguin ngumpul dulu bok. Sebagai seorang newbie atau beginner dalam dunia perjilbaban, saya sempat bingung mau pake jilbab model apa awalnya. Padahal sebenernya jilbab bukanlah hal yang baru juga, soalnya belasan tahun yang lalu saya kuliah di sebuah Universitas Islam di Jogja yang mewajibkan mahasiswinya untuk berjilbab selama mengikuti kegiatan akademik di kampus. Ketika itu gaya saya make jilbab adalah dengan melipat jilbab segiempat menjadi segitiga, kemudian di pasang ke kepala.. dijepit dibawah leher dan kedua ujung jilbab diikat ke belakang. Selama kuliah, saya juga pernah pake style jilbab yang disebut “jilbab ekonomi“, bukan gaya jilbab dengan kain seminimal mungkin ya.. kalo itu ekonomis :”)) *iya jayus iya*.
Saat itu cewek-cewek dari fakultas tetangga jauh yaitu Fakultas Ekonomi, punya ciri khas make jilbab dengan menunjukkan poni samping. IYA PONIIIIII alias rambut yang di depan jidat itu hihihhiihi.. alay juga sih kalo ngebayangin sekarang, tapi itulah kelakuan saya dulu yang tak malu saya akui sekarang.

Kembali ke masa kini, tiba-tiba saya merasa kepingin make jilbab. Sedikit cerita mengenainya pernah saya tulis di sini. Terus, sebagai ratu onlineshop sejagat saya nyari dong toko yang jual jilbab di Instagram. Ternyata buanyaaaakkk banget ya yang buka lapak disana hahaha, sempet kaget kalo beli jilbab di IG itu ternyata sikut-sikutannya lumayan kenceng.

Sikut-sikutan gimana?

Belinya udah kaya rebutan sembako bok! Jadi biasanya toko akan buka pengumuman nih mengenai waktu penjualan jilbab varian ABC, terus nanti saat waktunya tiba.. itu pembeli pada nyerbu contact admin si toko bersangkutan untuk pesen. Belinya juga harus pake format order, misal nama – alamat – no. telp – pesanan, supaya lebih cepat direspon. Terus kalo nanti barangnya sold out, rame deh para buyer yang gak kebagian jilbab ngecipris di comment picture hihihi. Eh beneran lho, saya baru tau fenomena ini😛
Saya nggak ikutan beli ke online shop dengan sistem jualan yang rame hore gitu sih, pertama karena males rebutannya. Kedua, saya udah nemu jilbab favorit yang akan selalu dibeli saat butuh jilbab baru (emang pernah cukup? :D). Namanya #dityshawl, online shop yang memproduksi ada di Bandung. Akun instagramnya bernama @Rashawl_official (tadinya @rashawl doang tapi di hacked).
Awalnya gara-gara saya mulai risih make kerudung segiempat karena kurang meng-cover bagian depan tubuh, terus nyari tau di forum tercinta yang sarat info kewanitaan tentang shawl/pashmina karena bentuknya kan panjang dan lebar. Disana banyak banget yang ngomongin soal shawl dengan bahan polyester + viscose (polvis) dengan perbandingan angka-angka. Nah loh, puyeng gak? Hahahhahaa… jadi ada seseshawl yang katanya favorit Ibu-ibu dan remaja putri gitu deh. Berbekal dengan panduan anak-anak di forum, saya beli dua buah shawl plain bahan polvis dengan perbandingan 65% : 35%. Campuran bahan ini akan menghasilkan shawl yang halus lembut licin dan adem di kepala. Konon designer hijab terkemuka di Indonesia ngeluarin shawl jenis ini juga, makanya banyak toko yang nyebut shawl ini: plain miranda shawl, ngikutin nama mbak designer.😛
Ternyata apa yang terjadi? Saya nggak bisa makenya! OMG susah bangeeettt, kacawwww deh.. gak tau mungkin saya yang gak jago.. or dasarnya gak suka ribet pasang peniti dan segambreng jarum pentul buat bikin tampilan rapi. Asli, sutris banget rasanya hahahha. Terus saya mulai cari lagi deh shawl di online shop lain, tapi kali ini nggak mau beli dulu karena takut gak cocok, gak mau rugi deh pokoknya.

image

Saya nyobain dulu punya temen yang udah punya duluan, terus ternyata langsung jatuh cinta sama shawl dengan bahan katun jeruk import ini karena:

