Calon Ibu Suri

Ibu suri disini maksudnya Ibu mertua. Pasti banyak kan yang menyebut Ibu mertua dengan sebutan ini? 😁😁. Ya nggak salah sih, Ibu suri itu kan setau saya maknanya adalah: Ibu dari Raja yang sedang berkuasa. Boss of the boss lah.. tidak bisa dibilang perumpamaan yang tepat juga sebenarnya. Suami kan bukan boss, dulu waktu nikah perjanjiannya bukan atasan dan bawahan tetapi partnership. Sesama partner harus saling menghormati dong ya.. menurut saya sih kayaknya begitu. Setuju gak?😀

Saya iseng ngetik dua kata: ibu mertua.. tiba-tiba begini nih yang muncul:

image
Nomer 1 - 3 😂

Nomor satu sampe tiga sepertinya yang paling banyak ditanya oleh netizen wanita ke om google nih. Apakah memang banyak Ibu Suri yang terlalu ikut campur dan pilih kasih kah? Hehehe..
Sejujurnya, saya tergerak untuk nulis topik ini karena entahlah.. tiba-tiba terlintas memory tentang hubungan saya yang sempat memburuk dengan Ibu mertua. Hubungan baik dan kompak yang terjalin lima tahun lamanya (saya termasuk geng pacaran lama) tercoreng karena masalah yang timbul setelah kelahiran anak saya. Banyak hal.. tentang suami yang mungkin jadi lebih banyak mencurahkan waktu untuk saya dan keluarga, tentang saya yang resign dari kantor dan memutuskan untuk jadi IRT, padahal menurut beliau saya ini gak mungkin survive kalo gak kerja diluar. Tentang cara pemberian asi jaman si bocil belum bisa nenen langsung ke payudara.. saya kekeuh maunya pake sendok atau cup feeder sedangkan Ibu Suri nyuruh pake dot aja biar cepet dan banyak sekali glek. Saya ngotot nggak mau, takut bocil bingung puting😐, dan masih banyak lagi kisruh yang tercipta karena hilangnya objektivitas diantara kami berdua. Saat itu saya merasa sebal kuadrat tingkat dewa dewi khayangan mandi di kali sama sang Ibu Suri. Antiiiii banget deh rasanya kalo deket-deket, tapi dasar melankolis.. habis sebel pasti dilanjut nangis. Kan gak enak banget kaaaan.. ngabisin energi banget rasanya, belum baby blues pasca delivery yang rasanya gak usai-usai. Belum LDR sama suami karena saya ngelahirin gak di Jakarta. Sebagai wanita bengis dengan casing manis saya merasa gagal.. *inhale exhale*

Hampir satu tahun saya punya perasaan nggak nyaman dan masih memendam kesal sama beliau, dan itu nggak enak banget sumpah. Bisa ngobrol dengan baik dan ketawa-ketiwi, telpon-telponan seminggu sekali tapi deep down inside hati ini masih menyimpan sebal tuh rasanya gimana sih? Kaya lagi makan enak tapi sebenernya di dalam perut ini perih krucuk-krucuk karena diare. Kudu cepet-cepet pup biar lega walaupun abis itu lemes ndedhes. GAK ADA PERUMPAMAAN LAIN APAH. Maaf ya kalo ada yang baca sambil makan 😂.
Sampai akhirnya ada kejadian yang menjadi titik balik dimana semua rasa sebal itu seakan menguap tergantikan dengan rasa sayang yang sempat terkikis. Sebuah salah paham mengantarkan saya untuk telpon ke sang Ibu, saya menangis.. saya semacam katarsis. Saya bilang kalo saya ini sayang sama beliau, saya hormat kepada beliau seperti yang saya lakukan kepada Ibu kandung saya. Saya curahkan apa yang saya rasakan.. tolong percaya saya. Kemudian sang Ibu juga menyatakan hal yang sama dan minta maaf kepada saya, tulus..😥, tentunya dengan gaya penyampaian beliau ya. Legaaa banget rasanya, dan bener lho satu tahun ketidaknyamanan dan rasa sebel itu bener-bener hilang. Alhamdulillah.

