Uber Twitter

Seberapa akrabkah kalian dengan Social Media. Kalau suruh nyebutin dua contoh aja, berani taruhan deh pasti yang keluar adalah : Facebook dan Twitter. Kedua social media ini sepertinya jadi hal wajib yang harus dimiliki oleh manusia uber jaman sekarang. Apalagi –di Indonesia– bagi pengguna blackberry, pasti punya dua account disitu. Biasa, buat eksis donk.. bisa dianggep nggak hits kalo nggak punya. :p
Dua hari yang lalu, sabtu pagi kira-kira jam 8. Seperti biasa, bangun tidur gue langsung ambil ponsel dan langsung cek2 blackberry messenger, e-mail, sms dan… Twitter. Dari awal mainan di socmed ini, gue udah pake aplikasi Uber Twitter [UT].
Ada yang aneh pagi itu ketika gue buka lambang U ijo di layar, terdapat kata-kata Forbidden di board. Kemudian ada tiga penjelasan dari twitter.com bahwa Uber Twitter is suspended by now dan penjelasan panjang lainnya. Singkat kata, UT sudah tidak dapat diakses lagi karena menyalahi policy dari twitter.com. Menurut mereka sih setiap hari memang ada banyak aplikasi yang ditangguhkan, dan aplikasi-aplikasi tersebut hanya dipakai oleh segelintir user. Langkah yang agak berbeda ini diambil karena bisa ngasih efek yang besar untuk mayoritas user client itu sendiri.

– – – – – – agak bengong pas baca, trus mata balik lagi nonton Justin Bieber di re-run Grammy Awards, then… WHAT?! Berarti beneran nih nggak bisa nge-tweet pake Uber Twitter lagi?

Pertanyaan segera terjawab setelah gue buka account via Twitter for Blackberry [Twitter4BB]. BANYAK banget respon mengenai suspended-nya UT by twitter.com. Dari sastrawan, negarawan, agamawan, artis, sampe temen gue yang biasa aja tapi di-follow karena nggak enak. Ada komen positif, negatif, wagu, bingung, nyinyir, pasrah, banyak juga yang masa bodo. Berarti secara nggak langsung itu menjelaskan kalo pengguna UT di Indonesia aja sangatlah ba~nyak. HUGE number. Sebetulnya blackberry, –sebagai gadget yang saat ini sepertinya paling banyak dipakai oleh socmed user– punya aplikasi official yang sudah gue singgung diatas. Tetapi para penggunanya sendiri hampir 80% pake UT untuk nge-twit via device tersebut. Analisa gue sendiri sih, karena Twitter4BB kurang atraktif dan eye catching dalam penggunaannya. Jadi, banyak client yang lebih milih “selingkuh” ke twitter client unofficial yang lebih oke dan bisa kasih servis lebih. Ahaayyy..dan pilihan itu jatuh ke UT, bukan snaptu, seesmic atau twitter client yang lain.

Alih-alih make aplikasi official, para ex-Uterian pada nyari alternatif lain. Sepertinya sih mayoritas dari mereka (termasuk gue) bermutasi ke : SocialScope [SS]. Penggunaannya hampir mirip dengan UT, ada fitur Reply-Reply All-Retweet juga. Cuma menurut gue tampilannya masih kurang yahud di mata. Tapi so far, gue puas kok sama SS. But if I had a choices, I hope UT could come back again in my life. Sounds silly but true. Secara gak langsung nge-twit itu udah jadi bagian hidup gue sehari-hari. Rasanya kangen aja ngeliat “bunga kuning” di ponsel, dan ketak-ketik balesin mention, tentunya via Uber Twitter.πŸ™‚

Leave a Reply