– makenya cepet dan nggak ribet
– nggak perlu pake daleman (nggak bakalan geser)
– nggak perlu jarum pentul segambreng :p
– nggak perlu disetrika kalo abis dicuci (saya tetep setrika sih :p)
– nggak gerah, walo nggak adem-adem amat
– nggak ninggalin bekas bolong or lecek kalo di peniti
– ukurannya “pas” (panjang dan lebarnya)
– harganya reasonable, sebanding dengan kualitasnya
– mudah dibentuk/ model macem2, dari turban sampe syar’i yg panjang sampe ke perut. Saya sendiri selalu pake sebatas dada.

image

Satu buah shawl dijual dengan harga 60rb, tapi kalo beli tiga kena 170rb, nanti tinggal nambah ongkir lagi sesuai alamat kirim. Saya semacam kecanduan beli #dityshawl ini.. kalo emang udah cocok yaudah bakalan make merk itu terus, paling sekarang koleksi warna aja. Ngomong-ngomong soal warna, saya juga dulu kalo beli jilbab tuh berkisar di warna-warna monochrome.. paling banyak sih abu-abu. Sampe kaget ternyata jilbab-jilbab saya warnanya seragam walaupun modelnya beda-beda, saya pernah ceritain di sini.
So far, saya nggak nemu kekurangan dari shawl ini kalo dari materialnya. Kekurangannya malah mungkin ada saat pemesanan yang kadang suka lama responnya. Mungkin karena ada banyak buanget yang mesen jadi adminnya ngelayanin satu-satu gitu berurutan dari chat yang pertama masuk.
Saran: mungkin adminnya kudu ditambah kali ya. Pelayanannya oke, kalo ada complain akan segera ditanggapi dan di follow up. Saya pernah mesen dan mereka lupa ngirim, mungkin missed saking banyaknya.. ngambek dong saya, terus mereka langsung kirim pake service yang sehari nyampe. Gak jadi ngambek hahahhahhaa #anaknyagampangankalodibaekin.

63 thoughts on “#dityshawl by Rashawl

  1. yaampun dillaaaa, itu cerita ente soal perjilbabab cukup mengharu blue sih. kan akikaaaa jadi pengen meweeeek😦 . kirim Al Fatihah yaaa buat your dearest late father ya sis🙂
    kalo akyuuuu pake jilbab karena nadzar bok. keterima pmdk, pendekatan mulu dapet kagak😛 , pokoknya mau pake jilbab. eh keterima bok, trus ya udah sih cap cus pake jilbab. udah lebih sedasawarsa bok pake jilbab. kalo akuuuu suka pake model jilbabnya yang biasa banget. ga ada perubahan. yang dipake juga kerudungnya square, bahan doang yang ngebedain. so far, nyari jilbabnya ya itc an gitu deh sis. soaleeee bisa nawar sampe mampus! huahahaha😀
    oyaaa, trus aku keingetan deh sama model2 jilbab yang kamyu ceritain itu lhoh. iya pas masih sama mas2 jogja itu lhoh. bisa nebak desye anak you ai ai, you en jei, you em jey, you ji em gara2 jilbab looknya lhooo. hihihi😀
    oyaaa, trus kemarin tuh dil, baca di detik. ada anak upeen yang meninggal karena melahirkan sendirian. agak gimana gitu yaa, soale akyu duluuu sering main ke daerah seturan situuu… jadi KSO2 deh dil. potassium sulfur oksigen. bukaaaan. kelingan sing ora-ora, siiiissss😀😀

    1. Hahahaha, dulu akika bandel polllll San. Bandel lah pokok’e :””((, tapi dah insap kok insyaAllah aamin, makasih Al Fatihahnya buat Bapak. Good to know San, udah dari 10 tahunan lalu yakkk.. alhamdulillah semoga istiqomah terus yak. Aku jg makenya yang square itu kok awal2, trus nemu shawl penak n sesuai style yg dipingin yawis lali pake square lagi halaaah. Trus aku tuh malah bingung cengo’ kalok dibawa ke ITC milih jilbab.. tenan! Huahaahahaha… makanya aku ni misis olshop sejagad, hampir semua barangku onlenan kabueeeehh.. sampe yg printilan macam peniti pentul, payung, charger :)).
      Btw San! Aku ngerti TKP nya si SA mahasiwi upeen yang meninggal di puri K ituuhhhh.. aku sering njajan capcay sama mas patjar di daerah situ. Seturan dulu daerah jajahanku jeeee.. aku juga KSO2 hahahhaaha!
      Jilbabku dulu yu ai ai bangettt lahhhh. Saiki nek kelingan isiiinnn aku isin :))))

  2. Kisah awal mengenakan jilbabnya itu menyentuh banget Mbak, jadi terharulah ini saya bacanya. Semoga ayah tenang di sisi-Nya ya Mbak, semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan.
    Bisnis hijab via online itu memang menjanjikan banget ya Mbak. Jadi ingat teman yang memulai bisnis ini, wow perkembangannya lumayan pesat :hehe.

