#LDR

Liburan nggak usai-usai hahahhaaha.. wordpress hampir dicuekin, padahal sehari-hari biasa ngecek blog reader buat segerin mata dan otak ini dengan tulisan dari blogger lain. Soalnya berasa banget di rumah Ortu itu semacam merdeka jauh-jauh dari domestic thingy. Jadi kalo di Jakarta me time nya itu baca-nulis, disini tuh me time yang sebenarnya.. tidur siang, nyalon, nonton, luluran di kamar mandi tanpa keburu-buru, pergi jalan-jalan nge-es duren sendirian.. lol. Bukan berarti baca-nulis bukan kegiatan yang asyik ya, tapi rasanya indah aja melakukan kegiatan-kegiatan yang “mahal” harganya alias gak bisa dilakuin selama di Jakarta saat menjalani hidup sendirian tanpa ada Ortu, adik-adik (yang disini dengan senang hati ngerumat Bocil) dan mbak squad yang bantuin ini itu. Bukan pula sedang tidak bersyukur dengan kehidupan sendiri disana, tapi setiap Ibu rumah tangga saya rasa butuh time out biar nggak dikit-dikit ngomel sama garukin ini itu sehingga dapet komen dari penonton: sudahlah, mungkin dia lelah..

image

Pic taken from here

Seperti biasa, prolog yang ngalor ngidul hehehe.. minggu lalu setelah kopdar sama Febri, dia semacam curcol gitu soal LDR alias Long Distance Relationship, yang mana saya ini kan mantan #pejuangLDR yang berujung ke pelaminan (eaaa). Setelah itu dia menyebut saya sebagai suksesor LDR, gelarnya oke ya hahahahhaa.. trus bilang: ayo tulis tentang #tipsLDR mbak!
Dengan menghela nafas panjang, akhirnya saya coba flashback.. kisah LDR yang bisa dibilang nggak sukses-sukses amat sih sebenernya walaupun lulus juga. Kalo dosen killer mungkin lulus dengan nilai C+, kalo dosen kebanyakan ya B lah, kalo dosen baik hati dan nggak pernah ngecek ulang absensi sehingga berpotensi tinggi untuk titip absen mungkin akan kasih nilai A-. Lama-lama nilainya ngelunjak 😝😂.

LDR satu tahun Jogja – Jakarta dilalui dengan jalan lumayan berliku, kalo nggak bisa dibilang terjal. Sharing aja kali ya daripada bilang tips, tips kan dari expert.. kalo saya kan cuma pelaku hahaha.

1. Saling percaya
Awal mula dihadapkan sama situasi ini, saya sama mantan pacar bilang: “pokoknya kita saling percaya aja ya, gak usah curigaan.. gak akan ada apa-apa kok”. TAPI TERNYATA GAK SEGAMPANG ITU MAMEN. Namanya juga manusia ya.. punya rasa punya hati jangan samakan dengan pisau belati. Rasa percaya juga harus diasah, karena seperti pisau yang bisa tumpul.. begitu juga dengan kepercayaan. Caranya ya dengan komunikasi yang baik sama pasangan. Menjaga komunikasi supaya tidak (atau seminimal mungkin) menimbulkan salah paham yang berujung pada terkikisnya rasa percaya kepadanya. Soalnya menurut pengalaman, hal-hal kaya gini rawan terjadi saat sedang LDR. Modalnya kan cuma percaya sama omongannya. Katanya nih katanya, justru rasa percaya yang kita taruh kepada pasanganlah yang akan menuntunnya untuk setia dan tidak melakukan hal-hal yang melanggar prinsip yang sudah dibuat dan disepakati berdua. Katanya lho ya.

2. Tidak ada mantan diantara kita
Emang mantan salah apa? Mantan itu kan jodoh orang lain yang pernah kita cicipi orang yang Tuhan ciptakan untuk kasih tau bahwa kita pernah salah. Mantan emang nggak pernah salah, tapi kenangan kan nggak pernah berubah. Bukan berarti kenangan bersama mantan harus dibumi hanguskan, tapi jangan pernah membawa mantan ke dalam kehidupan baru bersama pasangan sekarang dengan alasan apapun.
Yakinlah, pasangan kalian itu manusia kan? Nggak nyaman lho dengar cerita dan kenangan bersama mantan kesayangan terdahulu dari orang yang sudah dipilih untuk jadi someone special. Move on, please.. at least respect your b/g friend now. Mungkin dia bukan nggak punya kenangan indah bersama seseorang dari masa lalunya. Ada, tapi dia simpan sendiri atas dasar jaga hubungan dan perasaan pasangan sekarang. Hayolo.. 😝

