Journey to the paradise island

Belitung, atau Belitong (bahasa setempat, diambil dari nama sejenis siput laut), dulunya dikenal sebagai Billiton adalah sebuah pulau di lepas pantai timur Sumatra, Indonesia, diapit oleh Selat Gaspar, dan Selat Karimata. Pulau ini terkenal dengan lada putih (Piper sp.) yang dalam bahasa setempat disebut sahang, dan bahan tambang tipe galian-C seperti timah putih (Stannuum), pasir kuarsa, tanah liat putih (kaolin), dan granit. Serta akhir-akhir ini menjadi tujuan wisata alam alternatif. Kota utamanya adalah Tanjung Pandan. (wikipedia)

Pantai Tanjung Kelayang
Danau Kaolin

Long weekend ini,22 – 24 April 2011adalah tiga hari yang sangat special buat gue. My lovely man kasih paket tour liburan ke Belitong. Yaaayyyy!! Kami berangkat bareng sama peserta tour yang total jumlah-nya 20 orang dengan bermacam umur dan gender. Dari Jakarta, kami berangkat ke Tanjung Pandan menggunakan maskapai kampret Batavia Air. Pesawat delay hampir satu jam. :hammer:.

semua heboh pada foto disini

Sesampainya di Bandara A.S Hanandjoedin Tanjung Pandan, kami dijemput oleh tour guide dan dibawa menuju ke hotel. Hotel dengan fasilitas AC dan televisi itu terasa nyaman untuk ditempati selama liburan. Setelah berganti baju, kami memulai tour ini dengan tempat tujuan pertama :Pantai Tanjung Kelayang,nggak lupa sebelumnya makan siang dulu dengan makanan khas Belitong yang didominasi sama makanan laut.

sebagian anak2 tour Belitong

Hari kedua, jadwal yang tertera di itinerary adalah :ISLAND HOPPING. Yaaayyy!! Apa itu?? Gue juga belom tau sih… Tapi sebelumnya gue mau cerita dulu kalo di pagi harinya, kami dibawa ke Kedai Kopi tertua di Belitong. Kata engkoh-nya, ceret yang buat ngerebus air itu turun temurun dari buyutnya. Kopinya mantap kalipun!! Gue langsung abis dalam waktu nggak sampe lima menit. Habis itu kita ke Danau Kaolin,danau cantik (nan panassss) yang airnya berwarna biru. Setelah itu kita dibawa makanMie Belitung. Gila kan si tour-nya ini, kita dikasih makan mulu booookkkk!!! :) ).

Back to island hopping. Ternyata dalam waktu sehari itu kami dibawa keliling pulau demi pulau dengan menggunakan traditional boat. Selama singgah ke pulau2 itu, kami snorkeling dan exploring batu2 cantik disana. Kami juga sempat ke mercusuar setinggi 18 lantai dan minum kelapa hijau setelah turun dari sana.
Heaven on earth…

Setelah seharian capek ngiderin laut Belitong, hari pun ditutup dengan makan malam bersama di saung pinggir pantai. Setelah itu acara bebas, mau beli oleh2 atau makan pempek (whattt?! makan lagi??!).

Keesokan harinya, kami bangun pagi2 untuk sarapan dan ke airport karena saat untuk balik ke Sin City sudah tiba. Huwaaaa………. sedih rasanya harus ninggalin Belitong yang cantik. Gue bawa satu kerikil Belitong biar bisa kesana lagi. Hihihi… Flight lancar tanpa kendala apapun, no delay and great hospitality.
Thank you Sriwijaya Air…

Ini sebagian kecil dokumentasi dari Belitong Trip lalu :

itemmmmmm!!

Begitulah pengalaman long weekend gue sama mang uyud. Its a wonderful journey. Gara2 liburan ini kita dapat hikmah supaya lebih mencintai dan menghargai apa yang kita punya. Indonesia itu INDAH, gak kalah sama negara lain. Hanya aja memang masih banyak yang harus dibenahi. Pemerintah harus aware sama pariwisata kita yang damn amazing. Selain itu, gue seneng banget karena trip ini nambah temen dan masih keep in touch sampe sekarang. :)

Sesampainya di Sin City, gue sedih lagi selama satu mingguan. Karena penampilan gue layaknya Si Bolang, Bocah Belang yang kulitnya item langes gara2 kebakar matahari pantai. Kyyyyaaaaaaaaaaaa…………….. gara-gara Belitoooonnnggggg!!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s