Simple Ice Cream

Waktu masih kecil dulu, saya paling girang kalau diajak keluar keliling kota terus pulangnya beli ice cream. Mau yang rasa vanilla, coklat, mocha atau buah-buahan pasti rasanya girang bukan kepalang. Saya lupa sih tepatnya umur berapa makan ice cream, tapi sepertinya waktu sudah balita deh. Coklat adalah my all time favourite’s flavorπŸ™‚.

Belasan tahun kemudian saya si anak kecil penggila ice cream itu sudah punya toddler 17 bulan *bentar, ucek-ucek mata dulu, terharu*. Saatnya mengenalkan si dingin manis yummy ini. Pertama kalinya si bocil makan ice cream adalah beberapa bulan lalu. Saya makan, kemudian biarkan dia ikut menjilat. Wauw, dia sukaaaaa! Tapi belum pernah saya kasih ice cream dalam bentuk mini karena entah, saya belum kepingin kasih aja. Sampai kurang lebih minggu lalu saya nemu resep homemade ice cream, lagi-lagi dari blog Mbak Endang yang ciamik cetar membahana badai. Ice cream ini sebenarnya juga pernah saya dengar dari seorang sahabat di Bogor bernama Ryani, kalau nggak salah saya masih hamil ketika itu. Dia kasih tau kalau anaknya suka makan ice cream, dan terkadang dia juga buat dengan resep yang kurang lebih seperti dibawah ini:

image
Simple Ice Cream

Bahan utama homemade ice cream ini adalah: PISANG. Ternyata pisang yang dibekukan, apabila di blend dan dicampur dengan bahan lain dapat menghasilkan tekstur yang creamy.. Wow!
Cara membuat ice cream diatas adalah:

– 2 buah pisang ambon yang sudah matang, potong-potong bentuk koin dan simpan di freezer semalaman.
– 2 sdm susu bubuk
– 2 sdm chochochip

Masukkan pisang beku kedalam blender, tekan pulse supaya pisang tercacah. Tambahkan bahan lainnya dan blend sampai halus dan teksturnya creamy. Ice cream siap disajikan atau disimpan di freezer. Easy meenie, right? Fresh and no preservatives added. Halah.

Variasi lain bisa ditambahkan strawberry, jadi bagi yang nggak terlalu suka pisang, aroma dan rasanya jadi tersamarkan. Lucky me, si bocil kan mr. Banana, jadi ya dia girang sekali kalau saya buat homemade simple ice cream ini.

image

Modifikasi lain dengan resep yang sama, masih dengan pisang sebagai bintang utama. Tambahannya adalah bubuk coklat, kismis, chocochip dan roti marie. Gosh, i wish i had ready stock bananas everyday!Β  :))

Ice cream doesn’t always to be made from gelatin!πŸ˜‰

Masih tentang ice cream, pada suatu malam saya belanja di Imdomaret. Disana ada gerobak baru (atau memang saya baru tau?). Es krim goreng. Hah?! Saya sempat tanya-tanya tapi nggak beli ke mbak penjualnya. Penasaran, apakah memang benar-benar digoreng? Yasudahlah.. Cuma berakhir penasaran saja, sampai beberapa minggu lalu saya lihat resep Fried Ice Cream dari account di Instagram yang saya follow: @resepyummy. Disana dijelaskan step by step nya secara rinci. Yuk deh saya pikir, lets make it!

Weekend kemarin saya masukkan bahan-bahan untuk membuat fried ice cream ke keranjang belanjaan. Hanya butuh ice cream, cornflakes.. Karena bahan lain sudah tersedia di dapur. Ice cream nya saya beli premix merk HAAN, cara buatnya hanya premix dicampur air dingin dan di mix dengan kecepatan tinggi, tapi beli ice cream box yang sudah jadi akan lebih memudahkan. Saya beli premix karena punya rencana kepingin ngajak si bocil megangin mixer, dan benar.. Dia suka ketika saya libatkan dalam proses membuat ice cream. Cuma butuh lima menit dan sudah dapat 1 box vanilla ice cream :)). Jadi selain fun, ekonomis juga ya.. Hehehe.

image
1 bungkus jadi banyak

Setelah ice cream sudah jadi, bulatkan ice cream dengan alat /sendok ice cream. Nggak punya? Saya juga.. Tosss!! Jadi ambil 1 lembar roti tawar, sendok sebongkah ice cream dan bentuk bulat dengan menggunakan roti tawar. Simpan bulatan-bulatan ice cream di dalam freezer satu jam atau lebih.
Sementara itu, siapkan bahan-bahan lain. Giling cornflakes mejadi remah atau serpihan. Ambil plastik, masukkan cornflakes kedalamnya dan gilas dengan rolling pin.. Kalau saya pakai gelas, begitu cara saya menyiasati alat yang tidak ada. Campurkan remahan cornflakes dengan cinnamon powder sampai rata.

Pecahkan 1 butir telur, tuang kurang lebih 1 sdm susu cair dan kocok didalam bowl selama satu menit. Ambil dari freezer ice cream bulat yang sudah beku, gulingkan ke cornflakes, celupkan ke kocokan telur susu dannnnnn gulingkan lagi ke cornflakes sampai seluruh permukaan benar2 tebal dan tertutup oleh remahan. Simpan di freezer selama 3 jam atau semalaman.

Hari ini saya goreng ice cream nya, goreng di minyak dengan panas medium selama 20 -25 detik.

image
Fried ice cream

Rasanya, crunchy diluar, dingin diluar dengan after taste cinnamon yang maniiisssss.. I love this! Sepertinya bocil tetap akan makan yang simple saja, dan stok fried ice cream di freezer sudah jadi hak milik Mama-nya! :))

Selamat mencobaaaaaaa… ^_^

Leave a Reply