3. Cemburu sesuai porsi
Dengerin cerita pasangan di kehidupan barunya yang jauh dari kita, pasti menimbulkan rasa penasaran. Apalagi kalo dia kedengeran happy.. lalu lama-lama pasangan akan punya teman atau komunitas baru yang kita nggak kenal. Terus ada sebuah nama lawan jenis yang kayaknya sering terucap dari bibir si cinta, aduh.. kayaknya bisa terjadi apa-apa nih kalo dibiarin. Kan witing tresno jalaran soko kulino kalo kata Eyang putri. Gimana ini gimanaaaa? *panik*. Terus buka path ngeliat meme:

Pada akhirnya, yang telpon dan bilang:kamu sakit apa yang? Sini aku peluk dari jauh yaa.. :3akan tergantikan dengan yang bilang: “kamu sakit? Tunggu ya, aku ke kost bawain sup anget sekarang”.

JLEBBB.. Gusti Allah, alhamdulillah jamanku durung ono path :’))) *dirajam anak kekinian yang lagi baca*

Nggak perlu cemburu berlebih, sebenernya cemburu itu timbul dari permainan pikiran. Pikiranlah yang mengontrol sebesar apa rasa cemburu itu muncul. Yang tau batasannya cuma diri kita sendiri, kalo dirasa udah kelewatan.. tarik napas, buang lagi dan bilang sama diri sendiri: perlu nggak saya melakukan ini? Soalnya kalo nggak nanti bisa kebablasan terus insecure dan mengakibatkan tindakan irrasional. Ibarat pasir yang ada di genggaman tangan: semakin erat kita menggenggamnya, semakin banyak pasir yang keluar dari sela-sela jari.. vice versa.

4. Temu muka minimal sebulan sekali
Nggak sebulan sekali juga sih.. itu case saya aja, dulu komitmen kami sebulan sekali ketemu. Pacar yang ke Jogja sih karena saya males banget keluar duit buat beli tiket ke Jakarta, trus lagian kan dia sekalian mudik gitu loh. Kalo saya sekalian mau apa ke Jakarta? 😝😁😂. Temu muka itu penting, masa ya mau denger suara mulu.. kalo yang LDR nya lintas pulau atau benua ya paling nggak mengandalkan skype atau aplikasi smartphone lain. Kalo tiap bulan mudik ya berabe, bisa membahayakan kesehatan dompet. Tapi usahakan untuk ketemu deh, karena rasanya seneng banget hahaha!

5. Berdoa, berjuang dan berpikir positif
Nah, ini cliche nih.. tapi kita ini kan hidup dalam naungan Tuhan. Tuhan sudah atur jalan umatNya, tinggal kita berusaha dan berjuang untuk dapat yang terbaik untuk kita sendiri. Tuhan juga nggak suka sama orang males kali.. “yah, kalo jodoh juga nggak kemana” iya, nggak kemana-mana emang.. cuma jatuh ke pelukan mantan-nya tetangga *ketawa setan*. Berjuang untuk orang yang kita sayang dan yakini bersamanya kita akan hidup nanti itu penting. Banyak case LDR bubar jalan karena salah satu pihak (atau dua-duanya) nggak mau berjuang karena sudah berfikir negatif atau apatis.. “ah udah deh kayaknya emang susah hubungan jarak jauh kaya’ gini, bikin capek ati doang” *sambil nangis mrebes mili*. Kalimat demotivasi gitu bahaya kalo dilanjutin.. kalo memang yakin, berusaha dan berfikir positif!🙂

image
Kenal - jadian 2006, married 2011. Gelas lope2 diskonan kedaung.

