Mainan Alis

Halo, apa kabar semua? Mohon maaf lahir dan batin yaaa.. walaupun gak pernah publish link blog, walaupun yang baca entah siapa.. tapi saya yakin pasti ada yang tiba-tiba nyasar kesini gara-gara keyword pempek dos Ny. Liem atau egyptian magic cream, hahaha! So far tulisan tentang itu selalu berada di top viewer.. oh dan tentunya juga postingan mengenai mbak Rensut yang suka bikin kaget karena tiba-tiba dalam sehari bisa membludag oleh para netizen yang mampir kesini.

Blog ini alhamdulillah adalah sarana me time saya yang paling menyenangkan. Jadi, isinya ya rupa-rupa hal yang saya alami,  senangi bahkan tidak disukai. Bisa tentang perasaan, pemikiran atau hobi. Yaaa, dan hobi saya yang baru beberapa bulan terakhir ini adalah.. mainan alis! Hahahaha.. hobinya aneh, tapi kalau mau iseng bukain instagram dan forum-forum grooming wanita bahkan parade postingan para beauty blogger. Ternyata hobi saya masih ecek-ecek, terbukti memang alis adalah salah satu fetish perempuan kali ya.. sehingga banyak sekali bahasan (dan tutorial sederhana sampai lengkap) mengenainya.

Saya terhitung telat untuk merapikan alis. Ingat betul, tahun 2007.. partner kerja saya ngajarin pake eye liner. Setelah itu saya getol belajar, penting banget yak😀. Dia juga ngajarin cara bikin alis, karena menurut ajaran dia (yang ternyata betul lho), alis itu adalah bingkai wajah. Mau berwajah lembut atau garang bahkan wagu bisa ditentukan dari bentuk alisnya. Tapi saat itu saya nggak merasa penting sama alis yang digambar-gambar pakai pensil, selain nggak bisa juga tentunya. Walaupun nggak penting, saya tetep beli perangkat gambar alis paling mutakhir andalan para wanita indonesia bahkan para MUA terkemuka yang masuk ke jajaran “cheap but great make up” tadadaaaaaa: pensil alis viva! Saya ambil yang shade brown, karena kalo black bakalan keliatan kereng banget di muka.

Sampai berganti tempat kerja dan menjadi so called mbak-mbak kantoran, saya tetap make pensil alis dengan cara alakadarnya. Rek urek urek yang penting itu coklat-coklat nempel di alis. Lalu 2010, berkenalanlah saya dengan Anastasia Beverly Hills-nya Indonesia yaitu IBU NARSIH FTW! Yo mamasitta, Bu Narsih is in da house, mommah! Beliau ini pemilik salon waxing yang namanya sangat cetarrrr di telinga wanita penganut ajaran less is more for hairy, like me yeyeye. Pokoknya dia sediain fasilitas waxing from head to toe dengan harga terjangkau, walaupun ngantrinya parah gellllaaa.. thanks buat kantor saya yang sangat berdedikasi memberikan waktu luang seluang-luangnya buat nongkrong disana berjam-jam ngantri sambil ngemil bakso hahahaha #yakalee. Oh, dan salah satu jasa disana related to my post adalah threading alis. Treading adalah cara menghilangkan rambut alis dan membentuknya dengan menggunakan benang. Ibu Narsih juga sudah menyalurkan keahliannya kepada para kapsternya lho. Jadi, pernah beberapa kali juga saya ditangani dengan kapster, dan hasilnya juga memuaskan. Great shape dan jauh dari wagu deh. Bukan yang alisnya ilang, wes ewes ewes babblasss alise.. Hidup alis nike kebalik!😀

image
Courtesy of: @sulamalisdotcom (instagram)

Kembali ke era sekarang, sulam alis adalah salah satu cara untuk membuat alis terlihat apik membingkai wajah. Prinsip kerjanya adalah dengan mengisi bagian kosong dari alis dengan rambut, kemudian memberi pigmentasi warna dan tentunya menciptakan bentuk yang bagus disesuaikan dengan bentuk wajah (semuanya dilakukan dengan alat –saya kurang paham namanya). Artis sulam alis yang sekarang sedang super super naik daun adalah Anggie Rassly (instagram: sulamalisdotcom), she had a touch of magic! Client nya dari orang biasa (bukan dari kalangan entertainer), entertainer sampai sosialita. Saking lagi hot hotnya, waiting list di studionya sudah sampai tahun 2016 boo.. gila kan, demi sebuah bingkai wajah bernama alis, hihihhi! Saya sebenarnya tertarik, namun saya bukan orang dengan kantong yang menghabiskan 3 mio for pair of brow, dan yang utama sumamik pasti ga bakal ngijinin kalopun ada dananya dan saya ngotot minta sulam alis. So, lupakan sulam alis dan mari kembali jelajah alat-alat peralisan guna mendukung hobi baru yang keremaja putrian ini #lupaumur.