    1. Aamin.. makasih ya, Gar!🙂
      Nah, akupun pernah pingin bisnis hijab clothing online.. tapi nggak jadi karena nggak mateng2 nggodok konsepnya, emang gak jodoh di clothing. Berangkat dari keinginan bikin dailywear dengan harga murah meriah ridho sih. Maybe someday yaaaaaa. Aamin.😛

  3. sedih baca kisah dibalik jilbab-nya, kirim alfatihah😦
    kalo aku pake jibab tp suka pake peniti, nah lo. Suka gatel sist di dagu. Makanya bersyukur banget sama yang menemukan inner ninja, aku gak perlu gatel2 lagi pakek peniti😀

    1. Makasih ya Diit🙂
      Aku lho malah gak pernah inneran karena sumuk :’). Makanya seneng nen0mu rashawl ini gak lake inner tapi nggak nggeser2 ihihi..

  4. Dil…, sampai segitunyakah belanja di IG?
    baru tau lho
    belum pernah nyobain belanja di IG, abisnya ada tetangga yg punya olshop juga, tinggal main ke dia aja..he..he.. dijamin lekas nyampe barangnya

    1. Iya mbak Monda, kalo yang jual jilbabnya model rebutan gitu.. dan orang rela ngantri lhooo. Product strengthness-nya bagus berarti ya. Widih enak tuh kalo belanja tinggal ngacir ke tetanggaaaa😉

  5. Aku biasa pake jarum pentul merk nyuwiii, yang agak glossy gitu warnanya *gak bisa pake peniti. Di IG bertaburan yang jual sampe banyak paket hemat segala.😀 Nah ini jarumnya tajem jadi Alhamdulillah gak ngebekas di kerudung yang murce sekalipun Kak Dila *macem buzzernya aja.
    Aku kirim Al-Fatihah buat Ayahnya ya Kak. :’)

  6. wah, saya belum pernah belanja di IG mbak *kekepindompet* karena saya tipe buyer yang suka pegang pegang dulu barangnya sampe puass.. trus tinggal pergi gak jadi beli… eh.. gak dink.. dipegang dulu, kalo udah sreg ya baru beli😀

    1. Ciyuusssss? Hwaaaa memang ada typical yg kl beli barang kudu dipegang. Nah, aku ini termasuk yg ngonlenshop abisss jauh dr sebelum bisnis onlen berkembang pesat. Halahh..
      Eh, tp emang gpp kan.. kalo beli gak sreg ditinggal pergi melenggang *nunggu dipanggil* *itu aku banget kalo lagi nawar*😛

  7. Masih mencoba membayangkan betapa badungnya dirimu dulu Dila. Hehehe.
    Temen yang main di IG juga menanti banget baju kreasi seseorang. Begitu dapat dia akan jual lagi. Tapi banyak yang cari banget. Lumayan menurut dia.

    1. Siapa siiiihh? Kaftan-nya Febiani Hermaini yang ludes dalam hitungan detik trus banyak yang jual2in lagi itu yaaaaa?
      Widiiih bandel lahhh, gausah dibayangin mas huahahahaha.. skrg dah insap :’P

  8. Aku lagi pengen nyoba yang instan macam produk @,rsdeviyanuari atau @bydonga😀 Kayaknya enak dan gampang aja, lalu pinggirannya dijahit bukan di neci gitu, jadi rapih, deh… Kamu tertarik nyoba, nggak, Dil? HAHAHAHA *nodong review maksudnya*

    1. Huahaahahahahhaa, meluncurrr yak ke IG! Btw aku ada juga jilbab hoodie instant punya @suciutami @such_by_s tapi terus tetep ems jarang dipake.. ini rashawl memikatkooooohhh hhahaa. Brb kepoin mrsdevi doloooo makaseeeeehh :3

      1. Kalo yg Suci ini aku kurang suka, entahlah, kalo pake instan beneran dan bertumpuk gitu rasanya kurang oke. Klo yg mrs devi atau bonga itu masih bisa diapa apain hahaha..

