Aku Cinta Masakan Indonesia

Marhaban ya Ramadhan! Sudah hari keberapa ini yah puasa bagi umat muslim? Benar-benar nggak inget, karena nggak pernah ngitungin hari kaya anak SD hehehe. Alhamdulillah setelah dua tahun absen puasa ramadhan karena sedang hamil dan menyusui, tahun ini saya diberikan nikmat dan kesempatan untuk beribadah puasa kembali. Lagi seneng-senengnya puasa belum bolong, eeeh siang ini akhirnya rehat juga deh karena si tamu bulanan datang. Yasud nih untuk mengisi waktu mau blogging ah beberapa resep harian yang suka saya bikin untuk makan saya dan sumamik.

image
A.C.M.I

Pada dasarnya, saya suka pedas.. jadi kurang afdol rasanya kalau masak tanpa rawit didalamnya. Resep pembuka dari kelima resep yang mau saya tulis adalah ayam goreng tepung saus tiram. Kemarin-kemarin saya melakukan sedikit improvisasi terhadap resep sausnya. Ketika sumamik makan, dia bilang enakkkk… agak beda dari biasanya. Jadi saya share yah resepnya.

Resep 1
Ayam Goreng Tepung Saus Tiram

Bahan-bahan:
– Ayam fillet
– Tepung bumbu serbaguna (saya pakai tepung bumbu mendoan purwokerto)
– Bawang putih
– Bawang bombay
– Jahe
– Cabe hijau, iris
– Cabe rawit merah, iris
– Saus tiram
– Saus tomat
– Margarine
– Gula, garam dan merica
– Air matang
– Tepung maizena

Cara membuat:
Rendam ayam dengan bumbu perendam yang dibuat dari bawang putih, jahe dan garam yang dihaluskan dan diberi air. Sisihkan.

Kemudian buat saus tiramnya >> tumis bawang bombay dengan margarine, masukkan cabe hijau dan merah, aduk terus sampai aromanya harum. Masukkan saus tiram dan saus tomat, perbandingannya 9 : 1. Jadi, saus tomatnya sedikit aja yah…banyakan tiramnya, kemudian tambahkan air. Taruh bumbu-bumbu lain yaitu gula, garam dan merica.. sampai rasa sudah sesuai keinginan. Sementara itu siapkan 1 sendok makan yang dilarutkan dengan setengah cangkir air. Masukkan kedalam saus tiram, aduk rata dan tunggu sampai mengental dan mendidih.

Ayam digoreng sebelum penyajian supaya masih crunchy. Lapisi ayam yang sudah direndam di dalam air dan bumbu perendam dengan tepung bumbu serbaguna. Goreng di api panas sampai ayam menjadi kaku (tandanya sudah matang merata).

Penyajian: tata ayam goreng tepung di piring, siram dengan saus tiram.

Resep 2
Oseng Tuna Pedas

Bahan-bahan:
1 kaleng tuna original
Bawang bombay
Cabe rawit merah
Jahe, memarkan
Serai (1 batang, memarkan)
Tomat merah, belah 4
Daun jeruk
Saus tiram
Garam, gula secukupnya
Minyak goreng

Cara membuat:
Tumis bawang bombay, jahe, serai dan tomat sampai wangi. Masukkan cabe rawit merah, aduk rata. Tuang tuna kaleng dan ratakan dengan semua bumbu yang sudah ditumis. Beri garam, gula dan sedikit saus tiram, aduk lagi sampai tercampur rata. Tambahkan sedikit air dan tunggu sampai meresap. Done, sajikan.