Kalo saya dulu ngerasa sayang buat nyerah sama masalah yang timbul karena LDR. Soalnya dari awal nerima tembakan ECIYEEE TEMBAKAN si mantan pacar, saya bilang kalo yang bikin saya mau sama dia itu karena saya ngerasa nyam-nyam. Nyam1 = nyaman, nyam2 = nyambung. Nyaman atau nyambung doang gak cukup men, kalo nyam-nyam tuh enak deh.. betah jadinya dan ada aja yang dibahas, dan ternyata kedepannya hubungan yang dijalin atas landasan itu bikin layak diperjuangkan, azek jos.
Semua yang saya tulis diatas itu berbekal dari pengalaman saya sama si lelaki chubby gembul tercinta yang ngeselin ganteng unyu uprit tapi kadang-kadang romantis kesayangan sih. Tentunya banyak banget errornya selama setahun berjauhan itu.. banyak terjadi pertumpahan air mata dan pulsa prabayar demmm.. tapi alhamdulillah bisa teratasi karena masing-masing memang udah ngerasa yakin dengan pilihannya.
LDR memang berat, kalo suruh milih saya juga ogah deh.. tapi dulu mikirnya dijalani aja dulu, ternyata malah bisa jadi ajang belajar ngatur emosi, mengenali sifat pasangan lebih jauh sama introspeksi diri hahahhaa.. lebay yak pelajaran hidup dari tiga buah huruf ini.
So, masih takut LDR-an? Gpp juga, wajar.. kalo bisa ada komunitas #IndonesiaTanpaLDR –atau #IndonesiaTanpaMantan pasti saya daftar jadi anggota nomer satu, bhuahahhaahaa.. just kidding ya bok. Nggak perlu segitunya, yang jelas hidup itu proses. Mencoba menikmati proses hidup dan menjalaninya dengan sebaik mungkin, itulah inti menjalin relasi cinta dengan orang lain.. mau LDR ataupun nggak ♡.

Dila, mantan pelaku LDR.

58 thoughts on “#LDR

  1. dan akikaaa dong seorang pejuang ldr. yang mana ga bisa ngapa2in. ya kali deh mau disamperin di rig. hahahaha😀 . udah gitu kondisi sinyal yang kacrut juga turut menyemarakkan drama ldr akikes, lho dil. intinya ya saling percaya dan saling ngedoain. alhamdulillah, meskipun masih suka berderai2 air mata, paling enggak ikhlas kok ngejalaninnya. demi masa depan yang lebih baik, dil, merdekaaaah!😀

    tapiiii aku dulu pernah punya cerita ga enak lho sama ldr. waktu itu akikes ldr an sama mas2 sipil ugm itu lhoooh. waktu itu kita udah sama2 kerja. akyuuu di jekardah, desye di papua, bok. yoih desye engineernya lng tangguh itu. singkat kata, singkat cerita, akikes diselingkuhin bok. udah mau nikah pan kiteee, tiba2 dia ngilang. dan olalaaaa nongol bentar bawa berita kalo desye mau kawin, mak sama ciwi lain. mau matik ga sih? btw, desye sekarang udah meninggal sih. tetep ya bok meskipun udah diselingkuhin dan disakitin kek gimana, tetep lho ada sedihnya pas tau desye meninggal😀

    panjang ajaaah bok.. udah ah, salam ldr!😀

    1. Tadinya mau komen “TAMPAAAR”, tapi terus tercekat baca penutupnya.. tetep lah ya sedih, sejahat2nya kelakuan alm dulu kan tetep ya bok pernah mengisi hati (dan hari) pleussss… it makes u a human hihihihii.
      Semangat yaaaak LDR eh LDM sama mas Pasha-nya.. for a better future, aiiyyaaahhh hihihihii ♡

      1. itu yah dil, malem sebelum almarhum meninggal, akyuu mimpi doi lho. ga tau artinya apaan. ini juga yang ngebuat akyuu jadi penganut ugm, umat gagal move on, mak. 5 taun kemudian baru deh akyuuu mau dipersunting pasha ungu kw3. bahasanyaaa.. hahahaha😀 . tapi worth the wait sih dil. aseeeek😛

    2. Kayaknya suaminya satu profesi sama saya mba …hehe.. saya juga pekerja di Rig dan udah 2.5thn LDR eh… LDM sih karena bukan pacaran…semangat mba… saya salut sama istri2 perminyakan yang sering ditinggal2… *lalu kangen istri .. =(

      1. ldr kan long distance relationship. relationship sendiri bisa dalam artian dating ato marriage kan? santi anaknya suka gitu, hahaha.. maklumin yah. namanya juga pejuang ldr😀

      2. platform lagi shutdown smp tanggal 21. jadi lagi kerja zuppperrrr rodiiii.. sampe kadang istli plincess terabaikaan. cediiih, hahaha *biasa aja kali san😀😀

      1. Huahahahahahaa, iya itu yg dulu gak sukses LDR bukan mister right.. tapi mister right now (past). The real mister right nya ya si papa Bazyl :p. Aku nulisnya juga gapake titik komaaaaaaa 😂😝