      2. Agree! Makanya jarang kepake nih hikssss.. coba hijabprincess juga sis huahahahaha… dese jual diamond georgette juga, tp ya gtu rada rebutan yassalam.. pernah beli skali doang bahan satin velvet buat kondangan, readystock gapake rebutan :p

    2. Saaaazkiii! Gw udah meluncurrr… eh, gw jg suka berkreasi pake rashawl loh dibikin jilbab syar’i gitu kaya punya mrsdevi, baru skali doang sih nyobain.. pantes apa nggak hhihihi. Itu emang penasaran deh bahan diamond italiano georgette kayaknya bagus jatoh. Terus punya mrsdevi ini instant yak jadinya makenya gampang kayaknya😉

  9. Waaaa detil bangeeett dilaaaa.. Emg ya.. Untuk anak kudet dan udah tlali cape gugling paling gampang buka postingan blog mu dil..

    Beneran sudah jadi wikipedila injmaah.. Hihihi..

  10. Aaaak.. Aku maoooo😀 Kayaknya bahannya lumayan tebel ya Mbak, aku males kalok kerudungan pakek kerudung paris karena tipis banget. Hahah..😀 Makasih reviewnyaaaa :3

    1. Mayaaan, dibandingin paris yg melambai2 itu ya enakan ini kesana sini bhhihhi.. beliii bebbbb, beliiiikk lucu buat punya2 nih😉. Ur most welcome :3

  11. salam kenal mbak. mo nanya, itu ukuran jilbab yg dikau ceritain itu brapa ya? tertarik pengen beli, tapi pengen tahu dulu ukurannya berapa secara saya ini ABG (akhwat berjilbab gede)🙂, yg pake kudungan panjang2 gitu. tengkiu infonya ya….

    1. Hi mbak, salam kenal juga yaaah.. ukurannya 180cm × 70cm. Aku kadang suka make model menjuntai kedepan seluruh badan ketutupan gitu, sampe perut lah. Itu masih bisa siiiih… tapi bagian punggungnya gak full lho yaaa. Ur welcome😉

  12. hahaha aduh Mba Dilla kebayang banget poni pinngirnya, eh tapi sekarang juga anak2 SMA masih pake model gitu kok #sukaliatdipinggirjalan😀
    Kalo aku sering pake jilbab pashmina dan pakenya pentul, pentulnya bukan di bawah leher tapi di samping telinga jadi nggak susah kalo mau nganga hahaha

    1. Waalaahh kirain jilbab poniman udah gak eksissss :p.
      Kalo pake jilbab pashmina brasanya lebih ngecover ya, Ke. Aku lagi suka tuh make versi ayu aryuli selebgram. Cm butuh 1 pentul/peniti.. jd berakrab ria sama pentul sejak pake jilbab :p

  13. Hai Dila, mampir sini. Salam kenal yaaa… Aku kesusahan kalau pakai yang model selain segi empat trus dilipat jadi segitiga. Soalnya mukaku kan lebar, kalau pakai yang model shawl suka makin lebar haha. Sebenarnya pas pindah ke Belanda, beli banyak yang model panjang, tapi balik lagi yang kepake yang segi empat. Thanks buat infonya🙂

    1. Hi Deny! Salam kenal juga yaaaahhh.. oiya, dirimu pindah hosting juga yak ke wordpress.org, aku buka blog cm dr tab jadi tampilannya berubah😉.
      Aku sekarang udah pewe banget make shawl.. tapi masih suka juga make segiempat juga kok, Den. Makasih yaaa udah main ♡

      1. Dari awal aku memang sudah pakai WP.org Dilla, belum pernah pindah2 hosting hehe. Itu blog berdua sama Suami, jadi emang dia yang bikin teknisnya

  14. Astaghfirulloh… JIPON hwahahahaha…. Jilbab Poni!!😆 eh matur nuwun riviu nya. Udah lama bianget koyoke yo rikwes ku. Aku sampek wes lali😆 aku jadi napsir rashawl ini deh. Tp kapan makenya ya. Scara aku bergo mania.

    1. Iyaaa aku soale ngumpulin warnanya dulu *niat*. Aku tuh malah bener2 pake ini terus sekarang. Pewe bangeeettttt… yang belom kesampean saran dikau yg ungu terong cocok utk kulit asiaaaa huahahahaa

      1. Cuzz deh belik. Ungu terong, merah bata (keoranye-an), fuschia…. Tone2 warna yg pastindja will look good on you

Leave a Reply