Sekarang, seiring anak laki-laki saya bertambah umur.. entah kenapa terbayang akan posisi Ibu Suri saat dulu merawat suami. Lelaki kecil yang kemana-mana ngintil karena nggak ada asisten di kanan kiri. Lelaki kecil yang kepadanya selalu muncul doa dan ucapan baik yang mengiringi hidupnya dimanapun dia berada. Lelaki kecil pertama dalam hidupnya yang kemudian bertambah besar, dewasa dan punya wanita lain, yang akan dicintai, disayangi dan dilindungi seumur hidupnya. Saya.

Bagaimana perasaan Ibu Suri?
Jealous? Pasti.

Kemudian saya coba berkaca ke diri ini.. kebetulan apa yang Ibu Suri alami sama persis dengan yang saya jalani sekarang. Ibu dengan anak tanpa asisten. Apapun yang saya lakukan jam 7 pagi sampai 6 sore dia ada disamping saya, lima hari seminggu. Poros kehidupan saya berpusat padanya. Kalau bocil sudah besar nanti dan punya wanita pilihan hatinya.. kalau dia memilih untuk mendahulukan kepentingan dia dibanding saya, Ibunya? Apakah saya yakin untuk tidak melakukan seperti yang Ibu suri sekarang lakukan? Belum tentu. Apakah saya yang galak jutek bin rese kalo lagi laper apalagi bokek bisa tahan untuk tidak melakukan hal-hal yang mungkin akan membuat menantu masa depan saya tidak nyaman dan benci sama saya? Belum tentu juga. Bahwasanya perempuan itu memang tidak ditakdirkan untuk berjalan beriringan tanpa ada rintangan. Wanita itu sosok yang kompleks.. main perasaan. Hampir tidak ada menantu perempuan yang nggak pernah berkonflik dengan Ibu mertuanya. Paling tidak keadaan ini berlaku di Indonesia ya.. hehehe. Cmiiw.

Alhamdulillah.. sekarang saya bersyukur sekali dengan keadaan yang sudah stabil dan kembali seperti sediakala. Kembali bisa memiliki hubungan yang baik dengan Ibu Suri seperti awal menjalin hubungan dengan Raja kesayangan-nya dulu.. yang jelas, saya tambah sayang sama beliau. Apalagi mengingat laki-laki pilihan saya juga dibesarkan dengan tangannya. Dilahirkan dan disusui sampai dua tahun lamanya, di didik dan diajarkan agama olehnya.. seburuk-buruk orang yang kita pilih, pasti lebih banyak kelebihannya bukan? Karena naluri pasti mengarahkan untuk memilih yang terbaik bagi diri kita.. saya rasa nggak ada orang yang dengan sengaja mencari kriteria buruk dalam diri seseorang untuk dijadikan partner hidup (insyaAllah) untuk selamanya.

Kedepannya, saya ini insyaAllah adalah Calon Ibu Suri. Diluar sana, entah di bagian dunia mana, ada perempuan calon menantu yang akan manggil saya Mama. Masih panjaaaaaang sekali waktu sampai ke titik itu. Tapi paling nggak, sembari membesarkan Raja kesayangan saya sendiri, saya bisa jauh lebih menghargai setiap tindakan Ibu Suri yang mungkin bisa jadi melukai perasaan saya. Mencoba memahami apa artinya.. apakah benar melukai atau hanya ego saya yang ingin jadi wanita nomor satu sang Raja. Belajar memposisikan diri saya yang akan menjadi Ibu Suri untuk wanita pilihan anak laki-laki saya nanti. Duh, lebay yeeee.. anak aja masih makan disuapin 😂😂😂. Tapi terkadang waktu berjalan begitu cepat tanpa memberi kesempatan untuk sejenak berpikir apa yang akan dan harus dilakukan, at least berlaku untuk saya. So, semoga catatan kecil ini bisa menjadi pengingat di masa depan nanti.
For the life lesson, Thank you.. Mama ♥