Kalau ngomongin brow kit/tools, yang lagi happening adalah ciptaan Ibu Anastasiawati dari Mbeverly Heilsss… dia punya banyak varian dan tidak melulu untuk alis saja (ada untuk mata juga cmiiw). Tapi yang terkenal sekali adalah Dipbrow Pomade nya. Dia adalah semacam gel pekat yang diaplikasikan ke alis dengan menggunakan kuas khuseus untuk alis (angle brush, cmiiw). Gambarnya sudah saya link, dan bisa dicek sudah banyaaaakk sekali beauty blogger luar dan lokal yang mereview. Hampir semua review mengatakan sangat puas dengan produk ini, bahkan teman saya cerita di line kalau produk ini adalah mahakarya. Wowww!! Lagi-lagi, saya masih tampung dulu deh belum berani beli. Selain pricey (around 300 – 400k /jar for 0.5gr), belum harus tambah beli kuas seharga dipbrow nya sendiri.. yang membuat saya undur diri adalah pomade ini memiliki “waktu kadaluarsa” 6 bulan setelah pemakaian. Yah, walaupun kita tau bahwa akan selalu ada masa-masa extend dalam memakai peralatan lenong, tapi saya belum merasa pede aja belinya, takut mubazir dan dikejar deadline ngabisin hihihi.

Alternatifnya, ternyata banyak sekali loh brow kit yang bertebaran dengan review-review nggak kalah ciamik selain merk diatas. Makeupalley.com adalah reviewer paling terpercaya panutan saya, selain itu ada Femaledaily kalau dari Indonesia. Salah satu tools yang banyak di rave adalah dari brand ELF. Saya coba beli ELF studio brow kit dengan harga 70k ($3) di olshop racun dunia die you die! @preorderbymimo. Bentuknya compact dengan isi dalamnya : wax, powder dan brush (2 sisi). Cara pemakaiannya juga ramah untuk beginner (ya saya gak beginner beginner amat sih). Saya akan share tutorial gambarnya yahh.. oh yes, gambar ini bukan milik saya, thats why saya cantumkan sumbernya juga.

image
Liatnya dari kanan ke kiri yak

TUTORIAL ELF EYEBROW KIT

1. I’ll be using e.l.f. Studio Eyebrow Kit in medium shade.
I love this one because it’s super cheap for its good quality.
I usually do my right eyebrow first and the left on so I can easily create an almost identical eyebrow.
But as most makeup artist would say eyebrow were sister but not twins so it doesn’t have to be perfectly identical.

2. Brush any strays of eyebrow hair by using an eyebrow spoolie brush that was sprayed with some hairspray.
This will help those stubborn hairs to behave in one place.
Oh and if ever you don’t have eyebrow spoolie brush a used toothbrush will do.

3. To easily outline your desired eyebrow shape, use a light brown eyebrow pencil.
This will serve as your guideline.

4. Start filling in the outline with elf Eyebrow Kit’s eyebrow wax.
Starting at the outer corner of the eyebrow this is where the eyebrow wax should be heavier.
The brush strokes should get lighter as you get close at the inner corner of the eyebrow.

5. Once you’re done filling in the eyebrow, lightly dab the eyebrow powder to set the eyebrow wax.

6. Clean up the eyebrow edge by using a concealer the same shade as your skin tone or if you want to be dramatic, use a one-tone lighter concealer using a flat brush conceal outside the top and bottom of your brows only, blend it well and your eyebrow will look instantly sharp.
Talking about that flatbrush, I bought them at an art supply store.

7. Off course do the same step on the other side of your eyebrows and as strong as your eyebrows, you’re ready to go out and conquer the world.
Or better yet continue with your eye makeup and your world will slightly get brighter.
Well whatever you prefer may the force be with you.

