#locknlockglass : Ayam Panggang Madu

Halooooo, dateng-dateng mau heboh dulu aaah.. Kenapa sih? Dapet arisan? Nggak juga sih, tapi mirip-mirip. Lho :)). Oiyaaaa, heboh lagi ahhhh… Ini suami sama anak pada kompakan meriang. Hai suami, tidak cukupkah kau kompak dalam segala hal sama si bocil (baca: mirip abis sampe selidah-lidahnya), sampai meriang pun kudu barengan. Aaaahh… Cipok dua-duanya! Ntar sembuhnya kompakan juga yak. *selonjorin badan minta dipijet combo*.

Sudah selesai hebohnya, sekarang saya mau flashback ke satu mingguan lalu ah. Jadi, komunitas mpasi rumahan yang isinya mama-mama kece seperti akiyuuu, lagi ngadain tantangan. Sebagai seorang mama yang hampir tiap hari masak, nuraniku merasa terpanggil *halah*. Apalagi pas tau kalo tantangan kali ini untuk mama yang punya BLOG. Waaaah, makin sumringahlah daku, dan memang dari awal udah ngiler banget karena sponsornya adalah piranti-kece-yang-menemani-hari-hariku-dari-jaman-masih-gadis-kinyis-kinyis-sampai-jadi-ibu-beranak-satu. Tarraaaa: LOCK&LOCK!

Jadi untuk tantangan kali ini, Komunitas Mpasi Rumahan Mamaku koki handal bekerjasama dengan Lock&Lock Indonesia. Lock&Lock akan memberikan produk barunya yaitu Lock&Lock Glass (APPAAH) kepada 10 finalis yang terpilih. Alhamdulillah… tulisan ini ada, berarti saya masuk jadi salah satunya setelah diseleksi dari total 35 mamah kece yang ikut mendaftar.
Kenapa sih seneng banget sampe megap-megap?

Pertama, saya memang sedang mencari wadah bening tahan panas untuk mendukung kegiatan perdapuran. Berhubung saya termasuk dalam golongan emak rempong, tentunya saya mau produk dengan kualitas terbaik. Kualitas terbaik itu ya bahannya memang terbuat dari kaca tahan panas alias heat-resistant glass. Penting banget, soalnya horror kan kalo misal lagi manggang makanan di oven terus tiba-tiba wadahnya retak terus pecah karena kurang tahan sama suhu panasnya.. Mau makan apa debus yak, masa disuguh beling *meringis*. Terus kacanya juga kudu tetap cling walaupun udah dipake lama. Nggak cuma bening di awal aja, lama-lama butek… yassalam. Beratnya juga yang bisa diangkat pake satu tangan tanpa pake pegel karena: duh berat ya booook. Peer nyucinya hihhiihhi…
Nah, Lock&Lock glass ini masuk semua kriteria yang saya inginkan untuk sebuah piranti masak berbahan dasar kaca. Kedua, siapa lagi yang gak seneng dan bangga jadi finalis tantangan mamakokihandal yang heits di kalangan mama kece mpasi :)) #nengmumunanaknyaeksis

Dua hari lalu saya cobain Lock&Lock glass nya untuk manggang ayam. Sengaja memang saya kepengen cobain masak masakan Indonesia. Sekaligus menguji daya tahan si glass ini. Kalo resepnya milik Mama @iskaningrumristanti di Instagram yang saya modifikasi sedikit. Makasih ya, MamaπŸ˜‰.

AYAM PANGGANG MADU

1 kg ayam (saya pakai 8 sayap ayam)
3 siung bawang putih, haluskan
2 sdm saus tiram (pilih yg tanpa MSG)
3 sdm madu asli
3 sdm margarin
3 sdm merica hitam bubuk (saya pakai merica biasa)
1 sdm saus tomat (saya ganti tomat dicacah halus)

1. Lelehkan margarin, taruh di wadah. Campurkan dengan madu, merica, bawang putih halus dan saus tomat.
2. Masukkan potongan sayap ayam, aduk rata.
3. Diamkan di kulkas selama kurang lebih 1 jam.
4. Tata ayam di loyang yang sudah dialasi dengan alumunium foil dan dioles mentega, kemudian panggang dengan api 150 derajat selama 90 menit.
5. Sajikan.

image

Kenapa nomor 4 saya bold? Nah ini dia.. Dengan Lock&Lock glass, memasak jadi super praktis. Setelah ayam saya marinade di dalam Lock&Lock selama kurang lebih satu jam di kulkas, saya TIDAK PERLU memindahkan ayam ke loyang yang dialasi blablabla… seperti yang tercantum di resep. Saya hanya keluarkan dari kulkas, tunggu sebentar sambil nge-set oven lalu panggang deh selama yang dibutuhkan. Semua itu karena Lock&Lock glass terbuat dari bahan boroseal (boron trioxide dan silicon dioxide) yang tahan pada suhu panas dan dingin bersamaan. Makanya dia bisa digunakan dalam microwave, oven sama dishwasher. Berhubung baru punyanya oven ya pake itu dulu lah yaa nyobanya hehehe. *Duh Gusti paringono microwave lan dishwasher. Amin* :))

image

Sebelum dipanggang, saya taburi sedikit rosemary.. Gaya-gayaan karena baru beli pas belanja weekend lalu di supermarket. Setelah matang, ayamnya empuuuuk banget, bumbunya juga meresap. Puas banget sama hasil masak pake Lock&Lock glass. Jadi ceritanya kemarin ini saya masak dengan tagline satu piranti untuk semua.
Soalnya dari tiga proses :
MENGOLAH
MEMASAK, dan
MENYAJIKAN

Semuanya nggak perlu ribet pake bermacam wadah macam mangkok, loyang lalu pindahin ke wadah lain lagi. Saya racik bumbu di dalam Lock&Lock, kemudian setelah bahan makanan selesai di marinade, wadahnya masuk oven. Selesai di oven?? Disajikannya juga pakai wadah yang samaa mamaaah. Satu wadah aja! Terus, the best part nya?
Anak saya kan udah satu setengah tahun yah umurnya, udah makan makanan keluarga… jadi menu memang sama tapi cara penyimpanan harus super sehat dan bersih dong. Nah, namanya juga Lock&Lock yang terkenal dengan tutup klik-klik nya. Ya tinggal dipasang saja tutup beningnya dengan empat sisi pengunci yang aman itu supaya tetap HIGIENIS dan siap saji untuk bocil makan sore dan bapake pas pulang kantor. Kurang girang apalagi coba saya kemaren :))) *kayang*

image

Si bocil alias anak lanang saya makan nasi pakai ayam panggang, bumbunya suka banget walaupun ayamnya nggak habis karena dia memang sedang dalam tahap proses belajar mengunyah yang baik. Papanya bocil makan sayap dua biji, keenakan sambil bilang “cieee cakep nih mah wadahnya, ada tutupnya segala” eaaa eaaaa…hahahahaa!
Alhamdulillah… memasak dan menyimpan makanan jadi lebih aman dan sehat.

Terima kasih Lock&Lock Indonesia dan Mamakokihandal!πŸ˜‰

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s