Ibu galau yang lagi mikir ngawang-awang. Tapi postingan ini ditulis dalam keadaan sadar 😂

44 thoughts on “Calon Ibu Suri

  1. keren bgt post pagi ini mba. jadi mikir kalo ada diposisi suami mba nantinya. pasti akan mengalami itu.

    1. Thank u, mas. Iya bener.. suami paling bingung nanti, satu Ibunya satu lagi istrinya.. gpp kalopun kejadian, justru jd pelajaran hidup🙂

      1. iya pasti setiap suami pernah dan akan mengalami masa itu. yang penting coba bersikap adil dan pada porsinya. hehehehe

  2. Kece amat sih Dil, tulisannya. Hubungan sama ibu mertua memang complicated. Kalo aku nih, kebetulan suami tulang punggung keluarga sebelum nikah aku. He’s yatim aniway. Trus tiba2 nikah sama aku, yg kenal aja baru beberapa bulan. Tiba2 aja stranger girl ini jadi center of her son’s world. Kebayang ga? Makanya kalo ibu mertua bersikap agak gimana gitu, in shaa Allah ikhlas & maklum. Tapi di luar itu ibu mertua sayang lho sama si mantu ini. Sampe kapan hari dibeliin heavy duty mixer krn tau aku suka masak2an. Padahal kan mahal. Sementara ibu mertua itu guru paud sm penjahit. Huhuhu, suka terharuuu ih aku😦

    1. Iya Saaaan, Ibu mertua tuh sebenernya (dan pasti) sayang sama kita. Itu itu kamu bs bikin roti tiap hari tanpa ngulen dddoooonggggs *mupeng mixernya* hahahahaa. Wajar banget kok kl ada jealous2nya… aku aja kadang, –kadang nih kl lg error… ada suka jealous kalo bocil lg nempel pel pelllll sama bapaknya, gmn sm wanita lain *emak posesip*. Semoga kita bs jadi Ibu mertua yg asik ya besok hahahahaaa :p

    1. Iyaaaa alhamdulillah mbak Gustina.. lega gt hatinya, apalagi dr awal memang udah deket terus tb2 ada gap ya sedih, untung udah hore lagi n dapet hikmah. Makasih yaaaa😉

  3. Alhamdulillah sekarang hubungan udah kembali harmonis ya Dila🙂
    kalo saya dgn mertua belom pernah sih ada kejadian yang gak mengenakkan,wong saya gak bisa bhasa Romania,ibu mertua pun gak bisa bhs inggris, dan untungnya tinggal berbeda negara jadi jarang ketemu, lumayan mengurangi percikan2 api pertengkaran (cieee) kan suami saya anak laki2 satu2nya sudah pasti mertua akan sayang banget sama anaknya;-)

    1. Iya adiaaaaaa, hampir setahun lah dulu ada rasa gak enak.. gongnya ya yg aku ceritain diatas. Langsung ilaaaang semua rasa2 negatif, kayak lair kembali aja… halah :p

      Iyaaa kalo jarang2 ketemu malah enak Ad.. *lho. Ya tapi bagaimanapun mmg Ibu mertua = Ibu sendiri ketika udah menikah, jd mmg harus bs kompromi kedua belah pihak biar damaaiii gt hidupnya :p

    1. Bisa jadi Yayang, eh boleh panggil nama aja yah😉. Kl aku dl ketemu terus lho dan adem ayem.. tp pas baru lahiran itu deh, br punya anak.. ego aku jg mungkin gede banget gak mau trm masukan ini itu krn gak sesuai sm “ilmu” yg dipelajari huahahhahha…. buibu kekinian problems :p. Semoga adem ayem terus ya Yayang😉

    1. Bisa juga mas.. salah paham, terus sakit hati, terus dendam #rauwisuwis. Makanya memang dibutuhkan toleransi dan kompromi oleh dua orang wanita yg tiba2 pny hubungan Ibu dan anak halah.. soalnya jarang banget nemuin konflik menantu laki2 sama Ibu mertua.