Way to go sexy brows.

★★★

Nah, itu adalah tutorial dari mbak makeupgaga yang sangat baik hati dan alisnya bagus, makasih ya mbak ^^. Saya beli ELF ini dengan shade dark brown, secara kulit saya kan tan alami alias eksotes alias tidak seterang cewek-cewek lain ya bhihihihik, jadi pasti harapannya akan cocok deh shade itu dengan tampilan saya, dan benarrrr.. suka sekali dengan hasil pakai studio brow kit ini. Oiya shade dark brown adalah shade yang paling sering sold out, karena mungkin memang masuk ke skin tone cewek-cewek Indonesia😀

Cara saya memakai brow kit ini kurang lebih sama dengan tutorial diatas, bedanya saya nggak pernah pakai pensil alis lagi. Langsung dengan kuas lancip (angle brush) untuk membentuk dan mengisi alis dengan wax (sebelah kiri), kemudian fill the brow with another brush yang dicocolkan ke brow powder (sebelah kanan). Nahlo, fix kan.. makanya Allah tidak menakdirkan saya jadi beauty blogger, lawong kasih penjelasan aja bahasanya berasa tutorial makan gorengan sama saos. Cocol mencocolllll booooo *piss*. Saya juga nggak sikat-sikat lagi alisnya.. masih seadanya banget lah. Tapi boleh dong neng mumun mejeng disini (boleh lah wong blognya sendiri). Hasil alis kemaren sore, yang tumben-tumbenan dipoto-poto dulu. Thanks to my sister yang lagi liburan di Jakarta, jadi bisa pegangin bocil sehingga bisa menghasilkan kolase foto ini:

image
Pic product: @preorderbymimo (IG). Model: ME! Blol!!!

Maap yak mukanya ikut nampang, lho e lho kenapa minta maap? Gak menimbulkan polusi kan? :)). Susah sih kalo hobi nampang gratisan *pisssss.. alis kiri dan kanan masih beda nih bikinnya, tsakeupan yang kiri. Anyway… itu alis yang saya bentuk menggunakan ELF studio brow kit shade dark brown diatas ALIS VIRGIN saya. Sudah hampir tiga tahun saya nggak pernah rapikan alis. Jadi, tools ini sangat membantu saya dalam menciptakan ilusi alis rapi bak sulam nyiehehehhe #ngarep. Sejak pakai brow kit ini, saya hanya menggunakan tinted sunblock, bedak tabur (kadang-kadang.. seringnya malah nggak) dan lipstick warna gelap (burgundy) kalau keluar dengan sumamik dan bocil. Blush on, eyeliner, dan mascara baek-baek dulu didalem make up case.  Kemarin iseng nanya sumamik dia ngeh gak sama penampilan istrinya. Sumpah lo gak ngehhhh *TONJOKK* :)). Tapi katanya sih good, begini aja bagus. Cieeee ciee, asik kemajuan ya, Pa.. moga-moga sinyal kalo bakalan ditraktir jajan dipbrow pomade atau browiz nya Anastasiahhh bulan depaaan😀. Masih bulan syawal nih, semoga doanya diijabah.. lol!

☆☆☆

UPDATED!!
Kemarin saya ke Narsih dong, mumpung ada tantenya bocil. Yaudah gapake minta: “Ibu, bentukin alisnya yang melengking hitsss kaya mbak-mbak Ibu-ibu jaman sekarang itu yaaa”. Udah pasrah aja lah, alisku percaya padamu Ibu Narsih beverly hills, hahaha! Ini adalah alis Narsih plus ELF brow kit:
image