Resep 3
Gulai Sapi Pedas

Bahan-bahan:
250gr daging sapi, blansir dan potong dadu
Daun salam
Daun jeruk, buang tulangnya
Serai, memarkan
Kentang, potong dadu
Garam, gula secukupnya
Asam jawa
Santan
Air

Bumbu halus:
Lengkuas
Kunyit
Cabe merah
Cabe rawit merah
Bawang merah

Cara membuat:
Tumis bumbu halus dan dedaunan sampai wangi. Masukkan daging sapi yang sudah dipotong dadu. Aduk sampai tercampur rata, masukkan garam, gula dan asam jawa. Tuangi air dan diamkan sampai daging empuk kurang lebih 30 menit. Masukkan kentang dan tuangi lagi dengan santan. Icip-icip lagi, kalau sudah pas rasanya matikan kompor. Done, sajikan.

Resep 4
Telur Bumbu Rujak

Bahan-bahan:
Telur, ceplok dan sisihkan
Gula dan garam secukupnya

Bumbu Halus:
Bawang merah
Bawang putih
Lengkuas
Terasi, bakar
Cabe merah
Cabe rawit merah

(Perbandingan bawang merah dan putih = 2:1 )

Cara membuat:
Tumis bumbu halus sampai wangi. Masukkan gula dan garam, kemudian telur ceplok kedalam pan. Aduk rata, tambahkan air, aduk rata kembali. Biarkan api kompor menyala dan air meresap kedalam telur. Saat kuah sudah hampir asat, matikan kompor. Done, siap untuk disajikan.

Satu lagi sebagai penutup, masakan ini baru saya buat tadi sore untuk teman berbuka sumamik. Super pedaaasss, berani cabe deh pokoknya karena hanya menggunakan satu jenis cabe, yaitu cabe rawit. Ini penampakan dan resep simple nya.

image
(not so) BALADO UDANG IKAN ASIN

Bumbu halus: bawang merah, cabe rawit merah, terasi.
Bumbu lainnya: daun salam, daun jeruk, serai (dikeprek).
Tomat 1 buah, belah jadi 4 atau 6 (saya pakai tomat ijo, adanya itu).
Bawang bombay, sedikit saja.. iris kotak2.

Cara membuat: tumis semua yang saya tulis diatas sampai baunya harum. Masukkan wortel yg sudah dipotong bentuk korek api, aduk sampai wortel layu.
Tuangkan air, masukkan garam, gula dan saus tiram secukupnya sampai menemukan rasa yang pas sesuai selera.

Siapkan udang yang sudah dibumbui dengan rendaman air + bawang putih. Lapisi udang dengan tepung bumbu serbaguna, goreng kering. Begitu juga dengan ikan asin, langsung goreng kering (tidak perlu dilapis tepung).

Penyajian: tata bumbu pedas dengan wortel td di piring. Lalu letakkan udang dan ikan asin diatasnya. Udang dan ikan asin digoreng belakangan supaya masih crunchy.

Kelima resep ini adalah masakan yang sangat Indonesia menurut saya. Negeri ini kaya sekali akan rempah, dan tidak lupa masakan kita juga sangat kental dengan cita rasa pedas. So far, masakan yang saya gemari adalah balado dan beberapa variasinya seperti yang resepnya saya cantumkan diatas. Dimana penggunaan cabe, dan bumbu-bumbu seperti lengkuas, daun salam, serai, jahe dll mendominasi. Sesekali saya memasukkan santan sebagai salah satu unsur dalam masakan. Terkadang dalam memasak, saya juga tidak terlalu berpatokan dengan resep / takaran yang ada di panduan (sering lho saya googling dan masak dengan bawa hp untuk resep yang baru pertama kali dipraktekkan). Lama kelamaan intuisi untuk menakar bumbu akan muncul. Karena alasan ini pula saya tidak memberikan takaran jumlah bumbu yang harus digunakan pada keempat resep diatas hehehee… karena memasak itu feeling. So, biarkan feelingmu yang menuntun tangan dan seluruh panca indramu untuk merasakan yang terbaik untuk lidah dan perutmu. Halaaahh…..πŸ˜€

Salam cabe! β™₯β™₯
Neng mumun

2 thoughts on “Aku Cinta Masakan Indonesia

Leave a Reply