      2. Wkwkwkwkwkw owalaahhh iyaaa sukses gak sukses plus digantungin Dil. Anak orang kan butuh kepastian doongg.. Iya or gak. Makanya nih Bazyl mesti gue didik jangan sampe gantungin anak orang pulaa ;))

      3. Isshhh sama! Arda juga besok kudu jd gentleman ahhh.. secara emaknya mantan korban gantungan juga *gantungan baju?? *komen terselip curcol 😂😂

  2. daku juga mantan pejuang LDR lintas benua selama 5 tahun (mahal tiket, mahal pulsa, mahal waktu mahal semua2nya,hehe) dan untungnya berakhir manis *gak mau rugi*. LDR itu berhasil selain krn memang sdah jodohnya dan krn memang kedua belah pihak memang betul2 serius jalanin hubungannya

  3. Gw termasuk yang pernah gagal LDR dil, cuma sekali-kalinya jakarta-kuningan doang padahal dan dia pulang dua minggu sekali.
    Tapiii…akuh selingkuh *tutup muka pake karung*

  4. Dila,

    Toss sesama survivor LDR! Aku LDR 3 tahun cuma ketemu 5 kali, banyak surat-suratan, kirim bunga dan nelfon. Bener kamu bilang, mau sukses LDR dasarnya percaya. Jaman aku LDR belum ada e-mail apalagi Skype & Whatsapp tapi kalo aku baca malah karena dua fasilitas terakhir ini bikin orang LDR-an bisa putus ya, soalnya mengharapkan jawaban langsung. Jawab text besok harinya udah dianggap terlambat.

    1. Aah ternyata mbak Yoyen pernah LDR-an juga, lucu pasti ya mbak liat G skrg udah gede.. nih lho mama papa kamu dulu pacarannya lintas benua😉. Bener mbak, aku jg baru nyadar.. kemudahan teknologi bs jadi boomerang tuh, dl aku jg suka sebel kalo ym/gtalk pacar tiba2 gak aktif padahal tadinya nyala.. makasih udah follow blog aku ya mbak Yo, tulisan mbak Yo khususnya tentang Indonesia – Belanda udah khatam aku bacain🙂

      1. Sama-sama Dila. Teknologi membuat manusia jadi manja 😃 Enaknya LDR oldskool kalo kangen, ya kangen beneran ha…ha…

        Aku ngga tulis tentang LDRan karena itu kenangan untuk diri sendiri aja 😃

  5. mbak dillaa… wkwkwk aku ngikik baca postinganmu mbaak :))))) kenalin, saya dulunya mantan pejuang LDR. aku di Sby dia di Jkt. LDR 2 tahun. dan saya diselingkuhin mbaaaakk… sakitnya tuh di siniiii *nunjuk dompet* wkwkwk :)))
    diselingkuhin karena dia berniat balikan ama mantan, diselingkuhin sama temen kerjanya 2x. wkwkwk… mengenaskan ya mbak..apalagi jaman saya kan ngehitsnya FB tuh😛 akhirnya dia nikah sama temen kerjanya itu, dan saya nikah ama temen kuliah. hihihi.. the end😀 *pssstt…waktu saya nikah, dia kirim messej kalau dia nyimpen foto nikahanku. *maksud ngana apaa cobaa :)))

    1. Iiihhh aku benciiikk benciiikk jaman FB itu *benci gajelas lol. Aku punya temen yang mantannya kayak mantan mbak Ratna itu.. udah dese yg selengki.. giliran temen aku nikah eh direcokin mulu. Perlu dipites kayaknya yaaaa.. :))

      Tapi alhamdulillah yah.. malah skrg jadi ketemu mister muhandoko dong, kudu ketemu yang salah dulu berarti mbak *sotoy ;p

  6. Ini antara mau ngakak sama mau tutup muka baca postingan dila..
    Akooooh…. LDR tiga kali, dua kali gagal, sekali berhasiiiil. Nggak usah cerita disini kayaknya kalo gagalnya, kayak bocah banget soalnya. Huahahahaha….
    Cerita LDR yang terakhir aja, Jakarta – Surabaya (mojokerto). Penuh drama dan derai air mata, mana si patjar msh freelancer, aku kerja gaji pas-pasan, kalo dese mau ke Jakarta kudu nagih2 invoice dulu ke mana2, kudu hemat ini itu, dibela2in pake tiket kereta ekonomi, cuman makan gorengan di jalanan biar bisa ajak aku makan di restoran, disini nginep numpang2 sama temennya, sampe akhirnya hampir 2 tahun, si patjar pindah kesini. Lalu ngelamar, dan menikahlah kita.
    Kalo lagi berantem, selalu keinget jaman dulu susah, nelpon aja nunggu tengah malem ngarepin gratisan, gratisan2 sms juga selalu dikejar.
    Chatting pake paket dhuafa atau kudu ke warnet dulu.
    Ishhh… Jadi curhat deh.