♥♥♥

UPDATE UPDATED!!!
Huahahahhaa, kebanyakan update nih postingannya. Ya gimana, abis jajan mulu😀. Jadi, tadinya saya udah membulatkan diri mau jajan dipbrow pomadenya Anastasia. Terus jreng jreng.. tiba-tiba olshop ratjun @preorderbymimo dong empat hari lalu posting printilan alis yang judulnya NYX brow gel terus descriptionnya, dia adalah gel dengan beberapa shade sesuai warna alis (ada chocolate, brunette, espresso etc). Klaim nya mirip-mirip dipbrow pomadenya Anastasia yang waterproof, non smudge dan segala kebaikan lain :”)). Secara dupe dia lebih ke MUFE aqua gel, dengan kemasan yang sama-sama tube dan teksturnya lebih cair dari pomadenya Anastasia. Hasil dari youtube-ing juga oke nih reviewnya, beberapa beauty guru juga comparing dia sama Anastasia dan MUFE. Kenapa sih saya langsung jajan barang ini? Karena harganya hanya 1/3nya Anastasia!! Nyx brow gel ini hanya 115.000 ($6.99) di olshop langganan saya itu. Bahkan review di luar negeri pun produk ini dibilang bombastic dilihat dari harga dan hasilnya. Padadammm padadamm.. mulai lebhaaayyyy :))).

Oke, jadi hari ini saya udah mau pergi sama sumamik dan bocil. Eh, bapak yang nganter paket dateng dong bawa si Nyx. Terus, nih.. jam setengah 8 malam ini baru sampai rumah lagi kan. Yaudah deh, dengan semangat membara, sebelum mandi mainan alis dulu hahahaha. Hasil pake si new comer nih:

image
Jangan salahkan lighting yang gelap, modelnyaaa boooo😀

Oiya, saya pakai shade Espresso. Tadinya bingung mau yang Chocolate atau yang ini. Tapi setelah tanya Mimo, kayaknya sih cenderung ke espresso, karena Elf juga saya pakai yang dark brown.
Testimoni: SUKA BANGET! Bener-bener enak diaplikasikan, dan saya tes lho.. saya cuci muka pakai air terus saya usrek-usrek dikit alisnya, nggak luntur or smudging. Mantab gan!

image
Kurleb setelah 6 jam pemakaian dan udah dibawa cuci muka (wudhu)

Cara pakainya: pencet tubenya, keluarkan sedikiiiitttt aja gelnya. Kalau saya sih ditaruh di punggung tangan, nanti kalo udah selesai dihapus pakai make up remover. Oiya, setelah gel nya keluar, baru deh dicocol pake angled brush dan tadaaaa.. aplikasikan ke alis. Done,😀

Sekian review ala kadarnya dari seorang emak blogger dengan hobi barunya ♥♥♥

7 thoughts on “Mainan Alis

  1. dilaaaa bagusss banget alisnyaaaaaaaa…

    dan kembali gue ternganga-ngaga dengan semua pembahasanmu.. aku merasa kembali ke tahun 1990 (sebelum masehi tapinya).. yang gak mudheng babar blas

    tulooong tolooooong hahahhahaa

    1. Lol!😀
      Mbulet yaaaaaaa mbingungiiii hihihhiiihi… bukan expert soalnyaaa. Itu lagi niat tuh urek-ureknya. Tapi emang karena udah dibentuk sama bu narsih jadi cuss tinggal ngikutin. Kemarin aku norak dong kesana hahahaa, berasa deja vu banget jaman mbak2 kantoran dulu! Ngantri-ngantri demi disakiti disana hahaha.. bedanya sekarang bawa bocil :p

  2. Halo mbaa, aku baru lulus kuliah bgt nih dan ga pernah utak atik alis semenjak aku bayi. Aku tertarik bgt deh sama bu narsih, itu di foto terakhir mba alisnya cuma di threading aja kan ya? Ga disulam kan? Threading di bu narsih per 2014 biayanya brp ya? Thx before😀

    1. Hi Dea, yes.. foto terakhir cuma di threading aja. Seumur2 akupun nggak pernah utak atik alis selain threading di Bu Narsih. Eh, pernah sih waktu nikahan dibabat sama periasnya. Harga threading alis ke Bu Narsih kemarin ini 30rb saja.. cmiiw yah, karena kemarin bon nya disatuin sama yg lain2 hehehe. Worth to try.. datang aja jam 11z di weekday spy antrinya manusiawi :p

    1. Percaya nggak, aku adalah tipe mbak2 yang “dijebret” pas lagi waxing gak pake teriak, mbak kapsternya sampe bengong. Dulu awal2 teriak.. habis itu ternyata mendingan diem.. jd gak brasa sakit. Btw kalo soal alis aku udh insyaf mbak Zi, sudah tidak melakukan pencabutan bulu dalam bentuk apapun huahahhhha.😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s