      1. Karena laki2 cm mengeluarkan 7rb kata perhari, sedangkan perempuan 20rb kata lol. Kalo irit ngomong, konflik jg makin sempit. Ini sotoy2nya aku mas Ryan! Hihihiii…

  4. duhh Dila…aku nih akhir2 ini lagi kumat homesicknya baca ini makin kangen mama mertua dan mama dijakarta walau kadang kita suka akur gak akur, saling cuek tapi mau gimana juga ibu tetep ibu selalu ada diati. jadi kepikiran dan sellu kepikiran kalau nanti Bazyl udah punya istri…trus gue dicuekin hiks hiks..gak sanggup bayanginya😦

    1. Benerrr Nis, mau akur gak akur tapi yakin deh kangeeennn. Ini aku baru nyampe Jogja lg ketemu mama mertua, girang dimasakin macem2 *gembul banget kan ketawannn fokesnya makanan :)). Itu aku juga kepikiran lol.. lebay yaaa.. sampe2 kalo mau tidur salah satu doanya adl: nanti istrinya baik sama mama yaaaaa :”)) *welkam tudeklab Nis hihhihi

  5. Dilaaaa.. wa baru bener2 liat postingan barunya banyak sekaliii hihihih.. akhirnya cerita ‘penting’ yang ini keluar juga yaa.. ah senangnya kalau semua baik-baik sajaaa..

    baguuuss postingannya..

    1. Iyaaaa mbak, mayan juga ngempetnya… alhamdulillah sebelum arda ultah ke-1 dulu udah beres lg atinya hihihi. Sekarang mah ya ndeprak ndeprok bareng lagi kaya dulu😉. Makasih yaaaaa mbakkk ♥

  6. aaihh.. mbak dila..jadi terharu baca post yang ini. ihi ihi ihi.. memang sih.. hubungan sama mamih mertua semacam love-hate-relationship. kadang sebel, kadang sayang. tapi banyakan sayangnya kok😉

    1. Indeed, tetep lah banyakan sayangnya.. terus kita harus sayang n hormat juga sih sama beliau. Namapun udah sah kawin sama anaknya hehehhe😉

  7. Alhamdulillah..mertua ku baiik banget sama aku, mungkin krn suamiku anak kesayangan jd aku ikutan disayang sama mamer.. malah aku nya yang suka cuek sama mamer..jaraaang banget nelp, malah beliau yg suka nelp atau sms aku duluan.. trus kl maen ke rumah beliau suka rajin bersih bersih sama bantuin cuci piring..padahal aku kl ke rumah mamer jareng bantu bantu coz dah remping sama krucils..emang menantu kurang aja aku ini.. *sungkemsama mamer*

    1. Lol, jarang bantu krn rempong ama krucils gpp.. mamer pasti ngertiin hihihihi. Alhamdulillah, mamer itu pada dasarnya emang baiiiiikk.. kudu disayang2 juga makanya kaya Ibu sendiri. Apalagi pny anak cowok gini, haduhh.. jgn sampe kualat, kan ntar bakalan punya mantu cewek :p. Aamin..

      1. Eh sebenernya gak rempong rempong banget sih, emang dasarnya akunya yg pemalaz. tp kadang kadang masih suka bantu ngepel sama cuci piring kl pembantu nya lg gak ada. Iya nih aku takut kualat, anakku dua duanya cowok pula. Mesti aku doktrin dulu supaya cari calon istri yah sholehah , sayang sama mertua

Leave a Reply

