(ceritanya) Martabak Manis

Selamat pagi,

Karena dapet resep bikin martabak manis dari Uni Ryani, maka kemaren gue praktekanlah itu resep sehingga jadi berbentuk kue, yang bisa dimakan tentunya. Hahahaha.
Kemaren siang, waktu istirahat kantor. Gue balik bentar kekost-an. Mampir Alfamart buat beli susu cair, and campur deh bahan-bahan buat bikin adonan Martabak Manis. Ini dia :

– 250 gram tepung terigu protein sedang (gue pake merk Segitiga Biru)
– 400 ml susu cair (merk Ultra Milk)
– 1 sdt ragi instan (merk Big One)
– 1/4 sdt baking powder (merk Koepoe-koepoe, nuangnya ngasal)
– 50 gram gula pasir (nuangnya ngasal, jilat aja udah manis belom)
– 2 butir telur (beli di warung)
– 1/2 sdt garam (dikit aja ya, ntar jadi martabak asin kalo kebanyakan)
– 3 sdm margarin, lelehkan (gue pake Simas)

Cara bikinnya : Campur tu semua bahan sampe alus, terus diemin 30 menit. Ntar digoreng (atau dipanggang??) diatas teflon yang udah dioles margarin. Jangan gede2 ya apinya. Ntar gosong kaya martabak pertama gue. Hahahahahaha. Nanti kalo udah mateng, diangkat… permukaannya dioles margarin, kasih topping susu kental manis dan meisjes. Untuk topping sesuai selera sih yaaa…. boleh pake keju atau kacang juga enak.

Ini martabak manis yang gue bikin, dengan api besar. T____T :

martabak apa ini???

Jadi, karena api yg terlalu besar. Bagian bawah martabak gue gosssssong. Iteeem gitu deh. Lalu buat ngakalin, gue kasihlah susu kental manis + meisjes yang banyak untuk topping. Terus, nggak gue tumpuk selayaknya martabak biar bagian gosongnya nggak keliatan. Kata mang uyud sih enak. *wink wink*

martabak manis in mini size

Teruuus, pagi ini gue bikin lagi tu sisa adonan di kulkas. Sekarang pake teflon kecil, supaya jadi banyak dan bisa dibagi2. Kali ini nggak lupa pake api yang kecilllll :p.

<—- ini hasilnya teman2.


Leave a Reply