    eniwei, postingannya keren🙂

    1. Yaampun Qq, hebat juga yak bisa 3 kali LDR an.. untung sample terakhir berhasil yah? *lah :”)))). Memang jodoh tak pernah salah, emang jadinya apa Babenya Alif.. bener2, kalo lg brantem coba deh inget2 masa perjuangan dulu.. agreeeee!😉

  7. Suka banget postingan ini.
    Eike mantan LDR trus LDM juga, baru sempat ngumpul 7bulan udah terancam LDM lagi, nyesek Dil..
    Ntu yg nyebut2 temen di tempat baru dan “trisno jalaran saking kulino” mmng membahayakan, mbok tau diriii gitu lho..😝😝.
    Hidup #indonesiatanpaLDR!

    1. Haaaa, jadi ini calon LDM lagiiii?
      Aku jg paling menghindari yg namanya LDR sebenernya, malah ada kans buat LDM nih aku, moga2 kalo kita LDM nanti gak suwi2.
      Gak enak yaaaa, mending idup seadanya tp ngumpul kl aku.. kalo aku ya :”)))).

      #indonesiatanpaLDR yesss!

  8. Hallo Mba Dila

    Kalau ditanyanya sekarang takut apa nggak LDR jawabannya takut! Tapi 2 tahun lalu di tanya sanggup LDR bilangnya sanggup hahahaa apasih.
    Intinya aku korban gagal LDR, satu tahun LDR dan 2 minggu sebelum hari H semua batal huhuuuu…
    Alasannya karena keraguan yang ada ketika LDR tidak disampaikan oleh masing2 dari kita, komunikasi sih lancar tapi sambil memendam keraguan🙂

    Tapi dari semua itu aku belajar arti ikhlas dan jadi lebih dewasa lagi. Tapi, sekali lagi kl ditanya mau LDR apa nggak, jawabannya NGGAK!
    heheheee

    1. Yaampun Keke (bener nggak manggilnya? Panggil nama aja yaaa?)
      Pedih juga ya ending cerita LDR nya huuu.. iya emang, berat euy LDR.. ternyata hal yang dipendam itu bs jadi duri ya. Semoga nggak akan menemui LDR lagi di masa depan yaaa😉

  9. Makasih, Sesepuh LDR.. :* :* :*

    Iya emang harus banget percaya, dan ngga lama-lama LDRannya.. Ngga kuat ih menahan rindu. Pret. Wahahahah😀

    1. Pasti gak sabar bulan mei deeeh, mau ke Jogja yaaaaa? :*
      Tapi rindunya orang LDR kalo ketemu itu bagaikan keran aer lupa dimatiin: lubeeeeerrŕ bok!😀😀
      Semoga kalian juga nanti jadi sujsesor LDR yaaaaa ♡

  10. Wuhuuuu di posting juga akhirnya ya requestku😀 wkwkwk
    kereeeeen mbak perjuangan LDR sama Tipsnya :3 wkwkwk
    setelah baca-baca komentar dari berbagai temen blogger, kayaknya mereka pernah menjalin LDR juga ya :p wkwkw ngakak aku😀

    Doain aku sama bebay ya :p

    1. Iyaaaa ternyata banyak juga lho pelaku LDR, baik yang sukses maupun bubar jalan huuuu. Semoga someday gantian kamu ya Feb yang posting Suksesor LDR, eciyeeeee aamin!😉

      1. banyaaak banget ternyata :3 harus belajar sama yang sukses sama yang bubar ya😀 Amin ya Allah :3 makasiiih banyaaak ya Mbak Dilla :3 tunggu postinganku kalau udah berhasil LDRnya kelak :p

  11. Saya pelaku LDR …Dan LDM mba.. hehe… 2,5thn udah jalanin ini.. Alhamdulillah gak ada masalah berarti…

    Salam Kenal ya mba… semoga berkenan mampir ke Blog saya..

    Salam
    Indra

Leave a Reply

